Mobil segmen SUV cukup digandrungi banyak orang. Selain karena bodinya yang sporti dan kekar, SUV mampu diandalkan baik di jalan mulus maupun rusak. 

Salah satu SUV bisa menjadi pilihan OtoFriends yang lagi cari-cari mobil bekas adalah Ford Ecosport. Meski bukan mobil baru, Ecosport memiliki spesifikasi mumpuni dan fitur canggih seperti sunroof. 

Simak pembahasan lengkap berikut ini mulai dari spesifikasi, jenis, kelebihan hingga harga Ford Ecosport bekas. 

Baca Juga: Spesifikasi Ford Ranger Raptor 2022, Makin Sangar!

Spesifikasi Ford Ecosport

Ford Ecosport memiliki konsep yang modern dengan dimensi mungil tapi tetap gagah. Mobil ini memiliki panjang 4.017 mm dengan lebar 1.765 mm. Adapun tingginya 1.650 mm dengan wheelbase 1.524 mm. 

Tampilan gagah dari mobil ini semakin lengkap berkat velg 16 inci Alloy (Titanium) dan ban berukuran 205/60 R16 (Titanium). Pada bagian lampu depan dilengkapi dengan LED Light. 

Beralih ke bagian mesin, Ford Ecosport ini dibekali dengan mesin 1.5L 4 cylinder DOHC 16V yang terkenal cukup irit pemakaian bahan bakarnya dengan pilihan manual dan automatic. 

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 110hp. Sedangkan daya tampung tangkinya bisa mencapai 52 Liter. Mobil ini menggunakan system Electric Power Assist dengan radius putar 677mm.

Pada bagian interiornya, Ford Ecosport mampu menampung hingga lima penumpang. Pada dashboard mobil, terdapat head unit dengan teknologi Ford SYNC untuk memilih frekuensi radio, mengangkat telepon, membalas SMS, dan lain sebagainya yang dapat disambungkan ke ponsel.

Pada bagian setir mobil, terdapat banyak tombol untuk memutar audio. Selain itu, setir ini juga sudah dilengkapi fitur Tilt and Telescopic untuk menyesuaikan setir dengan posisi tubuh pengemudi. 

Fitur keselamatannya pun cukup lengkap. Ada dual airbags di bagian depan dengan sistem rem anti lock braking (ABS) yang dapat meminimalisir cedera apabila kecelakaan. 

Pada tipe Ford Ecosport Titanium, terdapat fitur tambahan berupa keyless dan sensor parkir. Namun, seluruh tipe sudah dilengkapi teknologi immobilizer dan sabuk pengaman sehingga kian menambah poin keselamatan berkendara. 

Canggihnya Ford Ecosport juga sudah memiliki teknologi hill launch assist yang dapat menjaga kestabilan mobil saat melewati jalan terjal. 

Adapun fitur lainnya yang dilengkapi, ada Traction Control, Follow me Home, height adjuster, panoramic sunroof, dan Electronic Stability Program untuk pengendaraan mobil yang lebih baik.

Jika sudah tertarik dengan spesifikasi dan fitur dari Ford Ecosport, berikut jenis serta warna Ford Ecosport yang bisa OtoFriends pilih.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Bekas Ford Fiesta, Si Mungil Lincah!

Jenis dan Warna Ford Ecosport

Mobil ini memiliki lima varian jenis serta warna berbeda, terdiri atas transmisi manual maupun otomatis. 

– Ambiente 1.5L MT (Manual Transmission)

– Trend 1.5L MT (Manual Transmission)

– Trend 1.5L AT (Automatic Transmission)

– Titanium 1.5L MT (Manual Transmission)

– Titanium 1.5L AT (Automatic Transmission)

Sementara pilihan warnanya cukup beragam. Berikut pilihannya.

– Orange

– Candy Red

– Frozen White

– Ingot Silver

– Panther Black

– Winning Blue

– Lunar Sky 

Tentunya, berbagai spesifikasi, fitur, serta jenis yang berbeda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya. 

Kelebihan Ford Ecosport

1. Harga Terjangkau

Salah satu keutamaan Ford Ecosport adalah harga bekasnya yang terjangkau. Dilengkapi berbagai fitur canggih apalagi ditambah kehadiran sunroof, harga Ford Ecosport bekas mulai dari Rp100 jutaan saja. 

2. Desain Compact 

Jika ingin mobil yang gagah dan compact tapi tidak besar, Ford Ecosport adalah pilihan tepat. Dimensinya yang tak terlalu besar ideal untuk menjadi kendaraan andalan di perkotaan. 

3. Fitur Lengkap

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan mobil yang mendukung keamanan ketika berkendara, seperti airbag, rem ABS dan lainnya. 

Fitur untuk melengkapi kenyamanan berkendara pun lengkap, seperti keyless, tilt and telescopic pada kemudi mobil, serta  sunroof pada bagian atap.

4. Irit BBM

Betul, Ford Ecosport tergolong SUV yang efisien dibandingkan mobil sekelasnya. Ini menjadi nilai ungguh dari Ecosport sehingga cocok menjadi kendaraan harian. 

Di sisi kelebihan yang melengkapi Ford Ecosport, ada pula kekurangannya. Kenali kekurangan Ford Ecosport berikut ini untuk menjadi pertimbangan saat ingin membelinya. 

Baca Juga: Spesifikasi Ford Everest 2022, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Ford Ecosport

1. Bagasi Sempit

Sebagai SUV yang memiliki dimensi tak terlalu besar, ternyata ini menjadi salah satu kekurangan Ecosport. Bagi OtoFriends yang suka keluar kota menggunakan mobil bersama keluarga, tampaknya Ecosport bukan pilihan yang tepat. 

Bagasi Ford Ecosport terbilang kecil sehingga tak memuat banyak barang. Jadi, barang bawaan terpaksa ditempatkan di kabin dan mengganggu kenyamanan penumpang. 

2. Masalah Transmisi

Kekurangan lainnya dari Ford Ecosport adalah masalah transmisi dual clucth-nya. Ketika dipakai jalan mobil suka getar di tarikan awal.

Getaran ini akan semakin terasa dan membuat pengemudi tak akan nyaman saat mengendarainya. Sayangnya, penyakit ini tak bisa dihilangkan atau diganti dengan komponen apa pun. 

Meski demikian, masalah transmisi dapat dikurangi getarannya. Bagian Transmission Control Module (TCM) bisa diatur ulang sehingga getaran dapat diminimalisir. 

Jika sudah cukup mengetahui tentang Ford Ecosport, selanjutnya OtoFriends bisa mempertimbangkan harga bekasnya dari SUV ini. 

Harga Ford Ecosport

Tipe Ford EcosportHarga
Ambiente 1.5L MT (Manual Transmission)Rp127 jutaan
Trend 1.5L MT (Manual Transmission) Rp115 jutaan
Trend 1.5L AT (Automatic Transmission) Rp120 jutaan
Titanium 1.5L MT (Manual Transmission) Rp130 jutaan
Titanium 1.5L AT (Automatic Transmission)Rp132 jutaan

Jika keputusan sudah matang untuk membeli Ford Ecosport, selanjutnya jangan lupa untuk melakukan service rutin tiap bulan di bengkel kesayangan. Bengkel terpercaya dapat ditemukan dengan mudah melalui aplikasi Otoklix. 

Nikmati fitur booking online yang dapat OtoFriends gunakan untuk menghemat waktu saat ingin service mobil. Unduh aplikasi Otoklix sekarang secara gratis di Android Play Store atau iOS App Store. 

Pertanyaan Seputar Ford Ecosport

Salah satu SUV bisa menjadi pilihan OtoFriends yang lagi cari-cari mobil bekas adalah Ford Ecosport. Meski bukan mobil baru, Ecosport memiliki spesifikasi mumpuni dan fitur canggih seperti sunroof.

Kekurangan lainnya dari Ford Ecosport adalah masalah transmisi dual clutch-nya. Ketika dipakai jalan mobil suka getar di tarikan awal.

Ford Ecosport memiliki konsep yang modern dengan dimensi mungil tapi tetap gagah. Mobil ini memiliki panjang 4.017 mm dengan lebar 1.765 mm. Adapun tingginya 1.650 mm dengan wheelbase 1.524 mm.