Mobil offroad murah menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin merasakan bagaimana serunya offroad. Seperti yang kita ketahui semua bahwa harga mobil offroad memang tergolong mahal. Solusi terbaiknya, OtoFriends bisa mencari mobil “bahan” untuk membangun mobil offroad sendiri.

Offroad merupakan salah satu hobi otomotif yang menggunakan kendaraan khusus untuk melewati medan yang berbatu, berlumpur, pasir hingga sungai. Tidak semua kendaraan bisa digunakan menjadi mobil offroad, hanya ada beberapa jenis saja yang cocok.

Pada artikel kali ini Otoklix akan membahas rekomendasi mobil offroad murah dengan harga dibawah 100 juta. Mobil ini nantinya masih perlu OtoFriends modifikasi lagi agar bisa digunakan untuk melibas medan offroad yang berat. Lalu apa saja daftar mobil offroadnya?

Mobil Offroad Murah Terbaik

Rekomendasi mobil offroad murah Indonesia terbaik berikut ini bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Semua mobil offroad berikut ini dalam kondisi bekas, jadi untuk harga bisa berbeda-beda tergantung kondisi mobil. Berikut daftar mobil offroadnya:

1. Suzuki Jimny Katana

Siapa yang tidak kenal dengan mobil Suzuki Jimny Katana, mobil produksi Suzuki yang banyak digunakan untuk offroad. Dimensinya yang tergolong kecil dengan ukuran panjang 3,430 mm, lebar 1.460 mm dan tinggi 1.680 mm. Termasuk ringan dan kecil untuk offroad.

Suzuki Jimny Katana menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc. Walaupun tergolong kecil, mesin ini sanggup melibas segala medan. Jimny Katana memiliki body yang keras, sehingga tidak perlu takut penyok dan lecet terkena benda-benda asing di jalanan.  

Kamu bisa mencari Suzuki Jimny Katana keluaran produksi tahun 1980-1900 an, jangan pilih generasi terbaru karena harganya mahal. Untuk kondisi bekas, harga Suzuki Jimny Katana bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari 40 juta. 

2. Daihatsu Taft

Daihatsu Taft menjadi rekomendasi mobil offroad bekas dari Daihatsu yang bisa kamu pilih. Mobil ini keluar pada tahun 1980 an sampai 1990 an, dari segi usia memang sudah tidak muda lagi. Tetapi dari segi penggemar, mobil ini menjadi banyak incaran pada penghobi offroad.

Daihatsu Taft sudah menggunakan penggerak 4×4, sehingga bisa diajak melibat medan yang sulit sekalipun. Mesin diesel dengan kapasitas 2.530 cc menjadi andalan Taft F50 atau dikenal dengan “Taft Kebo”. Jika kamu tertarik dengan Daihatsu Taft, harganya mulai dari 50 juta rupiah untuk kondisi bekas.

3. Suzuki Vitara

Suzuki Vitara masuk ke Indonesia sekitar tahun 1992 dengan menggunakan sistem penggerak 4 roda. Mobil ini sampai sekarang menjadi incaran pada offroader. Harga mobil offroad dari Suzuki ini terbilang murah, apalagi dari segi kaki-kaki tergolong kuat.

Populasi Suzuki Vitara di Indonesia memang tidak sebanyak saudara kembarnya, karena produksinya tidak bertahan lama. Alasannya karena pajak mobil dengan penggerak 4×4 lebih malah, sehingga konsumen menjadi berkurang.

OtoFriends bisa mendapatkan Suzuki Vitara 4×4 di Indonesia dengan harga mulai dari 45 jutaan. Kapan lagi bisa bangun mobil offroad murah mulai dari 45 jutaan saja?

Baca juga: Modifikasi Velg Mobil Offroad: Bahan dan Model yang Tepat

4. Suzuki Escudo

Suzuki Escudo merupakan kembaran dari Suzuki Vitara, yang menjadi pembeda terletak pada sistem penggerak rodanya. Escudo menggunakan sistem penggerak dua roda. Meluncur di Indonesia sekitar tahun 1993 dan menjadi penguasa mobil SUV saat itu. Fitur yang lengkap dan nyaman menjadikan mobil ini pilihan banyak orang.

Untuk keperluan offroad juga tidak ada masalah, sudah memiliki ground clearance yang tinggi sehingga aman digunakan untuk jalanan offroad. Tinggal memodifikasi sedikit saja mobil ini sudah siap diajak untuk offroad. Harga Suzuki Escudo bisa kamu dapatkan mulai dari 40 jutaan saja.

5. Daihatsu Feroza

Mobil keluaran dari Daihatsu pada tahun 1992 sampai 2002 ini menjadi incaran para offroader selanjutnya. Datang dengan desain body yang kotak dan kokoh menjadikan pilihan yang terbaik. Feroza merupakan mobil SUV yang pertama kali dibangun oleh pabrikan Daihatsu. Di Amerika Serikat dan Jepang, mobil ini lebih dikenal dengan Daihatsu Rocky.

Mesin yang digunakan sudah menggunakan penggerak 4×4 atau four wheel drive. Dengan tenaga mesin yang sudah mumpuni, kamu tidak perlu melakukan banyak modifikasi pada sektor kaki-kaki. Kekurangannya hanya satu, konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Tetapi kalau untuk sekedar hobi bukan mobil harian bukan jadi masalah.

Kamu bisa mendapatkan mobil Daihatsu Feroza ini dengan harga mulai dari 30 jutaan. Pastikan cek pada bagian suspensi, karena banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil ini karena keras dan kurang nyaman.

6. Chevrolet Trooper

Trooper merupakan mobil yang diproduksi oleh pabrikan mobil yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu Chevrolet. Memiliki desain yang mengotak menyerupai Jeep Cherokee. Mobil ini mulai dijual sejak tahun 1981, masuk Indonesia tahun 1984. Ada 2 tipe Trooper yang masuk di Indonesia yaitu Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB).

Chevy Trooper sudah menggunakan penggerak roda depan belakang dengan mesin 2,3 liter solar. Kamu bisa memilih model SWB atau LWB untuk keperluan offroad. Harga bekas Chevrolet Trooper bisa kamu dapatkan mulai dari harga 50 jutaan tergantung kondisi.

Baca juga: Jenis Ban Mobil Offroad dan Pilihan Ban MT, AT, dan Extreme

7. Jeep Cherokee

Jeep memang rajanya mobil offroad, tetapi harganya terbilang mahal. Nah Jeep Cherokee ini termasuk mobil offroad mudah dari Jeep, harganya bisa kamu dapatkan dibawah 100 juta. Tentu untuk mendapatkannya tidaklah mudah, sudah menjadi barang incaran kolektor.

Spesifikasi mesin yang dipakai mengusung 4.000 cc dengan 6 silinder segaris. Konsumsi bahan bakar Cherokee sangat terkenal akan borosnya, tetapi tenaganya tidak perlu diragukan lagi. Sistem penggerak sudah menggunakan 4×4, siap untuk diajak ke jalanan offroad.

8. Ford Ranger

Ford Ranger merupakan jenis kendaraan pick up dengan kabin belakang. Mobil ini memang memiliki habitat di area perkebunan dan pertambangan. Jadi untuk offroad tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya. Ford Ranger menggunakan sistem penggerak 4 roda. Mesin menggunakan diesel tangguh yang memiliki torsi yang besar. Kamu bisa offroad dengan membawa banyak barang dengan mudah pada bak belakang.

Untuk kamu yang tertarik dengan Ford Ranger, pastikan memilih kondisi yang terbaik. Karena banyak ditemui mobil bekas tambang/perkebunan yang memiliki banyak PR karena usia pemakaian. Untuk harga bekasnya, mobil offroad double cabin ini bisa kamu dapatkan dari harga dibawah 100 juta.

9. Toyota Hilux

Toyota Hilux merupakan mobil pickup yang siap digunakan untuk melibas jalanan offroad. Menggunakan mesin serupa dengan Toyota Fortuner, tetapi dengan harga yang lebih murah. Banyak juga yang menggunakan Toyota Hilux sebagai mobil offroad.

Sistem penggerak roda sudah menggunakan 4×4, untuk urusan suku cadang tidak perlu pusing karena ada banyak. Untuk yang tertarik menggunakan Hilux sebagai mobil offroad, kamu bisa mendapatkannya dengan harga dibawah 100 juta.

Baca juga: Deretan 12 Mobil Offroad Keren dan Tangguh Buat Adventure

10. Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton menjadi rival berat dari Hilux, datang dengan menggunakan mesin dari Pajero Sport. Tampilan eksterior depannya sama dengan Pajero Sport, yang membedakan terletak pada bagian belakang karena memiliki bak. Offroad dengan mobil double cabin tidak kalah mengasikan dengan mobil offroad biasa, malah bisa memuat banyak barang.

Penggerak roda sudah menggunakan sistem 4×4, sehingga sanggup melibas segala medan. Agar lebih murah, kamu bisa mencari mobil offroad Triton generasi pertama, harganya bisa mulai dari 50 jutaan tergantung kondisi mobil.

Bagaimana OtoFriends, sudah menemukan mobil offroad murah yang sesuai dengan budget yang dimiliki? 

Pastikan sebelum membeli mengecek keseluruhan mobil dengan teliti. Jika tidak mau repot bisa cek di bengkel yang terpercaya untuk memastikan kondisi mobil. Pastikan selalu melakukan perawatan mobil bekas dengan rutin melakukan service mobil dan ganti oli rutin agar mobil tetap awet. Dengan Otoklix, kamu bisa mendapatkan semua kemudahan lewat aplikasi. Yuk coba sekarang

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Ada banyak mobil offroad murah yang bisa kamu pilih seperti Suzuki Jimny, Daihatsu Taft, Suzuki Vitara, Chevrolet Trooper, Jeep Cherokee, Ford Ranger dan lainnya.

Mobil 4×4 atau four wheel drive merupakan mobil dengan sistem penggerak empat roda yang menyalurkan tenaga mesin ke seluruh bagian roda.

Mobil yang dipakai offroad biasanya berjenis SUV, diantaranya seperti Jeep Cherokee, Jeep Wrangler, Land Rover, Mercedes Benz G-Class, Suzuki Jimny dan lainnya.