Selain Eropa dan Amerika Serikat, mobil Jepang memiliki pangsa pasar yang cukup besar di tanah air. Kita sering mendapati mobil-mobil Jepang berseliweran di jalan raya. Sebut saja merek Toyota, Honda, dan Daihatsu.

Selain ketiga merek tersebut, merek-merek ini juga merupakan mobil produksi Jepang. Mari kita simak ulasannya.

1. Mitsubishi

Kamu pasti sudah tidak asing dengan perusahaan mobil Jepang dengan logo tiga berlian merah. Perusahaan mobil ini didirikan oleh Yataro Iwasaki dan bermarkas di Tokyo. Sebagian besar saham perusahaan ini dimiliki oleh Nissan Motors. Mitsubishi juga telah memiliki pabrik di beberapa negara, yaitu Filipina, Rusia, Thailand, dan tentu saja Indonesia.

Beberapa mobil Jepang yang sudah terbukti kualitasnya adalah Pajero Sport, Outlander Sport, Mirage, Triton, dan lainnya. Kenyamanan suspensi dan fitur canggih menjadi alasan Mitsubishi digemari. Termasuk juga salah satu MPV yang menjadi primadona adalah XPander.

2. Honda

Honda juga merupakan salah satu merek mobil Jepang yang sudah terbukti tangguh secara mesin. Selain mobil penumpang, Honda juga memproduksi truk, sepeda motor, skuter, ATV, sampai kepada generator listrik, peralatan taman, dan mesin kelautan.

Honda telah berdiri sejak tahun 1959 dan menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia. Mobil produksi Honda telah dikenal memiliki daya tahan tinggi dari kerusakan. Beberapa jajaran mobil Honda yang menjadi favorit adalah jenis hatchback, MPV, dan SUV seperti Civic, Accord, CR-V, BR-V, Brio, Mobilio, dan lainnya.

Salah satu mobil tercepat Honda adalah Honda NSX yang bisa menyaingi supercar seperti Ferrari dengan mesin V8, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Kemudian, lahirlah Honda NSX dengan bodi alumunium dan mesin V6 berkapasitas 3.0 liter dengan daya 270 tenaga kuda. Bahkan saat itu kehadiran Honda NSX dianggap melebihi Ferrari atau Lamborghini.

3. Lexus

Mobil Jepang yang memiliki banyak peminat berikutnya adalah Lexus. Merek mobil mewah ini digunakan oleh Toyota Motor Corporation untuk dipasarkan ke Amerika Utara, Eropa, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, dan Asia (di Jepang pada 2005).

Lexus dapat bersanding dengan Audi, BMW, Jaguar, dan Mercedes-Benz. Beberapa model mobil Lexus sedan, SUV, hybrid, dan juga memiliki model flagship yang merupakan model teratas. Beberapa tipe mobil Lexus adalah Lexus IS, Lexus ES, Lexus RX, Lexus GX.

4. Suzuki

Suzuki juga menjadi salah satu mobil Jepang yang paling banyak diminati, terutama pada kategori city car dan MPV. Kamu pasti sering berpapasan dengan Karimun Wagon R, Ignis, dan Ertiga di jalan raya. Suzuki juga memiliki harga yang stabil untuk beberapa model.

5. Nissan

Menjadi salah satu produsen mobil terbesar, Nissan telah berada pada 10 mobil dengan mesin terbaik versi Ward’s selama belasan tahun. Kamu juga pasti sering menemukan mobil Nissan March, Juke, Terano, Grand Livina, Serena, dan banyak lagi tipe mobil lainnya.

6. Daihatsu

Daihatsu Xenia, Ayla, Sigra, sampai dengan Grand Max juga pasti sering kamu temui di jalan. Merek mobil Jepang ini memiliki ciri khas sebagai produsen mobil dengan desain kompak/kecil.

Daihatsu termasuk anak perusahaan Toyota. Tipe mobil penumpang mencapai peringkat penjualan yang tinggi seperti Daihatsu Xenia, Sigra, Ayla. Perawatan mobil ini juga tergolong mudah karena bengkel resmi maupun bengkel umum mampu menangani perbaikan dan perawatan mobil Daihatsu.

7. Subaru

Pernahkah kamu mendengar merek mobil Jepang Subaru? Cikal bakal Subaru sudah berdiri tahun 1917 yang merupakan Aircraft Research Laboratory. Pada 1955, Subaru baru memasuki industri otomotif.

Keunikan Subaru adalah asal namanya yang berarti gugus bintang Pleiades pada rasi bintang Taurus dalam bahasa Jepang. Keunikan lainnya adalah mobil Subaru menggunakan sistem Symmetrical All Wheel Drive yang membuat mobil aman dikendarai pada segala medan.

Salah satu prestasi SUbaru adalah memproduksi Subaru Impreza 22B Sti yang merupakan salah satu mobil dengan mesin tercepat setara daya 276 kuda. Mobil ini diklaim dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik saja.

8. Acura

Acura juga termasuk bagian dari divisi mobil mewah Honda. Mobil ini juga telah menembus pasar mobil mewah luar negeri.

9. Mazda

Perusahaan Mazda sebenarnya sudah berdiri sejak 1920 di Hiroshima.  Kemudian pada sekitar 2014-an, Mazda telah bekerja sama dengan Toyota dan Isuzu. Kini Mazda juga masuk jajaran mobil mewah bersaing dengan mobil-mobil Eropa seperti Mazda CX-5, Mazda VX-1, CX-3, dan banyak lainnya.

Salah satu mobil sport keluaran Mazda adalah MX5 yang memiliki daya sekitar 276 tenaga kuda.

10. Toyota

Mobil Jepang terakhir yang akan kita bahas adalah Toyota. Toyota telah berhasil meraih gelar pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Sebut saja Toyota Fortuner, Land Cruiser, Camry, Alphard, dan kainnya.

Toyota juga telah terbukti ketangguhannya dan perawatan yang relatif mudah. Tipe mobil Toyota yang paling laris di pasaran adalah Avanza, Fortuner, Innova, Cayla, dan Agya.

Di antara 10 pilihan di atas, mobil Jepang mana yang wajib kamu beli? Sekadar informasi, bengkel-bengkel Indonesia biasanya bisa menangani berbagai permasalahan mobil Jepang. 
Maka dari itu, ayo lakukan service rutin melalui aplikasi Otoklix. Di platform Otoklix, kamu bisa mencari bengkel terdekat serta yang bermitra dengan Otoklix untuk melakukan servis seperti ganti oli, ganti ban, ganti aki, hingga cuci mobil dan detailing.