harga aki gs astra

Daftar Harga Aki GS Astra Tipe MF dan Spesifikasinya

Merek aki kering GS Astra memang sudah dikenal masyarakat luas, terutama pengguna mobil. Tetapi, berapa sih sebenarnya harga aki GS Astra untuk tipe MF? Apakah sebanding dengan kualitasnya?

Mari kita simak info selengkapnya berikut ini:

Harga Aki GS Astra Tipe MF

Aki kering memang terkenal dengan kemudahan dalam cara merawatnya. Maka dari itu aki kering GS Astra juga menjadi salah satu aki yang paling banyak diminati. Di samping bebas perawatan, aki kering memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan aki basah.

Di bawah ini adalah uraian beberapa produk aki kering dari GS Astra lengkap dengan harga aki GS Astra.

1. GS Astra MF ISS Q85

Harga : Rp3.026.400

Salah satu aki MF dari GS Astra adalah jenis Start Stop Battery. Seperti namanya, aki tipe ISS ini memiliki beberapa keunggulan yang sebanding dengan harganya. Pertama, aki ini mampu menerima energi listrik dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Kedua, aki ini memiliki daya tahan serta performa yang tinggi. Dibekali dengan kapasitas 65 Ah dan tegangan 12 volt, aki ini cocok digunakan pada mobil dengan fitur iStop. Beberapa contoh adalah Mazda 2, Mazda 6, Mazda CX3, Mazda CX5, Mazda Biante, dan Mitsubishi Delica.

2. GS Astra MF OEM 355LN2 

Harga: Rp 1.626.050

Aki ini cocok untuk mobil-mobil di negara beriklim tropis. Seperti tipe aki kering pada umumnya, aki kering GS juga minim perawatan. Jadi kamu tidak perlu repot menambah dan mengecek air aki. Dengan harga aki GS Astra sekitar Rp1,6 jutaan, aki ini menjadi pilihan utama produsen kendaraan bermotor dengan kualitas OEM. 

Mobil yang cocok menggunakan aki tipe 355LN2 ini salah satunya adalah Toyota All New Innova mesin bensin keluaran 2015 sampai sekarang. Kapasitas aki ini adalah 60 Ah dengan tegangan 12 volt.

3. GS Astra MF N70Z

Harga: Rp 1.626.000

Merupakan salah satu aki GS Astra dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 75 Ah dengan tegangan 12 volt. Aki ini cocok digunakan pada mobil ELF 95 PS (NHR55E), Cedric, Boxer SG.320. Tentu saja aki ini juga minim perawatan karena tipe aki MF.

4. GS Astra MF 80D26L

Harga: Rp 1.671.950

Harga aki GS Astra ini juga cukup sebanding dengan kapasitas GS Astra MF 80D26L. Dibekali kapasitas 69 Ah dan 12 volt, aki kering ini cocok digunakan pada mobil-mobil mesin diesel, contohnya Toyota Innova Diesel (E/G/V), Toyota Fortuner Diesel (G), Toyota Prado, Toyota Lexus, Mitsubishi Pajero Sport Diesel, Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max, dan Mazda Biante.

5. GS Astra MF 55D23L 

Harga : Rp 1.086.300

Aki ini juga sama seperti aki kering GS lainnya yang minim perawatan. Keunggulan lain dari tipe MF dari GS Astra adalah bebas korosi dan karat sehingga kebersihan aki lebih terjaga. Kapasitas aki ini adalah 60 Ah dengan tegangan 12 volt.

Aki ini cocok digunakan pada mobil Toyota Innova, Camry, Fortuner, RAV 4, Alphard, Suzuki Grand Escudo, Grand Vitara, Nissan X-Trail, Juke, Mazda 6, Kia Rio, dan sebagainya.

6. GS Astra MF NS60LS

Harga : Rp 910.350

Harga aki GS Astra satu ini hanya Rp900 ribuan. Kapasitas pada aki ini juga tidak terlalu besar, 45 Ah dengan tegangan 12 volt. Cocok digunakan pada mobil-mobil dengan penggunaan beban kelistrikan mobil yang tidak terlalu besar.

Mobil Toyota Vios, Yaris, All New Yaris, Honda Civic, All New Civic, Mitsubishi Lancer (1992), New Lancer (2009), Mazda Familia, Lentils, Ford New Laser, Hyundai Avega, dan sebagainya cocok menggunakan aki ini.

7. GS Astra MF NS40ZL

Harga : Rp 918.000

Kapasitas yang tidak terlalu besar pada aki ini, yaitu 25 Ah dengan tegangan 12 volt, membuat aki ini cocok digunakan pada mobil-mobil kecil. Contohnya Karimun 1998-2007, New Baleno, Honda City, Kia Picanto, Corolla, Passo, Ceria, Sirion (D/M), dan lainnya.

8. GS Astra MF 34B19L

Harga : Rp 922.000

Harga aki GS Astra terakhir yang dapat Otoklix infokan adalah GS Astra MF 34B19L. Aki ini juga berkapasitas cukup untuk mobil-mobil kecil seperti Datsun GO, GO+, All New Jazz, Brio, Mobilio, Freed, dan lainnya.

Selain tipe-tipe di atas, aki kering GS juga memiliki tipe N70, NS70, N50Z, NS60LS, NS40Z, dan NS40.

Kelebihan Aki Kering

Setelah mengetahui harga aki GS Astra tipe aki kering, mari kita ketahui tentang kelebihan aki kering dibandingkan dengan aki basah.

Memiliki istilah lain MF (maintenance free), aki kering memang bisa dibilang bebas perawatan dalam artian tidak perlu mengecek dan mengisi air aki secara berkala seperti pada aki basah. Sehingga cara membersihkan aki kering juga cukup dilap dengan kain kering.

Mengapa tidak perlu mengecek dan mengisi air aki? Karena aki kering menggunakan cairan berupa gel yang tidak mudah menguap. Pemasangan aki kering juga relatif lebih mudah dan cepat.

Maka dari itu, tidak heran harga aki GS Astra untuk tipe aki kering lebih mahal daripada harga aki basah.

Kelemahan Aki Kering

Meskipun lebih praktis dan minim perawatan, tetapi kenyataannya aki kering juga butuh perawatan. Apalagi jika aki lama disimpan atau jarang digunakan. Arus listrik yang tidak mengaliri aki dalam waktu lama akan membuat aki kering soak.

Hal ini terjadi karena sel aki sudah terendam cairan elektrolit langsung dari pabrik. Sel aki yang terlalu lama terendam akan menjadi terlalu basah karena tidak ada panas dari listrik. Ditambah lagi ada faktor cuaca dan oksidasi yang mengakibatkan endapan residu pada sel aki. Maka dari itu tidak boleh dibiarkan tidak dipakai dalam waktu lama.

Selain itu, aki kering juga tidak disarankan diperbaiki. Usia penggunaannya cukup singkat, hanya sekitar 2 tahun. Jika sudah 2 tahun, harus ganti aki baru.
Itu tadi informasi tentang harga aki GS Astra serta kelebihan dan kelemahan aki kering. Temukan harga aki terbaik pada aplikasi Otoklix. Dapatkan pula reward-nya berupa OtoPoints kalau kamu melakukan perawatan aki via Otoklix.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *