Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, tetapi mobil Cooper tidak pernah sepi peminat lantaran modelnya yang antik dan elegan. Jenis mobil MINI Cooper atau model mobil MINI di antaranya adalah MINI Clubman, MINI Countryman, MINI Convertible, MINI Cabrio, dan lainnya. Kita bahas satu per satu jenis-jenis mobil MINI.

Jenis Mobil MINI

MINI termasuk ke dalam BMW Group Indonesia. Mobil ini punya beberapa model, paling tidak ada 15 model dan tipe yang beredar di pasaran. Harganya lumayan menguras kantong, sekitar Rp795 juta sampai dengan Rp1,3 miliar.

1. MINI 3-Door

MINI 3-Door ini adalah mobil berjenis hatchback. Mobil ini terlihat elegan dan juga sporty. Seperti namanya, mobil ini punya 3 pintu saja. Yaitu pintu di sisi kemudi, pintu penumpang sebelah kiri, dan pintu bagasi belakang. Interior mobil ini terlihat elegan dan mewah. Mobil MINI 3-Door bisa dibeli dengan harga Rp765 jutaan. Harga ini tergolong cukup tinggi untuk mobil di kelasnya.

2. MINI 5-Door

Tipe yang kedua adalah MINI 5-Door. Mobil MINI yang satu ini juga berjenis hatchback. Ada empat pintu bagi pengemudi dan penumpang serta satu pintu bagasi belakang. Interior mobil ini juga masih seperti MINI Cooper lainnya dengan bulatan tengah. Ada pula LCD sebagai fitur hiburan. Harganya tidak berbeda jauh dengan MINI 3-Door, yaitu sekitar Rp579 jutaan.

3. MINI Cooper Jadul 

Kalau OtoFriends adalah penggemar Mr. Bean, pasti mengenali mobil ini. Mobil yang digunakan Mr. Bean adalah MINI Cooper Morris. Mobil ini ditenagai dengan mesin 998 cc dengan transmisi manual 4 percepatan. 

Harga mobil MINI Cooper bekas ini sekitar Rp45 juta sampai Rp300 jutaan. Bahkan ada yang menjualnya dengan modifikasi mesin motor dan dijual dengan harga Rp25 jutaan saja. Sementara itu, harga unit mobil yang sempat dipakai Mr. Bean ini pernah dilelang dengan harga Rp871 jutaan pada 2018.

4. MINI Cabrio

Jenis mobil MINI Cooper berikutnya adalah MINI Cabrio. Mobil ini sepertinya mengusung desain MINI 3-Door. Hanya saja, mobil ini menggunakan atap otomatis atau yang dikenal dengan mobil convertible.

Ada dua tipe MINI Cabrio, yaitu MINI Cooper Cabrio dan MINI Cooper S Cabrio. MINI Cabrio menggunakan mesin 1.5 L turbo 3 silinder yang bisa menghasilkan tenaga 136 hp. Mobil ini bisa melaju di kecepatan maksimal 206 km/jam. Sedangkan tipe MINI Cooper S Cabrio ditenagai dengan mesin 2.0 L 4 silinder turbo. Top speed-nya bisa mencapai 228 km/jam.

Harga mobil MINI Cooper Cabrio sekitar Rp865 juta, sedangkan MINI Cooper S Cabrio adalah Rp1,03 miliar.

5. MINI Clubman

Mobil jenis SUV ini punya desain yang gagah. Akan tetapi, modelnya terlihat lebih elegan. Warna, interior, dan fitur keselamatannya juga lebih unggul daripada mobil-mobil di kelasnya. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp869 juta. Harga yang masih termasuk standar di kelasnya.

6. MINI Countryman

Mobil MINI Countryman dilengkapi fitur keamanan yang sangat baik. Ada airbag di setiap sisinya. Interiornya pun terlihat sangat elegan. Desain bodinya juga terlihat gagah karena adanya garis tegas yang menghiasi. Selain itu, fitur lainnya adalah Automatic Stability Control + Traction (ACS+T). Dengan adanya fitur ini, mobil bisa berakselerasi dengan lebih stabil di jalan raya maupun jalan berkelok-kelok.

Kemudian, ada juga teknologi ABS (Anti-lock Braking System), CBC (Cornering Brake Control), serta EBC (Electronic Brake-force Distribution). MINI Cooper Countryman dibekali dengan mesin 1.5 L 3 silinder twin turbo yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 122 hp. Kecepatan tertingginya adalah 184 km/jam. Harga mobil MINI Countryman sekitar Rp755 jutaan untuk tipe Cooper, sedangkan tipe Cooper S dibanderol dengan harga Rp969 jutaan.

7. MINI Paceman

MINI Paceman memiliki desain bodi yang hampir mirip dengan MINI Countryman. Akan tetapi, MINI Countryman memiliki 4 pintu, sedangkan MINI Paceman hanya punya 2 pintu. Dari segi kelengkapan fitur, keamanan, dan tampilan interiornya kurang lebih sama dengan tipe mobil MINI Cooper lainnya. Harga mobil ini adalah sekitar Rp775 jutaan.

8. MINI John Cooper

Terakhir, kita bakal bahas tentang MINI John Cooper. Ini adalah tipe tertinggi dalam jajaran produk MINI. Namanya diambil dari nama co-founder Cooper Car Company, John Cooper. Mobil ini dibekali dengan mesin 2.0 L 4 silinder twin turbo. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 231 hp. Mobil ini bisa berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik.

Ada fitur sunroof dan juga cruise control pada mobil ini. Kaliper remnya juga berwarna merah yang membuat kita bisa langsung membedakan mobil ini dari tipe lainnya. Harga MINI John Cooper adalah Rp1,1 miliar sampai dengan Rp1,3 miliar.

Itu dia 8 jenis mobil MINI Cooper. Sudah menentukan mau pilih yang mana? Selanjutnya, kita akan rangkum harga-harga dari mobil-mobil di atas dan juga tipe lain dari MINI.

Harga Mobil MINI

Ini dia rangkuman harga mobil MINI Cooper dari 15 model yang dipasarkan.

  • MINI Cooper 3-Door Rp765 jutaan
  • MINI Cooper 3-Door S Rp955 jutaan
  • MINI Cooper 3-Door John Cooper Works Rp1.110 jutaan
  • MINI Cooper 3-Door John Cooper Works Rebel Green Rp1.120 jutaan
  • MINI Cooper 5-Door Rp795 jutaan
  • MINI Cooper 5-Door S Rp995 jutaan
  • MINI Cooper Countryman Rp755 jutaan
  • MINI Cooper Countryman S Rp969 jutaan
  • MINI Cooper Countryman John Cooper Works Rp1.470 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio Rp865 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio S Rp1.030 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio John Cooper Works Rp1.190 jutaan
  • MINI Cooper Clubman Rp869 jutaan
  • MINI Cooper Clubman S Rp1.050 jutaan
  • MINI Cooper Clubman John Cooper Works Rp1.350 jutaan

Harga Mobil MINI Cooper Bekas

Sekarang sudah banyak mobil bekas MINI Cooper. Harga mobil MINI Cooper bekas bisa dibeli dengan mulai dari Rp275 jutaan. Akan tetapi, harga ini tergantung kondisi mobil dan juga tahun produksinya.

  • MINI Cooper 3-Door 2002 Rp275 jutaan
  • MINI Cooper S 2007 Rp335 jutaan
  • MINI Cooper Countryman 2011 Rp375 jutaan
  • MINI Cooper Countryman S 2013 Rp430 jutaan
  • MINI Cooper S 5-Door 2015 Rp539 jutaan
  • MINI Cooper Clubman S 2016 Rp485 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio 2017 Rp680 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio 2019 Rp737 jutaan
  • MINI Cooper Cabrio 2021 Rp915 jutaan

Selesai sudah artikel tentang mobil MINI, dari mulai model, harga, sampai harga bekasnya. Selalu servis mobil agar performanya terjaga. Tidak perlu lagi kesulitan mencari bengkel. Tinggal pakai aplikasi Otoklix dan temukan 2.000+ bengkel terdekat se-Jabodetabek.