Suzuki Jimny 5 pintu dijadwalkan meluncur Januari 2023. Jimny merupakan mobil offroad pabrikan Jepang Suzuki. Pada generasi keempat ini, mobil Suzuki Jimny 5 pintu mendapatkan penyegaran total. Berikut spesifikasi Suzuki Jimny 5 pintu selengkapnya!

Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu

1. Interior

Interior Jimny 5 pintu dikabarkan akan mendapatkan tambahan ornamen yang lebih mewah. Selain itu, ada tambahan pintu untuk penumpang belakang sehingga akses keluar masuk jadi lebih mudah. Suzuki Jimny 5 pintu juga memiliki kabin yang lebih lega sehingga penumpang bisa lebih nyaman saat berkendara.

2. Eksterior

Pada gambar spyshot yang diabadikan oleh Autocar India, bentuk Suzuki Jimny 5 pintu mirip dengan SUV premium Mercedes-Benz G-Class. Bentuk mobil ini memiliki wheelbase yang lebih panjang. Pintu samping ada dua, serta terdapat desain velg dengan model lama. Selain itu, Suzuki Jimny 5 pintu juga dikamuflase dengan stiker hitam dan pintu samping ada dua sehingga mirip dengan tampilan SUV premium Mercedes-Benz G-Class.

Dibandingkan Jimny 3 pintu, mobil Jimny 5 pintu ini memiliki body yang lebih panjang, yakni 3.850 mm dengan jarak sumbu roda 2.550 mm. Lebarnya berkisar 1.645 mm dan tingginya mencapai 1.730 mm. Di bagian desain, mobil ini secara umum sama dengan generasi sebelumnya. Perbedaannya hanya pada desain grill yang sebelumnya vertikal lalu kini menjadi horizontal. Di bagian desain bumpernya juga ada sedikit sentuhan minor.

3. Mesin

Di bagian mesin, Suzuki Jimny 5 pintu dibekali mesin silinder K15B dengan kapasitas 500cc. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga sampai 102 Ps di putaran 6.000 rpm. Sementara, torsinya mencapai 130 Nm di 4.000 rpm.

Suzuki Jimny 5 pintu juga dikabarkan akan dibekali turbocharging yang bisa menghasilkan tenaga lebih besar. Mobil Suzuki Jimny 5 pintu juga menawarkan 2 transmisi yang berbeda, yakni transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Katana Bekas? Kenali Berbagai Modelnya

Estimasi harga Jimny 5 pintu

Harga mobil Jimny Long 5 pintu diperkirakan di atas Jimny 3. Sebagai contoh, harga tipe Jimny Sierra yang sekitar Rp 266,8 juta. Artinya, harga Jimny 5 pintu di atas harga itu karena  menyesuaikan dengan perbedaan yang ada dalam mobil tersebut.

Walaupun cukup mahal, Suzuki Jimny 5 pintu tetap jadi incaran pecinta otomotif. Bukan hanya terkait fungsi mobilnya saja, mobil ini juga memiliki nilai collectible yang tinggi dan ikonik.

Baca juga: Terbaik! 10 Mobil Offroad Murah Harga Dibawah 100 Juta

Antusiasme pasar global menyambut Jimny 5 pintu

Kehadiran Jimny 5 pintu disambut penuh oleh pasar global. Di India sendiri, Suzuki Maruti India akan menghadirkan mobil SUV kompak 4×4 tersebut di ajang Auto Expo 2023 yang digelar di New Delhi, India pada 12-15 Januari 2023. Hadirnya mobil Suzuki Jimny 5 pintu di ajang tersebut adalah tanda awal pemasaran mobil SUV berlogo S tersebut. Setelah itu, barulah Suzuki Maruti India akan memasarkan Suzuki Jimny 5 pintu ke negara-negara lain, tidak terkecuali Indonesia.

Suzuki Jimny 5 pintu memang sangat dinantikan, bahkan tidak sedikit yang sudah memesan lebih dulu walaupun mobil itu belum diproduksi. Di Australia saja sudah ada puluhan orang memesan Suzuki Jimny 5 pintu.

Masyarakat Australia bukan tanpa alasan memesan mobil yang belum diproduksi tersebut. Apabila Suzuki Jimny 5 pintu sudah tiba di Australia, waktu inden bisa mencapai satu tahun. Oleh sebab itu, konsumen memilih pesan jauh-jauh hari agar tidak perlu menunggu lama pengiriman mobil Suzuki Jimny 5 pintu.

Sebagai informasi, Suzuki Jimny 5 pintu akan diproduksi di pabrik Suzuki Maruti di Gurugram, India. Dari segi dimensi, Suzuki Jimny 5 pintu memang jauh lebih besar daripada versi tiga pintu. Ada sedikit perbedaan visual pada desain grille, bumper depan dan belakang, hingga desain velg yang jauh lebih sporty. 

Namun demikian, belum diketahui apakah Suzuki Jimny 5 pintu akan tetap mempertahankan mesin lama seperti yang ada di Suzuki Jimny 3 pintu. Dilansir India Car News, mesin baru K15C yang baru saja dirilis akan menjadi jantung mekanis dari Suzuki Jimny 5 pintu. Sebab, mesin itu bisa mengeluarkan tenaga maksimal 115 PS yang jauh lebih besar dari mesin yang saat ini memiliki tenaga maksimal 102 PS.

Baca juga: Cara Daftar Otoklix dan Keuntungan Servis di Otoklix

Itulah penjelasan lengkap mengenai Suzuki Jimny 5 pintu. Walaupun mobil tersebut belum dipasarkan secara global, namun antusiasme masyarakat global sangat tinggi. Apabila OtoFriends berminat memiliki mobil Suzuki Jimny tipe terbaru ini, alangkah baiknya bila dilengkapi dengan asuransi mobil untuk mencegah risiko finansial yang tidak diinginkan. 

Tidak kalah penting, selalu bawa mobil ke bengkel terdekat untuk perawatan rutin. Sehingga, mobil akan tetap memiliki performa yang baik. Lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Suzuki Jimny 5 pintu

Belum ada informasi harga Suzuki Jimny 5 pintu. Namun, pada tipe sebelumnya, Suzuki Jimny dibanderol antara Rp 409,5 Juta hingga Rp 425,1 Juta.

Suzuki Jimny generasi ketiga hadir sebagai mobil off road dengan dimensi kompak. Dibanderol mulai Rp285 juta on the road Jabodetabek, mobil ini dinobatkan sebagai mobil 4WD termurah di Indonesia.

Ya. Suzuki Jimny adalah kendaraan jeep dan SUV yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Suzuki sejak tahun 1968 untuk pasaran global.