Sejak pertama kali diluncurkan, Suzuki APV sudah menarik perhatian karena mobil berjenis MPV ini bisa menampung banyak penumpang dengan nyaman. Sehingga, mobil ini cocok dipakai berkendara bersama keluarga. Bahkan, APV juga adalah kepanjangan dari All Purpose Vehicle.

APV bisa menampung banyak penumpang sehingga bisa menghemat biaya transportasi saat bepergian bersama keluarga. Namun, sebenarnya berapa konsumsi BBM APV?

Sekilas Tentang Suzuki APV

Suzuki APV pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2004. Kemudian, pada 2007 muncul Suzuki APV facelift dengan nama APV Arena. Tampilan APV Arena terlihat lebih segar. Pada tahun 2009, kembali diluncurkan versi termewahnya dengan nama APV Luxury dengan adanya kursi captain seat.

Harga bekas mobil Suzuki APV 2004 – 2017 dijual dengan harga Rp60 jutaan untuk tipe terendah dan Rp130 juta untuk tipe Luxury. Ada sedikit perbedaan antara tipe transmisi manual dan otomatisnya.

Pada varian AT, terdapat transmisi pintar tanpa pedal kopling dan juga ada arm rest pada bagian pengemudi. Kemudian, ada perbedaan kecil pada tampilannya. Meskipun sama persis, tetapi ada emblem AT berukuran kecil di bagian kiri belakang.

Soal handling tidak jauh berbeda antara versi manual dan otomatis. Namun, secara performa akselerasi, APV matic lebih lambat 2,05 detik dibandingkan versi manual yang bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 13,21 detik.

Oleh sebab itu, konsumsi BBM APV versi matik lebih boros dibandingkan dengan transmisi manual. Lantas, berapa konsumsi BBM APV matic dan manual?

Baca juga: Mobil APV 2023: Harga dan Spesifikasinya

Konsumsi BBM Suzuki APV

Hasil pengetesan konsumsi BBM APV menunjukkan 8 km/liter untuk transmisi otomatis pada rute dalam kota. Sedangkan varian manualnya bisa mencapai 8,9 km/liter. Sedangkan untuk rute luar kota, APV matik bisa mengonsumsi seliter bensin untuk menempuh jarak 11,2 km. Sedangkan versi manualnya adalah 14,9 km/liter.

Angka ini bisa dibilang irit untuk kendaraan yang bisa menampung banyak penumpang. Jadi, tepat kalau dibilang berkendara dengan APV jadi lebih hemat ongkos transportasi. Mobil ini juga jadi pilihan favorit mobil operasional untuk usaha karena bisa menghemat anggaran perusahaan.

Bahkan, ketangguhan dan konsumsi BBM APV yang efisien ini menjadikan APV dipakai untuk menunjang mobilitas instansi, baik lembaga pemerintahan, mobil ambulan, hingga mobil siaga desa.

Berikut ini adalah sejumlah data konsumsi BBM APV yang dihimpun menurut seri dan tahun keluaran. Rata-rata konsumsi BBM-nya berkisar antara 10 km/liter hingga 16 km/liter.

SeriTahunDalam KotaLuar Kota
APV Arena201811 km/l13 km/l
APV200511 km/l16 km/l
APV Blind Van202012 km/l15 km/l
APV GL20079 km/l12 km/l
APV GX200812 km/l14 km/l
APV Blind Van201512 km/l16 km/l
APV GA201410 km/l11 km/l

Konsumsi BBM ini dipengaruhi juga oleh gaya berkendara, beban yang diangkut, hingga medan jalan yang dilalui.

Baca juga: Intip Kisaran Biaya Ganti Oli Mobil Suzuki APV

Ulasan Suzuki APV Arena

Salah satu pertimbangan saat mau beli mobil MPV ini adalah konsumsi BBM APV. Namun, aspek lainnya juga tidak bisa dikesampingkan. Mulai dari bodi dan kestabilan, performa, hingga fitur keselamatan.

Berikut adalah ulasan singkat Suzuki APV Arena tahun 2018.

Bodi dan kestabilan

Mobil dengan bodi bongsor kalau tidak dibekali dengan kaki-kaki yang kokoh pasti terasa tidak nyaman ketika berkendara. Namun, tidak dengan APV. Meskipun bodinya bongsor, tetapi menunjukkan performa yang stabil bahkan sekalipun sedang bermanuver di kecepatan tinggi.

Gejala body roll nyaris tidak terasa ketika melibas tikungan di jalan perbukitan dengan kecepatan 75 km/jam. Apalagi dengan membawa beban penumpang penuh dan juga barang. Adanya engine break bikin APV tetap stabil tanpa goyangan maupun getaran pada setir.

Kestabilan ini dirasakan berkat suspensinya yang menggunakan MacPherson struts. Kemudian model suspensi belakangnya juga kini memakai pegal spiral yang lentur dan nyaman, tidak seperti pegas daun yang kaku.

Performa Suzuki APV Arena

Soal performa juga bisa diadu. APV Arena dijajal di sekitar perumahan yang banyak tanjakan, tetapi menunjukkan performa mesin yang tangguh. Tarikan mesinnya responsif dan bisa melahap tanjakan terjal pada posisi gear tiga. Peforma tersebut dirasakan tetap prima meskipun mesin belum di-tune up.

Kabinnya juga terasa lapang dengan posisi duduk yang nyaman dan tidak berdesakan. Ruang kakinya juga cukup lega. Kemudian, pada sisi eksterior juga dilengkapi dengan desain bumper dan grill yang aerodinamis.

Head lamp dengan multireflector, desain panel instrumen, dan aksen krom yang menambah kesan mewah pada mobil ini. Perangkat audio juga cukup mumpuni dengan head unit 2DIN yang bisa memutar CD serta mendengarkan radio.

Baca juga: Oli Mobil Suzuki Terbaik dan Tips Pentingnya

Fitur keselamatan Suzuki APV Arena

Membawa banyak penumpang harus menggunakan mobil yang dibekali dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Selain konsumsi BBM APV yang efisien, ternyata fitur keselamatannya juga cukup mumpuni.

APV telah dilengkapi dengan total effective control technology (TECT) dan juga side impact beam yang bisa menahan benturan. Kemudian, ada sabun pengaman di setiap sisi penumpang. Posisi air intake dibuat setinggi 101 cm, jadi pengendara tidak perlu khawatir saat menerjang banjir.

Suzuki APV telah dipercaya masyarakat otomotif Indonesia karena konsumsi BBM APV yang irit, bisa menampung banyak penumpang, dan performanya cukup tangguh.

Untuk menjaga performanya tetap tangguh dan konsumsi BBM tetap irit, Suzuki APV perlu melakukan perawatan rutin di bengkel. Misalnya ganti oli secara berkala dan tune up. Mesin yang tetap dalam kondisi prima akan meringankan kerja sistem pembakaran. Sehingga lebih sedikit BBM yang dibutuhkan.

Servis mobil secara berkala di bengkel Otoklix. Pelanggan bisa melakukan servis lengkap tanpa pindah bengkel, montir profesional, suku cadang asli, dan harga yang transparan.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM APV


Hasil pengetesan konsumsi BBM APV menunjukkan 8 km/liter untuk transmisi otomatis pada rute dalam kota. Sedangkan varian manualnya bisa mencapai 8,9 km/liter. Sedangkan untuk rute luar kota, APV matik bisa mengonsumsi seliter bensin untuk menempuh jarak 11,2 km. Sedangkan versi manualnya adalah 14,9 km/liter.


Kapasitas tangki bahan bakar pada APV tidak jauh dengan Suzuki Ertiga, yaitu 46 liter. Kapasitas ini cukup untuk perjalanan luar kota tanpa perlu sering-sering mampir isi bensin.


Meskipun mengangkut banyak beban, penuh penumpang dan barang, tetapi APV tetap andal dan kuat menanjak. Mesinnya responsif meskipun harus melalui tanjakan dengan beban berat.