Toyota Land Cruiser merupakan salah satu jenis mobil Toyota berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan spesifikasi mumpuni. Mobil yang tangguh di segala medan jalan ini berkapasitas delapan penumpang dan hadir dalam lima pilihan warna. Simak selengkapnya!

Spesifikasi Toyota Land Cruiser

1. Eksterior

Toyota Land Cruiser didesain minimalis dengan ornamen monokrom pada body mobil. Meskipun minimalis, mobil ini masih meninggalkan kesan sporty dan elegan di segala suasana. Ada lima warna yang bisa dipilih, yakni Attitude Black Mica, Gray Metallic, Silver Metallic, Super White, dan White Pearl Crystal Shine. Selain itu, Toyota Land Cruiser juga hadir dengan dimensi panjang 4,985 mm, lebar 1,980 mm, dan tinggi 1,668 mm, serta jarak poros roda (wheelbase) sepanjang 2,850 mm.

Di bagian belakang, mobil ini dilengkapi Rear Combination Lamp dengan desain 3D berbentuk trapesium. Selain itu, Toyota Land Cruiser juga dilengkapi velg alloy berukuran 18 inci tipe 285/65 dengan keamanan dan daya tahan yang tinggi. 

2. Interior

Ruang kemudi Toyota Land Cruiser dilengkapi Multi Terrain Monitor dengan sistem navigasi. Hal ini akan mempermudah OtoFriends berkendara di jalanan off road. Selain itu, terdapat Speedometer Combination dengan teknologi MID Advanced TFT Color.

Kemudian, Toyota Land Cruiser juga memiliki fitur Off Road Control Panel dengan sistem transmisi terbaik dan performa optimal. Perjalanan juga kian lancar dengan hadirnya fitur Engine Start/Stop Button dan Smart Key.

Pada dasbor terdapat fitur pengaturan AC serta heater untuk menyesuaikan tingkat suhu kabin. Fitur Rear Entertainment System dengan fitur dan audio visual juga akan menunjang kenyamanan penumpang. Selain itu, ruang kabin juga terbilang luas dengan kapasitas delapan penumpang.

Baca juga: Terbaik! 10 Mobil Offroad Murah Harga Dibawah 100 Juta

3. Performa mesin Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser memiliki mesin F33A-FTV, 6 Cylinder – V Type , 24-Valve DOHC dengan kapasitas 3,346 cc, serta dapat menghasilkan daya sebesar 305/4,000. Dengan kapasitas tangki 110 liter, torsi yang bisa dihasilkan sebesar maksimal 71.4 / 1,600 – 2,600. Selain itu, mobil ini juga bisa melewati medan offroad dengan jalanan menanjak.

Untuk menunjang keamanan di medan offroad, terdapat fitur The Turn Assist Function dan Crawl Control. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga hemat karena terdapat sistem 3rd Gen Commonrail with Twin Turbo.

Suspensi yang digunakan Toyota Land Cruiser adalah Double Wishbone di bagian depan dan 4-Link Coil Rigid with Lateral Rod di bagian belakang. Rem yang digunakan cakram berukuran 17 inci di bagian depan dan belakang.

4. Fitur keselamatan

Terkait keamanan, Toyota Land Cruiser dilengkapi fitur Dual, Side, and Curtain Shield Airbags. Fitur-fitur tersebut dapat melindungi dan meminimalisir cedera para penumpang bila terjadi kecelakaan. Selain itu, ada pula fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) yang memiliki sensor berupa indikator yang berkedip pada spion dan indikator bunyi. Kedua fitur itu bertujuan untuk menunjukkan sistem mendeteksi kendaraan lain yang mendekat ke arah mobil atau ketika sedang mundur untuk parkir.

Agar mobil tidak bergerak mundur saat di tanjakan, Toyota Land Cruiser dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) dan fitur Vehicle Stability Control (VSC) guna mendukung kendali penuh ketika menikung. Sistem pengereman juga stabil dengan adanya fitur Anti-Lock Braking System (ABS).

Untuk mendeteksi blind spot dan medan jalan, Toyota Land Cruiser dilengkapi kamera depan dan kamera 360 derajat. Dengan demikian, keamanan berkendara tetap terjaga.

Baca juga: Deretan 12 Mobil Offroad Keren dan Tangguh Buat Adventure

Harga Toyota Land Cruiser terbaru

Berikut daftar harga Toyota Land Cruiser. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Jenis mobilHarga
Land Cruiser 300 VX-R 4×4 A/T (Non Premium Color)Rp2,415 miliar
Land Cruiser 300 VX-R 4×4 A/T (Premium Color)Rp2,418 miliar
Land Cruiser 300 GR-S 4×4 A/T (Non Premium Color)Rp2,466 miliar
Land Cruiser 300 GR-S 4×4 A/T (Premium Color)Rp2,469 miliar

Keunggulan Toyota Land Cruiser

1. Mesin bertenaga

Mesin mobil Toyota Land Cruiser siap menempuh medan jalanan apa pun. Dibekali tenaga 232 Hp dan torsi 615 Nm, Toyota Land Cruiser dibekali tanki bahan bakar berkapasitas sampai 93 liter.

2. Kemampuan off road terbaik

Toyota Land Cruiser memiliki kemampuan off road terbaik pada jenis mobil SUV. Banyak fitur canggih yang dapat menunjang mobil dalam melewati medan offroad. Di antaranya Auto Crawl, Adaptive Variable Suspension, Multi Terrain System, hingga Multi Terrain Monitor. Selain itu, terdapat suspensi udara yang ketinggiannya dapat diatur secara elektris.

3. Memiliki fitur keselamatan ekstra

Toyota Land Cruiser dilengkapi sembilan titik kantung udara. Selain itu, terdapat sejumlah fitur keselamatan seperti rem ABS dan EBD, Brake Assist, Vehicle Stability Control hingga pengaturan posisi setir yang dapat diubah secara elektris.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil 4WD Terbaik dan paling Tangguh

Kelemahan Toyota Land Cruiser

1. Dimensi besar

Dimensi Toyota Land Cruiser termasuk besar karena panjangnya hampir mencapai 5 meter. Sementara itu, lebarnya tercatat 1.970 mm dan wheelbase mencapai 2.850 mm. Sehingga, mobil ini susah untuk melewati daerah yang sempit seperti pemukiman padat penduduk.

2. Fitur minim penggunaan

Beberapa fitur yang ada di Toyota Land Cruiser ini tidak dapat digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Misalnya, fitur pemanas di setir, kursi driver, hingga kursi penumpang. Fitur-fitur itu hanya cocok digunakan untuk medan di luar negeri.

3. Biaya perawatan fantastis

Karena harganya miliaran, tentu biaya perawatannya juga mahal. Saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km, dibutuhkan biaya service sebesar Rp1,3 juta. Sementara, biaya servis saat mobil menempuh jarak 50.000 km sekitar Rp2,8 juta.

Bila OtoFriends berminat dengan mobil Toyota Land Cruiser, jangan lupa untuk melakukan service rutin agar biaya perawatan tidak membengkak. OtoFriends dapat melakukan perawatan mobil di bengkel terdekat lewat booking online di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan seputar Toyota Land Cruiser

Harga mobil Toyota Land Cruiser beragam. Untuk tipe basic dibanderol mulai dari Rp2,4 miliar.

Toyota Land Cruiser adalah jenis mobil off-road atau Sport Utility Vehicle (SUV) yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation dari tahun 1951 hingga sekarang.

Land Cruiser VX80 memiliki mesin diesel 1HD-T berkapasitas 4200 cc 6-silinder segaris. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 162 hp pada putaran mesin 3600 rpm. Selain itu, torsi puncak mencapai 361 Nm pada putaran mesin 1400 rpm.