Di tengah berbagai varian motor listrik, banyak masyarakat yang ternyata lebih membutuhkan motor listrik sederhana sebagai sarana mobilitas. Misalnya, bagi ibu-ibu yang keperluannya hanya untuk mengantar anak sekolah dengan jarak dekat.

Berikut ini adalah beberapa pilihan motor listrik sederhana dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, ada yang masih di bawah Rp10 jutaan. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Daftar Motor Listrik Sederhana dan Harganya

1. Viar New Q1 (Rp18 juta)

Rekomendasi pertama adalah dari Viar dengan tipe New Q1. Tipe ini adalah salah satu motor terlaris dari Viar. Mesinnya dibekali dengan dinamo 800 Watt dengan kecepatan tertinggi 60 km/jam. Motor ini bisa menahan beban sampai dengan 120 kg.

Mengenai jarak maksimal, motor ini bisa mencapai 60 km. Bagi OtoFriends yang mau punya motor ini, harganya sekitar Rp18 jutaan.

2. Quest Atom Alpha (Rp17,5 juta)

Motor kedua sedikit lebih murah daripada Viar New Q1, yaitu dibanderol seharga Rp17,5 jutaan. Motor ini punya bodi yang mungil serta minimalis. Namun, desainnya cukup nyentrik. Motor ini dibekali dengan baterai lithium-ion. 

Bicara mengenai fitur, motor ini sudah cukup canggih. Speedometer-nya sudah digital dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan NFC tap card. Hanya saja, kecepatan maksimum motor ini hanya 40 km/jam dengan jarak tempuh 24 km saja.

3. Rakata S9 (Rp17 juta)

Motor listrik dari Rakata ini disebut motor listrik sederhana karena punya desain yang simple. Akan tetapi, performanya cukup mumpuni. Yaitu dengan baterai 60V/20Ah, motor ini bisa melaju sampai dengan 49 km/jam. Jarak tempuh maksimal dalam sekali pengecasan bisa mencapai 60 km. Harga motor listrik sederhana ini berkisar Rp17 jutaan.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

4. BF Goodrich BF-Small S (Rp14,8 juta)

Rekomendasi motor listrik sederhana berikutnya adalah BF Goodrich BF-Small S. Desain motor ini cocok dipakai oleh wanita maupun pria. Apalagi bentuknya yang mungil, cocok untuk merayap di jalan perkotaan. Menariknya, di bagian belakang motor ini terdapat bagasi tambahan yang mempermanis tampilannya.

Daya motor listrik sederhana ini sebenarnya cukup besar. Yaitu 1.000 Watt. Akan tetapi, kecepatan maksimalnya hanya 55 km/jam dengan jarak tempuh maksimal sampai 50 km. harganya sekitar Rp14,8 jutaan.

5. NIU Gova 3 Lite (Rp12,5 juta)

Seperti namanya, NIU Gova 3 Lite termasuk ke dalam jajaran motor listrik sederhana. Desainnya keren, terlihat elegan yang tidak terlalu banyak aksesoris. Motor ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.

Sementara itu jarak tempuh maksimalnya adalah 60 km. Dengan spesifikasi seperti ini, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp12,5 jutaan.

6. Elvindo Shinta (Rp10 juta)

Kali ini kita bakal membahas motor listrik sederhana dengan harga hanya Rp10 juta. Motor ini berasal dari Elvindo Shinta. Desainnya didominasi dengan warna-warna cerita, sehingga lebih cocok digunakan oleh perempuan.

Baterai motor ini berkapasitas 60V/20Ah. Berbekal baterai tersebut, motor ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan jarak tempuh maksimalnya juga 60 km. Cocok untuk digunakan untuk berangkat dan pulang kantor atau untuk aktivitas ringan lainnya.

7. Exotic Sterrato (Rp9,2 juta)

Rekomendasi motor listrik sederhana terakhir dan paling murah adalah Exotic Sterrato. Merek ini sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Dimensinya mungil dengan desain yang sederhana. 

Motor ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Jarak tempuhnya juga cukup jauh, yaitu 80 km. Dengan kemampuan ini, harga Exotic Sterrato terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp9,2 jutaan saja.

Itu dia 7 rekomendasi motor listrik sederhana yang bisa menjadi pilihan OtoFriends. Selanjutnya kita bakal bahas tentang keuntungan pakai motor listrik.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Bajaj Qute, Mobil Mungil Seharga Motor

4 Keuntungan Pakai Motor Listrik

Ada sejumlah keuntungan menggunakan motor listrik. Mulai dari ramah lingkungan sampai dengan irit.

1. Ramah lingkungan

Memakai motor listrik dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Mesin motor listrik tidak menghasilkan gas emisi dan karbon monoksida. Emisi ini bisa dihasilkan dari motor yang berbahan bakar bensin. Sehingga bisa mencemari udara dan berbahaya jika terlalu banyak dihirup manusia. Jadi, memakai motor listrik sederhana bisa jadi inovasi untuk masa depan.

2. Suara mesin halus

Motor dengan mesin listrik cenderung punya suara yang lebih halus. Sehingga, tidak mengganggu telinga. Apalagi jika melintasi kawasan permukiman atau gang-gang sempit. Orang-orang di sekitar pun lebih nyaman karena motor listrik ini tidak bising.

3. Biaya perawatan lebih murah

Aspek ini sangat penting bagi sebagian orang. Komponen motor listrik lebih sederhana dibandingkan dengan motor konvensional. Sehingga biaya perawatannya juga lebih murah. Kita bisa menghemat biaya untuk perawatan motor listrik.

Perawatan motor listrik hanya meliputi ganti baterai dan servis berkala. Servis berkala ini meliputi ganti rem, mengecek kondisi mesin serta ban.

4. Hemat biaya akomodasi

Selain biaya perawatan yang murah, biaya akomodasi kalau memakai motor listrik juga lebih hemat. Jika digunakan dalam jangka panjang, penghematan ini bisa terasa karena kita tidak perlu lagi membeli BBM. 

Bahkan, tingkat efisiensi motor listrik diklaim bisa mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan motor biasa. Kalau motor biasa punya tingkat efisiensi sebesar 30%, maka motor listrik bisa lebih efisien sebesar 90%.

Baca juga: Biaya Service Dinamo Ampere Mobil dan Cara Perbaikan

Cara Sederhana Merawat Motor Listrik

Untuk mengoptimalkan sejumlah keuntungan di atas, kita merawat motor listrik ini. Menurut pengguna motor listrik, perawatannya lebih sederhana dibandingkan dengan motor konvensional.

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh OtoFriends adalah memeriksa dan melakukan penggantian van belt. Fungsi dari komponen ini adalah menyalurkan tenaga ke roda belakang. Umumnya usia pakai van belt adalah sekitar 3.000 km.

Kedua, ketika menggunakan motor listrik, upayakan untuk tidak menerobos banjir. Meskipun motor listrik sebenarnya sudah dirancang untuk tetap aman meskipun terendam lain, tetapi efeknya bisa sama seperti motor konvensional. Yaitu, komponen-komponen pada motor listrik bisa berkarat atau korosif kalau terlalu sering terkena air. Jadi, sebaiknya jaga komponen motor tetap kering.

Cara merawat motor listrik sederhana yang ketiga adalah mencabut baterai kalau tidak dipakai dalam waktu yang lama. Tujuan pencabutan baterai ini supaya tidak terjadi self discharge. Cara ini juga bisa memperpanjang usia pakai.

Demikian informasi rekomendasi pilihan motor listrik sederhana, keuntungan pakai motor listrik, serta cara merawat motor listrik.

Otoklix kini tidak hanya melayani servis mobil, tetapi juga sudah bisa melakukan perawatan motor listrik. Terutama untuk motor listrik Segway yang sudah bekerja sama secara resmi sebagai layanan after sales bersama Otoklix. 

Kunjungi bengkel flagship Otoklix Plus Simprug, Otoklix Plus Depok, maupun bengkel Otoklix yang tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek untuk mendapatkan layanan servis motor listrik. Cek kondisi ban, rem, dan servis berkalanya.

Pertanyaan Seputar Motor Listrik Sederhana

Beberapa keuntungan memakai motor listrik adalah ramah lingkungan, suara mesin halus, biaya perawatan lebih hemat, serta irit biaya akomodasi.

Harga motor listrik sederhana di Indonesia dibanderol mulai harga Rp9 jutaan (Exotic Sterrato), sampai dengan Viar New Q1 dengan harga Rp18 jutaan.

Saat ini banyak merek motor listrik yang tersebar di Indonesia. Di antaranya ada Viar, Rakata, Exotic, Selis, Gesits, Volta, hingga tidak ketinggalan Segwey.