Pembalap mobil Indonesia ternyata memiliki banyak prestasi tidak hanya secara nasional maupun juga internasional. Pembalap mobil merupakan individu yang penuh dengan dedikasi, karena mereka harus berjuang keras melawan waktu dan pesaing di lintasan sirkuit. 

Mungkin kamu lebih banyak mengenal sejumlah nama mantan pembalap mobil Indonesia seperti Aswin Bahar, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, atau bahkan Fitra Eri. Namun ternyata ada banyak pembalap roda empat di Indonesia yang masih aktif hingga saat ini, bahkan ada juga yang berasal dari usia muda. 

Tak hanya di kompetisi nasional, mereka juga menorehkan banyak prestasi di ajang internasional. Nah, berikut adalah daftar nama pembalap mobil Indonesia yang mendunia prestasinya yang telah OtoKlix himpun dari berbagai sumber. Yuk simak!

Daftar Pembalap Mobil Indonesia yang Berprestasi Internasional

Sejumlah pembalap mobil terkenal dari Indonesia pernah mengukir prestasi di laga internasional, seperti contohnya Formula 1. Banyak juga pembalap mobil wanita yang menorehkan prestasi di profesi yang cukup didominasi oleh laki-laki ini. Siapa saja mereka? Berikut daftar beserta biografinya:

1. Rio Haryanto

Apabila kita menyebut pembalap mobil Indonesia yang mendunia, biasanya orang akan lebih teringat dengan nama Rio Haryanto. Rio adalah pembalap di laga Formula 1 pertama dari Indonesia, yang ia geluti pertama kali di tahun 2016 bersama tim Manor Racing. 

Awal karier Rio sebagai pembalap roda empat dimulai pada tahun 2002 melalui balap go-kart di ajang Juara Nasional Go-kart kelas kadet, dilanjut menjajal laga single-seater di Formula Renault Asia pada tahun 2008. 

2. Sean Gelael

Sean Gelael adalah pembalap Indonesia lainnya yang telah menunjukkan potensi besar di dunia motorsport. Laki-laki kelahiran tahun 1996 ini  telah berkompetisi di berbagai seri balap internasional, termasuk Formula 2. 

Sean mengawali kariernya di arena balap mobil sejak tahun 2005 pada ajang kejurnas Reli Sprint dengan menjadi navigator bagi ayahnya, Ricardo Gelael yang juga merupakan mantan pembalap Indonesia. Debutnya di FIA Formula 2 dimulai pada tahun 2015 (dulu bernama GP2 Series) bersama tim Campos Racing. Di tahun 2022, Sean berhasil meraih kemenangan pertama World Endurance Championship (WEC) Race 6 Hours of Spa-Francorchamps di Belgia.  

3. Philo Paz Armand

Pembalap mobil Indonesia Philo Paz Armand juga menjadi salah satu yang pernah berlaga di ajang internasional, yakni Formula bersama tim Trident Racing di tahun 2016 lalu. Karier balapnya dimulai sejak tahun 2006 dan meraih prestasi di kejuaraan pertamanya di tahun 2007.

4. Alexandra Asmasoebrata

Alexandra Asmasoebrata telah memulai karirnya di ajang balapan sejak usia 12 tahun sebagai pebalap Go Kart kelas 60 cc. Dibesarkan di keluarga yang juga bergelut di bidang tersebut, tentu membuatnya tertarik dan menjadikan pembalap sebagai profesi.

Alexandra pernah mendapatkan rekor MURI sebagai pembalap wanita satu-satunya di Indonesia kala itu. Sejumlah prestasi internasional juga pernah ia torehkan, seperti juara pertama National Kart Championship 2005, 13th World Championship Junior Rotax Max 2005 hingga ke perhelatan Formula Renault Asia.

5. Alvin Bahar

Salah satu pembalap mobil senior Indonesia yang masih aktif membalap di arena adalah Alvin Bahar. Bahkan, Alvin baru saja menyabet juara nasional balap mobil di tahun 2022 lalu. Tak hanya nasional, namun pembalap berusia 48 tahun ini juga pernah berlaga di ajang internasional yakni Formula Asia dan menyabet trofi.

Alvin merupakan anak dari salah satu legenda pembalap mobil Indonesia, yakni Aswin Bahar. Minat membalap ini ternyata juga menurun pada anaknya, Avila Bahar yang juga memiliki sejumlah prestasi.

6. Alinka Hardianti

Satu lagi pembalap wanita akhirnya muncul di Indonesia, yakni Alinka Hardianti. Ia telah berlatih balap sejak usia muda karena sering mengikuti ayah dan kakaknya ke arena balap. Kini ia kerap menjuarai balapan nasional dan juga internasional seperti di Jepang dan Malaysia.

Baca Juga: Profil 5 Pembalap Mobil Wanita Indonesia Terpopuler 

7. Senna Iriawan

Senna Iriawan menjadi salah satu pembalap mobil Indonesia yang juga sukses di dalam beragam kejuaraan nasional sampai internasional, seperti World Series Karting (WSK) Master di Sirkuit Valvibrata, Italia di tahun 2011. Senna juga mencetak best time yang fantastis saat mengikuti balapan di BDR Race Against Pandemic 2020 di sirkuit Spa-Franchorchamps Belgia.

8. Kezia Santoso

Indonesia mencetak beberapa pembalap wanita yang luar biasa sekali lagi. Kezia Santoso kerap mengharumkan nama negara di ajang balap dunia seperti Formula 4 South East Asia dan ia juga sangat berharap bisa mengikuti jejak Rio Haryanto untuk berkarir di ajang Formula 1.\

9. Silvano Christian

Silvano Christian adalah pembalap mobil Indonesia terkenal yang telah tergabung dengan tim Red White Racing hingga tahun 2012. Ia telah bertanding di berbagai ajang balap di berbagai negara, seperti Malaysia, Italia, Mesir, Spanyol, dan Portugal sebagai perwakilan di  ajang World Final Max Challenge. 

10. Dustin Sofyan

Satu lagi pembalap mobil Indonesia yang masih aktif berkompetisi di ajang balap internasional adalah Dustin Sofyan, ia pernah berlaga di Cina dan bahkan Formula Abarth seri Eropa. Di Cina, ia sempat menorehkan prestasi sebagai peringkat ketiga dari 12 pembalap dan masuk ke jajaran lima besar.

11. Rifat Sungkar

Nama Rifat Sungkar sudah pasti tidak asing lagi bagi orang-orang yang mengikuti balapan mobil Indonesia. Salah satu legenda pembalap mobil Indonesia yang mendunia ini sudah aktif sejak tahun 1998 dan menyabet berbagai macam penghargaan serta prestasi, seperti meraih 1st podium di Group N World Rally Championship – Fastron World Rally Team 2012 serta Rally American – Fastron World Rally Team di tahun 2013.

Nama Pembalap Mobil Indonesia Muda

Tak hanya pembalap berusia dewasa, ada juga para pembalap usia muda yang sudah mengantongi sejumlah prestasi internasional. Mereka telah mengarungi arena balapan sejak usia belia, sebagian besar karena terbawa minat dari keluarga yang juga berkecimpung di dalam dunia balapan. Berikut adalah nama-namanya.

1. Biandra Nurully Minang

Biandra Nurully Minang adalah seorang pembalap mobil berusia 19 tahun yang tergabung dalam tim Red White Racing. Balapan gokart adalah hobi yang telah ia tekuni sejak usia kecil, mengikuti jejak kakak dan ayahnya yang juga menggeluti bidang yang sama. Biandra pernah meraih juara di Rotax Max Challenge tahun 2012.

2. Perdana Putra Minang

Kakak dari Biandra, Perdana Putra Minang juga menjadi salah satu pembalap muda Indonesia yang terkenal sudah malang melintang di berbagai ajang kompetisi. Sejak usia 7 tahun, Perdana telah menekuni hobi balapnya dengan serius hingga akhirnya ia berhasil meraih podium di ajang internasional seperti  AKOC 2011 di Macau, Hong Kong, Copa Trofeo Griffone di Napoli, Italia dan Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia.

3. Presley Martono

Presley Martono adalah salah satu pembalap muda Indonesia yang menjanjikan. Lahir pada 5 November 1998, Presley telah berkompetisi di berbagai kategori balap, termasuk karting dan Formula 4. Dengan potensi yang masih terus berkembang, ia adalah salah satu harapan untuk masa depan motorsport Indonesia sebagai penerus pembalap Indonesia F1. 

Baca Juga: Formula 1 : Daftar Pembalap 2023 dan Aturan PU F1 Terbaru 

4. Rafael Kamal

Satu lagi pembalap muda dari Indonesia yang berprestasi di kancah internasional adalah Rafael Kamal. Rafael menjajal balapan gokart sejak usia 7 tahun dan kemudian menyabet juara nasional kelas kadet di tahun 2019 hanya di usianya yang baru 9 tahun. Ia kemudian mencoba dengan berkompetisi di Singapura dan Malaysia, akhirnya berhasil mendapatkan posisi satu di kelas kadet dan posisi 2 di kelas mini.

5. Avila Bahar

Avila Bahar mengikuti jejak karier ayahnya, Alvin Bahar, seorang legenda di arena balapan mobil Indonesia, dengan mengaspal sejak usia 14 tahun. Berbagai trofi nasional telah ia dapatkan, dan baru-baru ini ia mulai merambah ke ajang internasional dengan berlaga di Malaysian Championship.

Itulah dia pembahasan mengenai jajaran nama-nama pembalap mobil Indonesia yang pernah meraih prestasi di ajang kompetisi internasional. 

Balapan juga kerap menggunakan mobil-mobil penumpang biasa yang dimodif agar dapat dijalankan di arena balap. Kalau OtoFriends berniat untuk memodifikasi mobil menjadi mobil balap, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi bengkel mobil terdekat. 

Jangan lupa untuk pilih ribuan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix! Lakukan booking service secara mudah untuk mendapatkan perawatan mobil agar performanya selalu maksimal.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Indonesia baru memiliki satu pembalap di ajang Formula 1, yakni Rio Haryanto. Sampai di musim tahun 2022, ia masih menjadi satu-satunya driver dari Indonesia yang berkompetisi di ajang tersebut.

Untuk saat ini, hanya Rio Haryanto yang menjadi pembalap Indonesia F1. Namun ada beberapa pembalap lainnya yang telah banyak berlatih dan menyiapkan diri untuk berlaga di ajang Formula 1 menyusul Rio.