OtoFriends sedang mencari mobil tahun 80an yang irit BBM sekaligus gampang dirawat? Sebelum, buru-buru membelinya, cek dulu berbagai rekomendasinya di artikel ini, ya! Supaya tidak salah pilih, dan menyesal di kemudian hari.

Berikut ulasan lengkapnya:

1. Daihatsu Taft

Daihatsu Taft merupakan salah satu mobil tahun 80an yang kerap diburu para pecinta otomotif, terutama bagi yang suka off road. Sebenarnya, mobil ini pertama kali diluncurkan di tahun 70an. Namun, kemudian produsen asal Jepang ini meluncurkan lagi generasi keduanya di tahun 80an tepatnya selama tahun 1977-1984.

Sejak masuk ke pasar Indonesia, mobil satu ini sering dipanggil Daihatsu Taft Kebo. Sebab, body-nya memang besar dengan panjang 3.320 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.860 mm. Desain pun gahar dengan 2 pintu saja, khas mobil off road.

Dari segi performa, Daihatsu Taft generasi pertama mengandalkan mesin bensin dengan kapasitas 1,6 liter. Sedangkan, untuk Daihatsu Taft berkode F20 mengandalkan mesin diesel 2.800 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 75 hp dan torsi 172 Nm.

2. Daihatsu Charmant

Selanjutnya, ada Daihatsu Charmant. Mobil tahun 80an irit BBM ini banyak diincar para pecinta mobil jadul. Lantaran dari tampilannya, mobil ini kental nuansa jadul, terlihat dari bentuknya yang kecil dan simple. 

Sayangnya, mobil ini cukup sulit ditemukan di pasar Indonesia alias langka. Biasanya yang berhasil mendapatkan mobil ini cenderung menjadikannya sebagai koleksi ketimbang dibawa kemudi sebagai kendaraan harian.

Daihatsu Charmant ini mengandalkan mesin kapasitas 1,2 liter yang teruji benar-benar irit BBM di zamannya.

3. Toyota Corolla KE55

Mobil tahun 80an yang patut dilirik selanjutnya adalah Toyota Corolla KE55. Sebab, mobil sedan ini sempat ngetrend pada zamannya dan kerap lalu lalang di berbagai film tanah air. 

Mobil buatan tahun 1978-1980 ini pun masih punya basis penggemar yang cukup banyak sampai sekarang, utamanya para kolektor mobil klasik.

Di pasar Indonesia, Toyota Corolla KE55 hadir dengan 2 varian yakni model hardtop coupe 2 pintu dan model 4 pintu.

4. Toyota Corolla DX KE70

Satu lagi mobil sedan dari Toyota yang cukup banyak peminatnya yaitu Toyota Corolla DX KE70. Pada eranya pun, mobil ini merupakan mobil incaran. Lantaran, dari segi desain tampak tegas dan gagah.

Ditambah dari segi performa, dibekali mesin berkapasitas 1,6 liter dan dilengkapi teknologi OHC di dapur pacunya bikin makin irit BBM.

5. Toyota Starlet XL

Mobil irit BBM berikutnya ada Toyota Starlet XL. Kesan jadul dari mobil sedan ini benar-benar menonjol. Oleh karenanya tak heran, mobil ini masih banyak diburu penggemar mobil retro sampai saat ini.

Ciri khas mobil sedan ini tampak dari bentuk body-nya yang agak cembung di sisi belakang. Ini yang membedakan Toyota Starlet XL dengan mobil sedan klasik lainnya. Toyota Starlet XL dikategorikan mobil irit BBm karena dibekali mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.000 cc.

Baca juga: Beli Mobil Tua? Ini 9 Tips dan Hal yang Perlu Diperhatikan

6. Toyota Carina GT-TR

Mobil tahun 80an selanjutnya juga masih dari Toyota. Meski terdengar asing untuk milenial, Toyota Carina GT-TR masih begitu populer di kalangan penggila mobil klasik. 

Dari segi design, mobil sedan ini memiliki bentuk kotak, namun dimensinya lebih panjang, dan ground clearance-nya lebih rendah.

Dari segi performanya, mobil Toyota generasi ketiga keluaran 1981 ini dibekali mesin turbo DOHC berkapasitas 1.770 cc dan tenaga 160 dk.

7. Toyota Corolla Sprinter

Satu lagi mobil Toyota keluaran tahun 80an yang bisa jadi pilihan hati OtoFriends yakni Toyota Corolla Sprinter. Mobil Toyota generasi keempat ini pertama kali diproduksi pada 1968 dan terus diproduksi sampai 2000.

Mobil ini hadir dengan 2 pilihan kapasitas mesin yakni berkubikasi 1,5 liter dan 1,6 liter. Meski berkubikasi cukup besar, namun tetap irit BBM.

Dari segi desain, hampir mirip dengan mobil jadul lainnya yaitu hadir berbentuk kotak yang khas, didukung lampu yang juga berbentuk kotak, serta ada spion tambahan di sisi atas kap-nya.

8. Datsun SSS

Datsun SSS, mobil tahun 80an irit BBM selanjutnya yang juga merupakan produk pabrikan Jepang. Dibanding merek lainnya, mobil klasik satu ini masuk kategori mobil mewah yang hanya dimiliki kelas atas di zamannya.

Lantaran, mobil ini sudah dilengkapi berbagai macam teknologi canggih di eranya. Salah satunya yang menjadi daya tarik adalah teknologi mesinnya yang berkubikasi 1,6 liter, membuat mobil ini irit BBM.

9. BMW 325 E30

OtoFriends pernah nonton film Catatan Si Boy, nggak? Kalau pernah pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil BMW 325 E30.

Ya, selain karena pernah mejeng di film layar lebar, BMW 325 E30 memang cukup berjaya di eranya, tepatnya sepanjang 1982-1994. Kejayaan itulah yang membuat mobil satu ini masih cukup populer sampai sekarang.

Daya tarik lainnya datang dari dapur pacunya yang dilengkapi mesin berteknologi canggih pada zamannya tersebut. Teknologi itu yang membuat BMW 325 E30 masuk dalam salah satu deretan sedan paling irit bbm.

10. Honda Legend

Merek Honda pun masuk dalam deretan mobil tahun 80an irit BBM dan salah satu yang paling banyak diburu adalah versi Legend. Mobil jadul ini masih diincar lantaran ada fitur sunroof yang menjadi daya tarik utamanya. Apalagi kombinasi warna kulit dan coklat muda di interiornya semakin memperkuat kesan klasik.

Tak hanya menarik dari segi tampilan, dari sisi dapur pacunya pun tak kalah garang. Honda Legend ini sudah dilengkapi teknologi mesin DOHC 2.675 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 171 dk dan torsi maksimum 226 Nm, plus diklaim irit bahan bakar.

Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

11. Honda Civic Wonder SB3

Satu lagi mobil 80an merek Honda yang laik diincar yakni Honda Civic Wonder SB3. Mobil satu ini merupakan jenis hatchback terbaik pada eranya.

Lantaran punya performa yang mantap berkat adanya teknologi VTEC serta mesinnya yang berkapasitas 1.300 cc. Dengan begitu, mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 71 dk pada 6.000 rpm, serta bisa mencapai kecepatan tertinggi 160 kpj. 

Desainnya pun kompak dan dinamis, sehingga populer di kalangan kawula muda saat itu hingga saat ini.

12. Mercedes-Benz W123

Berikutnya, ada Mercedes-Benz W123 yang lebih akrab disebut Mercy Tiger. Mobil tahun 80an ini masih memiliki nilai jual yang tinggi. 

Mengingat, pada zamannya mobil klasik satu ini dikenal karena punya desain yang modern dan mewah, sehingga sampai sekarang pun menjadi incaran para kolektor. 

Mercy Tiger diproduksi mulai 1976-1985, dan baru masuk pasar Indonesia per 1977. Sejak saat itu langsung menjadi mobil incaran. Selain karena desainnya, dapur pacu mobil ini juga yang menjadi pertimbangan, sebab sudah dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 dk pada putaran 5.200 rpm melalui transmisi 4-percepatan. Serta irit bahan bakar.

13. Mitsubishi Lancer SL

Belum lengkap rasanya bila tidak memasukkan Mitsubishi Lancer SL ke dalam daftar mobil tahun 80an irit BBM ini. Mobil yang cukup nge-trend di eranya ini masih banyak diincar sampai sekarang. Meski dapur pacunya berkubikasi cukup besar yakni 1.400 cc, namun tetap bisa hemat bahan bakar. Selain itu, mobil klasik ini sudah dilengkapi dengan transmisi manual 5 kecepatan. Apalagi, dari segi desain, mobil ini tampak begitu gagah dan tegas. Cocok bagi pecinta mobil berpenampilan garang.

14. Nissan Fairlady

Nissan Fairlady merupakan mobil sport jadul yang laik dimasukkan ke daftar mobil tahun 80an irit BBM yang ingin dibeli. Dari tampilannya saja, mobil ini sudah mencuri perhatian. 

Bagian atap kanan dan kiri sports car dua pintu ini bisa dibuka secara manual. Beda dengan sunroof atau moonroof yang biasanya tidak bisa terbuka secara keseluruhan. 

Tak hanya itu, bagian lampu mobil ini juga keren yang mana posisi lampu depannya bisa diatur agak naik. Ditambah lagi, interiornya pun semakin menambah kesan modern. Kabinnya didesain dengan kombinasi warna abu-abu dan krem dengan sedikit sentuhan warna hitam. Serta dilengkapi dengan fitur hiburan atau sistem audio yang sudah mumpuni. 

Apalagi dari sisi pacu dapurnya, mobil ini dipasangi mesin berkapasitas 3.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 162 Hp.

Nah, itulah tadi daftar 14 mobil tahun 80an irit BBM yang bisa jadi pilihan OtoFriends. Kira-kira mobil mana yang OtoFriends paling sukai? 

Biar tetap awet, jangan lupa lakukan pengecekan dan perawatan rutin ke bengkel terdekat, ya! 

Kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix untuk mencari bengkel terbaik yang dekat dengan lokasimu. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!