Meskipun tidak impresif, tetapi konsumsi BBM Ayla tetap tergolong irit untuk dipakai berkendara sehari-hari. Tes konsumsi BBM Ayla dilakukan dengan melihat angka yang tertera pada MID-nya. Angka tersebut menunjukkan 13,5 km/liter. 

Namun, hasil tersebut bisa berbeda sesuai dengan gaya berkendara dan juga medan yang dilalui. Pada artikel ini, kita bakal membahas tentang konsumsi BBM Ayla hingga daftar mobil LCGC dengan konsumsi BBM yang irit.

Konsumsi BBM Ayla per Kilometer

Hasil konsumsi BBM Ayla ini didapat dengan percobaan selama beberapa waktu. Hasilnya, angka pada MID mobil Ayla menunjukkan konsumsi BBM-nya mencapai 13,5 km/liter. Medan yang dilalui adalah trek lurus hingga tanjakan curam.

Di sisi lain, meskipun angka di MID menunjukkan angka 13,5 km/liter, tetapi ada hasil tes internal. Angkanya menunjukkan sekitar 20 km/liter. Memang ada 2 cara menghitung konsumsi BBM, yaitu dengan melihat angka pada MID dan juga metode full to full.

Hasil yang didapat dari metode full to full dianggap lebih akurat daripada hasil MID.

Konsumsi BBM All New Daihatsu Ayla 2023, Lebih Irit 

All New Daihatsu Ayla diluncurkan pada Februari 2023 lalu. Peluncurannya langsung jadi perhatian publik. Tampilan barunya terlihat sporty, dan modern. Apalagi ada garis-garis tegas yang menambah kesan dinamis.

LCGC generasi kedua ini mengikuti kebijakan pemerintah dalam teknis pembuatannya. Misalnya ground clearance, radius putar, harga jual, model, logo, hingga konsumsi bahan bakar. Konsumsi bbm Ayla terbaru diklaim paling unggul di kelasnya. Mari kita cek faktanya.

Menurut peraturan Permenperin, konsumsi BBM mobil-mobil LCGC setidaknya paling sedikit 20 kilometer per liter. Ayla terbaru dibekali dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.000 cc dan mencatat penggunaan 1 liter bensin bisa menempuh jarak 25,3 kilometer.

Namun, dengan catatan menggunakan jenis bahan bakar dengan oktan 92 atau minimal jenis Pertamax dari Pertamina. Faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM ini antara lain adalah beban yang diangkut, medan jalan, hingga gaya mengemudi.

Sebagai informasi tambahan, Daihatsu Ayla hadir dalam 3 varian. Namun, hanya memiliki 2 opsi mesin 3 silinder, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc. Harga All New Daihatsu Ayla berkisar Rp134 juta hingga Rp189,9 juta.

Baca juga: Daftar Mobil Terbaru 2023 yang Rilis di Indonesia

Rekomendasi Mobil LCGC Paling Irit

Selain All New Daihatsu Ayla, ini dia rekomendasi mobil LCGC paling irit.

1. Toyota Agya

Toyota Agya juga selalu masuk deretan mobil dengan konsumsi bahan bakar paling irit, baik di dalam maupun luar kota. Agya juga bisa menghemat BBM meskipun melalui medan jalan menanjak.

Konsumsi bahan bakar Toyota Agya adalah 20,4 km/liter dengan kecepatan mobil rata-rata 74,3 km/jam. Untuk rute menurun malah jauh lebih hemat. Bahan bakar yang dipakai hanya 32,1 kilometer per liter dengan kecepatan rata-rata 79 kpj (kilometer per jam).

Sedangkan total rata-rata konsumsi bahan bakar untuk perjalanan luar kota adalah sebesar 26,2 km/liter.

2. Toyota Calya

Masih satu produsen dengan Toyota Agya dan termasuk juga mobil LCGC, konsumsi bbm Toyota Calya juga terbilang irit. Mobil ini bisa menempuh jarak 20-21 km per liter bensin. Angka ini tidak jauh berbeda dengan Avanza yang memiliki angka konsumsi BBM sebesar 21,3 km/liter.

Namun, dengan kisaran konsumsi BBM yang sama, harga Calya jauh lebih murah. Selain itu, fiturnya juga cukup memadai sebagai low MPV. Calya bisa diandalkan untuk perjalanan dalam kota dan bisa mengangkut banyak orang.

Kursinya berkapasitas 7 penumpang. Mesin yang disematkan pada mobil ini adalah mesin 1.2 liter Dual VVTi empat silinder segaris. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 88 ps. Calya diklaim memiliki konsumsi BBM paling irit di antara kelas MPV lainnya.

Baca juga: Harga Mobil Ayla Baru 2022

3. Daihatsu Sigra

Saudara kembar dari Calya juga memiliki konsumsi BBM yang irit, seperti konsumsi BBM Ayla. Namun, tetap lebih irit Toyota Calya. Konsumsi BBM Daihatsu Sigra sekitar 17,3 km/liter untuk perjalanan rute dalam kota.

Meskipun tidak lebih irit dari Calya, tetapi Sigra tetap jauh lebih irit daripada saudara tuanya, yaitu Daihatsu Xenia 1.3 L. Konsumsi BBM mobil tersebut hanya 12 kpl.

Daihatsu Sigra dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu berkapasitas 998 cc dan 1.19 cc. Keduanya sudah berteknologi Dual VVT-i. Sudah ada juga teknologi bukaan katup elektronik pada Dual VVT-i. Yang membedakan adalah tenaga yang dihasilkan. Teknologi Dual VVT-i ini yang membuat konsumsi bahan bakar Sigra jadi lebih irit.

4. Datsun Go

Datsun Go juga merupakan salah satu mobil LCGC yang irit. Konsumsi BBM-nya hampir sama dengan konsumsi BBM Ayla, yaitu 20,3 km/liter untuk rute kombinasi. Sedangkan rute bebas hambatan bisa lebih jauh, yaitu 23 km/liter.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan CVT dan lampu LED. Sayangnya, mobil ini sudah tidak tersedia lagi unit barunya. Produksinya berhenti pada tahun 2020. Jadi, saat ini hanya tersedia unit bekasnya.

Baca juga: Oli Mobil Ayla Harus Encer atau Kental? Jangan Asal Pilih

5. Honda Brio Satya

Brio Satya adalah mobil LCGC dari Honda dengan pilihan variasi mesin 1.3L dan 1.2L. Namun, pada versi facelift-nya hanya tersedia mesin 1.2L. Mobil ini dibekali dengan pilihan transmisi CVT dan ada teknologi i-VTEC.

Teknologi ini mirip dengan teknologi VVT-i yang bisa bikin konsumsi BBM jadi lebih irit. Honda Brio Satya mencatat angka 17 km/liter untuk rute kombinasi dan 22 km/liter untuk rute bebas hambatan.

Selain gaya berkendara, beban muatan, dan medan jalan, kesehatan kondisi mesin juga berpengaruh terhadap konsumsi bbm Ayla. Mesin yang sehat karena rutin diservis bikin konsumsi BBM tetap irit.

Servis mobil di bengkel Otoklix. Servisnya lengkap, mulai dari ganti oli, tune up, ganti aki, servis rem, AC, hingga cuci mobil dan detailing.

Servis mobil di Otoklix bisa hemat hingga 30%. Servis tanpa antri dengan melakukan reservasi dulu melalui aplikasi.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Ayla


Salah satu pilihan mesin Ayla adalah 1000 cc dan dikombinasikan dengan transmisi otomatis maupun manual. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 33 liter.


Daihatsu Ayla dan mobil-mobil LCGC lainnya disarankan memakai bensin dengan nilai RON 92. Nilai RON 92 setara dengan bensin jenis Pertamax dari Pertamina. Pertamina juga merencanakan menaikkan kadar oktan menjadi RON 92 yang bakal disebut sebagai Pertamax Green 92.


Untuk jenis Daihatsu Ayla keluaran lama, konsumsi BBM-nya mencapai 14,7 km/liter hingga 20 km/liter tergantung rute yang ditempuh. Namun, Daihatsu All New Ayla 2023 diklaim memiliki nilai 25 km/liter untuk konsumsi BBM-nya. Jauh lebih irit dari generasi sebelumnya.