Persaingan di pasar otomotif semakin pesat seiring minat yang terus tumbuh setiap tahunnya. Apalagi selera konsumen pun semakin tinggi saja. Maka dari itu tak heran, ada saja mobil-mobil dengan teknologi tercanggih, tampilan paling apik dengan harga selangit yang muncul di pasaran.

Buat kamu yang sedang berburu mobil yang paling keren di dunia, atau hanya sekadar penasaran, OtoCrew sudah menyiapkan daftar lengkapnya. Sebagai catatan, deretan mobil paling keren yang akan disebutkan di sini adalah daftar beberapa mobil yang hadir di  pameran teknologi dunia Consumer Electronics Show (CES) 2022 awal Januari lalu. Adapun kategori terkeren sedunia sendiri terhadap 10 mobil di bawah ini dipilih oleh Forbes.

Berikut ulasan selengkapnya:

1. BMW iX M60

BMW iX M60 merupakan varian mobil listrik body SUV tercepat dan terkuat yang pernah dikeluarkan BMW. Tipe ini dirancang dengan tenaga maksimal hingga 610 hp/619 PS dan torsi maksimum 1.015 Nm (748 lb-ft) dalam mode Sport atau 1.100 Nm (811 lb-ft) dalam mode Launch Control.

Hasilnya, BMW ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam (62 mph) hanya dalam 3,8 detik dan bisa terus mencapai kecepatan tertinggi 250 km/jam (155 mph).

Selain itu, yang unik dari BMW tipe ini adalah tampilan eksteriornya yang bisa berubah warna mengikuti temperatur mobil. Fitur lain yang melengkapi adalah lampu depannya menggunakan Laser Light, di bagian interiornya ada Panoramic Sky Lounge LED Roof, di bagian dashboard pada BMW Love Cockpit Professional dengan panel 12.3 inci dan 14.9 inci, lengkap pula dengan 30 speaker Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System, serta Active Seat Ventilation pada jok depan dan kontrol iklim empat zona otomatis.

Mobil ini rencananya baru akan diluncurkan ke publik per Juni 2022 mendatang terutama di Amerika Serikat terlebih dahulu. Untuk harganya, diperkirakan bakal dipatok mulai US$105.100 atau sekitar Rp1,5 miliar. 

2. Chrysler Airflow

Bagi pecinta mobil Chrysler, mungkin tipe Vision Airflow ini sudah lama dinanti-nanti, bukan? Nah, akhirnya tipe satu ini muncul juga menjadi kendaraan baterai-listrik (BEV) pertama Chrysler. Tipe ini rencananya bakal jatuh tempo per 2025 mendatang, sekaligus sebagai wujud komitmen merek tersebut untuk fokus mengembangkan kendaraan BEV lainnya mulai 2028 nanti.

Dari segi desain, Airflow Concept mengusung tema elegan namun atletis. Mobil dibuat rendah, namun garis atapnya dibuat ramping, paduan dua warna, dan bernuansa muscle car

Pada bagian interior, Chrysler Airflow menghadirkan area lounge terbuka dan luas berkat atap panoramik. Kabin dilengkapi dengan pencahayaan fungsional dan ambient, serta joknya dibuat dari bahan kulit lembut yang bertumpu pada alas tumpuan. Semakin mewah dengan dipasangnya berbagai teknologi canggih yang terintegrasi mulus di kabin dalam bentuk patung kaca gelap. Tombol start/stop dirancang bertekstur kristal serta kontrol kemudi pun dibuat senyaman mungkin untuk pengemudinya.   

Tak hanya sedap dipandang, Chrysler Airflow juga serba canggih. Sebab, ada arsitektur perangkat lunak dan elektrik/elektronik (E/E) STLA Brain baru dan STLA SmartCockpit yang diintegrasikan di mobil tersebut untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas bagi pengemudi dan penumpang. Semua fitur di dalam mobil bisa diatur secara otomatis dan dipersonalisasikan dengan teknologi canggih tersebut, melengkapi gaya hidup digital konsumennya.

Setiap layar sentuh di dalam mobil yang dipasang perangkat lunak tersebut bisa dimanfaatkan untuk berselancar di internet, membuka aplikasi, bahkan sampai mengikuti online meeting. 

Dari segi mesin, mobil ini ditenagai 2 motor penggerak listrik 150 kW (201 hp), di depan dan di belakang. Serta ditenagai baterai yang dirancang untuk mencapai 350-400 mil (563-643 km) dengan sekali pengisian daya dan fast charging pula

3. Chevrolet Equinox EV

Chevrolet Equinox EV merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) listrik yang dipamerkan General Motors di gelaran CES 2022 lalu. Akan tetapi, mobil ini baru akan diluncurkan ke publik 2023 mendatang. Mobil ini akan dibangun dengan platform General Motor Ultium Scalable, yang merupakan arsitektur bergaya skateboard modular yang mana baterainya terletak di lantai mobil.

Dari segi eksterior, Chevy EV ini terlihat modern yang mengutamakan tampilan yang aerodinamis. Meski SUV masih identik dengan ground-clearance tinggi, untuk mobil satu ini dimensinya dibuat pipih dan lebar, seperti menempel ke jalan, dan roda yang dipasang berukuran lebih besar, sehingga membuatnya terlihat garang dan kokoh.

Dari segi interior, begitu pintu dibuka akan tampak layar sentuh berukuran hampir separuh lebar dasbor terpampang di sana, menguatkan kesan modern. Meski begitu, kabarnya harga mobil SUV listrik ini bakal cukup terjangkau yakni di kisaran Rp 400 jutaan. Padahal, rata-rata mobil EV termurah biasanya berada pada kisaran Rp 650 jutaan atau sekitar US$45 ribuan.

4. Chevrolet Silverado EV

Chevrolet satu ini merupakan pickup listrik. Pickup ini dari segi desain eksterior saja sudah mencolok dari pickup lainnya, tentunya lebih modern sekaligus lebih macho. Bagian paling mencolok adalah pada bagian belakang mobil, di mana bak terbukanya tampil lebih modern dan diklaim mampu mengangkut barang dengan panjang 2,743 mm. Bila kurang panjang, masih ada Multi-Flex Tailgate yang dapat diturunkan demi memberi tambahan ruang penyimpanan hingga menjadi 3.302 mm.

Dari segi interior, pickup listrik ini dilengkapi dengan instrument cluster digital 11 inci dan head unit 17 inci yang bergabung dengan atap kaca. Semakin modern lagi sebab joknya berbahan kulit dengan two-tone beraksen merah.

Sedangkan, dari segi performa, pickup listrik ini memiliki tenaga 510 hp (varian WT) hingga 664 hp (varian RST 1st Edition), lalu torsi 834 Nm hingga 1.056 Nm, serta mampu menempuh jarak hingga 644 km dalam sekali pengisian daya sampai penuh.

Soal harga, Chevrolet Silverado EV rencananya akan dipasarkan mulai dari 39.900 dolar AS atau sekitar Rp570 jutaan.

5. Mercedes-Benz Vision EQXX

Mobil yang paling keren selanjutnya adalah Mercedes-Benz Vision EQXX. Mobil ini mengusung konsep tenaga surya, sehingga jarak tempuhnya bisa mencapai 1.000 km atau lebih dari 620 mil untuk sekali pengisian daya. Dengan begitu, mobil listrik ini diklaim bahkan bisa digunakan untuk road trip.

Demi mendukung performa yang efisien, eksteriornya pun dirancang dengan tingkat aerodinamika tinggi, yakni memiliki drag coefficient hanya 0,17. Tampilannya   dibuat simpel dengan hood yang terkesan rendah dan lower grille yang lebar demi membantu mobil bisa menembus hambatan angin dengan mulus.

Ban yang dipasang pun juga dipilih yang paling menunjang efisiensi. Pabrikan asal Jerman ini memilih ban Bridgestone Turanza Eco yang terkenal ringan dan memiliki rolling resistance yang rendah. Lalu, sebagai pemanis tambahan, lampu depan mobil ini dibuat mengikuti konsep EQS, yang mana masing-masing headlight dihiasi bentuk bintang, ciri khas Mercedes-Benz.

6. Sony Vision-S SUV 02

Selanjutnya, Sony Vision-S 02 SUV yang merupakan mobil SUV listrik terbaru dari perusahaan elektronik asal Jepang. Dari segi desain eksterior, sepintas mirip dengan mobil Tesla Model Y. Namun, mobil ini tetap menonjolkan ciri khasnya sendiri yakni dari lampu depan LED yang dihubungkan dengan lightbar di kap mesin, serta bagian fascia-nya mirip model Vision S 01.

Untuk bagian interiornya, SUV listrik ini dibekali 3 layar besar yang melebar di dasbornya. Layar sentuh serupa juga dipasang di konsol tengah. Serta, hadir dengan 3 baris tempat duduk. Lalu, dari segi performa, Vision S 02 ini didukung sepasang motor listrik, masing-masing menghasilkan 268 dk dengan sistem penggerak all wheel drive.

7. Cadillac InnerSpace

Cadillac baru-baru ini memamerkan mobil otonom listrik mewah yang dinamai InnerSpace. Mobil ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing baru Tesla. Desainnya begitu futuristik sekaligus mewah. Hal itu bisa dilihat mulai dari tampilan eksterior hingga interiornya. Atapnya bisa dibuka, bangkunya pun dapat diputar ke luar. Bentuk bangkunya pun beda dari yang lain yaitu bangku pengemudi dan penumpangnya dibuat menyatu.

Suasana di dalam kabin pun begitu memukau, yang mana sudah tersedia seperti ruang tamu dengan layar LED besar yang membuat pengemudi dan penumpang nyaman berada di dalamnya. Tak hanya bikin nyaman, layar LED besar tersebut juga berguna untuk menggantikan setir saat mobil berjalan sendiri. Dasbornya pun dibuat minimalis tanpa instrumen panel dan dominan warna putih keabu-abuan, semakin mempertegas kesan mewah dan futuristik. Namun, mobil ini belum diproduksi apalagi tersedia di pasaran. Kabarnya baru akan dirilis per 2023 mendatang.

8. BMW iX Flow

Mobil satu ini tampaknya cocok buat kamu yang mudah bosan. Lantaran, pada mobil BMW iX Flow ini terdapat sebuah teknologi yang bisa membuat mobil berubah warna secara ekstrem, misal dari merah ke hitam atau dari biru ke warna lainnya.

Teknologi yang dimaksud disebut E Ink, seperti e-reader Amazon Kindle paperwhite namun berukuran mikrokapsul. E Ink ini dipasang sebagai pembungkus eksterior mobil, yang mana setiap kapsulnya diisi pigmen putih bermuatan negatif, dan pigmen hitam bermuatan positif. Kedua pigmen itu bisa terkumpul ke permukaan mikrokapsul oleh bantuan medan listrik. Teknologi itulah yang memungkinkan mobil tersebut bisa berubah warna.

9. Chevrolet Blazer EV

Satu lagi mobil yang paling keren yang tampaknya bakal diidam-idamkan para penggemar sport utility vehicle (SUV) yakni Chevrolet Blazer EV. Bukan sekadar SUV, mobil rakitan pabrikan Amerika Serikat itu adalah SUV listrik dengan emblem ‘SS’ alias mobil berperforma tinggi.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada penjelasan rinci terkait spesifikasi mobil ini. Namun, sedikit gambaran saja, oleh karena mobil ini menggunakan platform Ultium, maka diperkirakan crossover listrik tersebut bisa menjangkau jarak hingga 644 km. Mobil ini rencananya diluncurkan pada akhir tahun ini dan dipasarkan mulai 2023 mendatang. Untuk harganya, diperkirakan dijual sekitar Rp400 jutaan per unitnya.

10. VinFast VF5, VF6 and VF7

Tiga mobil yang paling keren ini adalah satu-satunya yang berasal dari produksi pabrikan Asia Tenggara, tepatnya Vietnam. Ketiganya merupakan mobil SUV listrik yang rencananya dirilis per 2023 mendatang. 

Meski bukan produksi Eropa, AS, atau Jepang, mobil nasional asal Vietnam ini sangat pantas dipertimbangkan. Dari segi desain saja, merek ini bekerja sama dengan rumah desain Italia, Pininfarina dan Torino Design, sehingga masing-masing mobil tersebut punya ciri khas masing-masing yang mudah untuk dibedakan. Namun, ketiganya tetap punya satu kesamaan dari segi tampilan yang dapat dilihat dari lampu DRL depan yang berbentuk sayang, membentang dari logo di tengah ke ujung lampu depan.

Sayangnya, merek ini juga belum mengungkap spesifikasi ketiga mobil tersebut. Namun, kabarnya bakal ada fitur otonomus yang melengkapi ketiga mobil SUV tersebut.

Nah, itu tadi 10 daftar mobil yang paling keren di dunia yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini. Kira-kira, OtoFriends sudah menentukan mobil incaran yang ingin dibeli, belum? 

Bila sudah, jangan ragu share di kolom komentar ya. Selain itu, OtoCrew ingin mengingatkan, jangan lupa lakukan perawatan rutin untuk mobil masing-masing ke bengkel terdekat ya. Kini, menemukan bengkel terdekat tidak perlu repot-repot keluar rumah dulu. Cukup unduh aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa menemukannya sekaligus melakukan booking untuk jasa servis seperti modifikasi interior mobil, membersihkan mesin mobil, ganti ban, dan banyak lagi.