Mobil pick up kerap dipakai untuk membawa beban berat. Agar tetap aman dan nyaman saat dikendarai, maka pemilihan komponen ban perlu diperhatikan. 

Pasalnya, beda ban yang dipilih, beda pula hasilnya jika mengacu pada performa kendaraan. Namun, harus diakui bahwa memilih ban yang cocok untuk mobil pick up bukan perkara mudah. 

Untuk itu, penting bagi setiap pemilik mobil muatan berat mengetahui jenis kendaraan yang dimiliki, ukuran velg-nya hingga cara memilih ban dengan tepat. Sebelum itu, berikut rekomendasi ban yang cocok untuk mobil pick up:

Rekomendasi Ban untuk Mobil Pick Up

  1. Goodyear Wrangler

Ban mobil ini dapat dikendarai dalam keadaan on-road (jalan biasa) maupun off-road (jalan kasar dan berat). Dirancang khusus untuk kendaraan 4×4 atau truk (pick up), sehingga terbilang tahan banting di medan jalan yang keras dan tidak rata. Meski demikian, ban Goodyear Wrangler mampu memberikan kenyamanan dan tidak bising saat dikendarai.

Selain itu, formula karet dengan campuran silika pada ban ini diklaim mampu memperpanjang umur pakainya hingga 20 persen yang artinya, ban tipe ini lebih awet. Ban ini tersedia dalam berbagai ukuran yakni:

  • P235/75 R15 108 T
  • P234/70 R16 106 T
  • P265/70 R16 111 T
  • 30×9.5 R15 109R
  • 31×10.5 R15 109R
  • 7.50 R16LT 114/112R

Harga ban Goodyear Wrangler dimulai dari Rp450 ribu – Rp3,3 juta

  1. Dunlop LT5

Ban mobil satu ini dirancang khusus untuk kendaraan angkutan barang. Formula karet dan teknologi konstruksi Dunlop LT5 diklaim mampu membuat ban ini berumur panjang dari kompetitor di kelasnya. 

Berikut ukuran ban yang tersedia untuk merek dan tipe ini:

  • 185 R14 8PR
  • 195 R14 8PR
  • 165 R13 8PR
  • 175 R13 8PR

Harga: Rp459 ribu – Rp1,15 juta

  1. GT Champiro Eco

Ban mobil merek dan tipe ini dibekali kelebihan menjaga keselamatan berkendara, hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan. Tekanan angin pada GT Champiro Eco lebih tahan lama, sehingga membuat kontrol dan pengereman lebih mantap. Daya cengkramnya pun kuat baik di jalan basah maupun kering.

Alur ban yang dibuat simetris membuatnya nyaman dikendarai dan efektif menepis air saat melewati jalanan basah, serta dapat mencegah terjadinya aquaplaning. Selain itu, ban ini sangat baik dalam menekan suara yang timbul sehingga menjadikan ban ini tidak bising. 

Untuk ukurannya, tersedia hingga 32 macam dari R12-R16 dengan banderol harga Rp335 ribu – Rp945 ribuan.

  1. Forceum Digon LT

Forceum Digon LT adalah ban all-season yang dibuat khusus untuk truk dan van ringan. Alur ban ini dirancang agar kenyamanan berkendara tetap terjaga dan memiliki cengkraman yang sangat baik. Selain itu, ban ini juga memiliki stabilitas dan respons kemudi yang cepat.

Tersedia dari 3 ukuran sebagai berikut:

  • 175 R13C
  • 195 R14C
  • 195 R15C

Harganya Rp505 ribu – Rp849 ribu

  1. Accelera Ultra 5

Ban yang cocok untuk mobi pick up berikutnya adalah Accelera Ultra 5. Spesifikasinya memiliki dua lekukan lebar yang dikombinasikan dengan bulir tengah yang lebih kecil sehingga efektif dalam mengalirkan air dan mencegah aquaplaning

Tak hanya itu, ban ini juga cocok dipakai di medan on-road maupun off-road, dalam kondisi kering maupun basah. Sehingga, mampu memberikan kenyamanan saat berkendara dan stabil jika harus belok di tikungan.

Tipe ban ini tersedia dengan ukuran sebagai berikut: 

  • 205/75 R14
  • 175 R13 C 8PR

Harganya Rp484 ribu – Rp575 ribu

  1. Michelin Agilis

Ban ini lebih kuat dibawa berkendara jarak jauh dan lebih awet. Ban yang cocok untuk mobil pick up ini dibekali teknologi ‘Durable Contact Patch’ (DCP). Kelebihannya, punya daya cengkram yang baik. Komponen kendaraan ini juga dirancang dengan pelindung dinding samping yang lebih tebal sehingga lebih aman. Selain itu, harga ban Michelin Agilis juga sangat terjangkau

Berikut ukuran yang tersedia:

  • LT165R13
  • 185R14C 102/100R

Harga: Rp960 ribu – Rp1,126 juta

Tips Memilih Ban yang Cocok untuk Mobil Pick Up

Setelah mengulas berbagai jenis ban yang cocok untuk mobil pick up, jangan lupa untuk mengetahui tips memilih ban yang baik. Langkah ini perlu dilakukan supaya terhindar dari tindak penipuan. Berikut adalah tips memilih ban yang cocok untuk mobil pick up:

  1. Kenali Jenis Ban

Tips pertama memilih ban mobil yang cocok untuk pick up adalah dengan mengenali jenis ban itu sendiri. Perlu diketahui bahwa setidaknya ada 4 jenis ban kendaraan, antara lain:

  • Tubeless memiliki kelebihan lebih tahan udara, tidak mudah kempes sekalipun tidak memakai ban dalam.  
  • Bias yang punya konstruksi berpola zig-zag dan bertapak tebal, memiliki bobot yang ringan. Cocok untuk kendaraan penumpang. 
  • Radial biasanya berpola searah, sehingga cocok dipakai pada kendaraan yang membawa penumpang maupun pada truk bermuatan ringan. 
  • Run Flat Tyre (RFT) adalah ban yang bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun dalam keadaan kempes. 

Dari keempat jenis ban di atas, yang paling umum digunakan pada mobil pick up adalah ban radial karena cocok untuk membawa muatan berat.

  1. Sesuaikan Ukuran Ban dengan Bawaannya

Setiap ban punya ukurannya masing-masing. Untuk mengganti ban, langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mencocokkan ban baru dengan ban bawaan. Nah, ukuran ban bawaan biasanya sudah tertera di dinding samping ban itu sendiri yang dicetak dalam bentuk paduan huruf dan angka. Contoh,  LT315/70R17 121/118 O. Berikut artinya:

  • LT (light truck) menunjukkan jenis kendaraan yang cocok dengan ban tersebut 
  • 315 adalah lebar ban dalam milimeter
  • 70 adalah rasio tinggi dinding samping ban terhadap lebarnya: 315 x 70 persen = tinggi dinding samping 220,5 mm
  • R menunjukkan radial
  • 17 adalah ukuran pelek dalam inci
  • 121 adalah load rating, 
  • 118 adalah indeks beban jika ban digunakan untuk pengaturan ganda
  • O adalah indeks kecepatan yang terdaftar sebagai huruf, bukan angka
  1. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah soal kebutuhan kendaraan masing-masing. Sebab, setiap ban memiliki bentuk tapak yang berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut macam-macam tapak ban dan fungsinya:

  • HT (highway terrain): Ban HT dirancang khusus untuk jalan beraspal. Mereka memiliki kedalaman tapak yang dangkal dan sangat sedikit atau bahkan tidak ada penghalang bahu dan dinding samping sama sekali. Ban HT biasanya hemat bahan bakar dan tidak berisik. Sebab, mereka tidak menimbulkan traksi tinggi saat melewati medan off-road. Biasanya, ban ini yang paling hemat biayanya karena memiliki harga beli yang lebih rendah, tapi dapat bertahan lebih lama daripada jenis ban truk lainnya.
  • AT (all terrain): Ban AT sesuai dengan namanya, dirancang tahan banting di berbagai kondisi jalan. Ban AT memiliki kedalaman tapak yang lebih dalam dan penahan bahu dan dinding samping yang signifikan. Tapak memiliki ruang atau rongga yang lebih besar daripada HT untuk memungkinkan lumpur keluar sendiri dari ban. Jika pick up kamu kerap melewati hutan atau jalur penebangan, maka ban AT akan menjadi pilihan yang baik. Ban AT sedikit lebih keras dari ban HT. Sayangnya, jarak tempuh yang bisa dilalui ban tidak sebaik ban HT. Harga ban AT lebih mahal daripada ban HT, tetapi memberikan performa menyeluruh yang lebih baik dalam cuaca buruk terutama di jalan tanah atau berkerikil.
  • MT (mud terrain): Ban MT dibuat untuk penggunaan di medan off-road. Ban ini memiliki kedalaman tapak terdalam dan blok bahu terbesar. Mereka juga memiliki rongga yang lebih besar, memungkinkan untuk membawa kendaraan melewati rintangan yang lebih berat dari yang bisa dilewati AT. Ban MT berisik, berat dan mengurangi jarak tempuh. Kedalaman tapak yang lebih dalam membuatnya lebih rentan terhadap keausan yang tidak merata. Maka tak heran, ban MT biasanya akan lebih mahal daripada ban AT.
  • HP (performa tinggi): Ban HP dirancang khusus untuk penggunaan di jalan dan untuk yang sering menggunakan kecepatan tinggi. Ban ini memiliki kedalaman tapak yang dangkal dan karet yang lebih lengket, yang membuat cengkeramannya sangat baik. Umumnya mereka tidak bisa menembuh jarak tempuh sebaik ban HT. Meskipun ada ban HP yang dirancang untuk jalanan basah atau musim hujan, sebagian besar tidak berfungsi dengan baik dalam kondisi tersebut seperti ban non performa.
  • UHP (kinerja ultra-tinggi): Ban UHP mirip dengan ban HP, tetapi dengan peringkat kecepatan yang lebih tinggi. Ban ini memberikan kinerja traksi yang lebih baik daripada ban HP. Serta memiliki negatif yang sama dengan ban HP, tetapi pada tingkat yang lebih besar dan harganya lebih mahal.

Nah, demikian seputar ban yang cocok untuk mobil pick up. Bila masih ragu dalam memilih ban baru untuk pick up kamu, kunjungi bengkel terdekat dan konsultasikan dengan ahlinya di sana. 

Kini kamu bisa menemukan bengkel terdekat dengan aplikasi Otoklix. Tak cuma itu, di aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan booking service sekaligus mengecek harga service-nya. Jadi, tidak perlu was was bakal kekurangan uang saat sampai di bengkel.