Penasaran dengan fitur canggih pada mobil Presiden Jokowi? Presiden adalah orang nomor satu, yang memegang kekuasaan tertinggi pada sebuah negara, jadi pasti butuh pengamanan ketat dan juga perlu kendaraan yang menunjang pekerjaannya.

Salah satu mobil dinas Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard menggantikan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang sebelumnya merupakan warisan dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Dilihat dari eksteriornya saja kita sudah bisa menebak, mobil ini pasti memiliki fitur yang canggih dan mewah. Desain grille mewah khas Mercy dipadukan dengan lampu depan LED High Performance.

Mau tahu fitur canggih dan ketangguhan mobil Presiden Jokowi ini?

Mesin Tangguh

Mercedes-Benz S600 Guard memiliki performa yang tinggi. Dibekali mesin bensin V12, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 210 km/jam. Tenaga pada mesin V12 ini adalah 530 tenaga kuda dengan 12 silinder. Torsi pada mesin V12 mencapai 830 Nm. Mobil ini menggunakan sistem transmisi otomatis 7G-Tronic.

Mercedes-Benz S600 Guard mengklaim konsumsi bahan bakar otomatis menjadi lebih hemat saat mobil sedang dalam kondisi pelarian dari ancaman atau zona berbahaya. S600 Guard juga menggunakan suspensi AIRMATIC. Suspensi udara ini membuat penumpang merasa nyaman meskipun kondisi jalanan tidak bagus.

Fitur Canggih

Ban yang digunakan pada mobil Presiden Jokowi ini menggunakan jenis Run Flat Tyre dari Michelin dengan teknologi antikempis. Ban jenis run flat ini bisa bisa melaju sampai 60 km saat ban kempis, bahkan jika tekanan ban 0, mobil masih dalam melaju 30 km.

Mobil ini memiliki sistem udara yang bisa menyediakan oksigen saat kondisi di sekeliling mobil ada gas berbahaya. Udara pada sistem AC ini sudah melalui penyaringan, ionisasi, dan juga ditambah pewangi sehingga menjadi lebih segar. Presiden tentunya butuh udara yang segar untuk dapat berpikir jernih.

Ada juga fitur bantuan pengemudi Distronic Plus with Stop&Go yang dapat menjaga kecepatan kendaraan dan jarak dengan kendaraan lain secara otomatis, sehingga pengemudi bisa berkendara lebih santai saat lalu lintas macet. Tetapi siapa yang tidak memberi jalan kepada presiden saat akan melintas?

Selain itu, ada pula BAS Plus Brake yang dapat mengerem otomatis dalam keadaan darurat. Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist, Pre-Safe Brake untuk mendeteksi pejalan kaki, dan Electric Parking brake yang merupakan rem parkir otomatis. Juga ada Night View Assist Plus yang memudahkan pengendara untuk melihat obyek meskipun suasana gelap di luar mobil.

Fitur canggih lainnya adalah Sistem Lampu Cerdas LED untuk membaca, dan Kamera 360. Tak hanya itu, ada pula telepon bisnis dengan handset dan layar sentuh pada bagian belakang mobil.

Wow, banyak sekali fitur canggih pada mobil ini ya.

Interior Mobil

Mobil Presiden Jokowi harus dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang. Maka dari itu mobil dengan panjang 5,4 meter ini memiliki kursi dengan sandaran kaki dan bantal. Kursi belakang juga menggunakan sistem multicontour dengan teknologi penghangat dan pijat. Kabin yang luas juga membuat presiden leluasa.

Terdapat juga pemanas pada kaca depan dan samping, sistem alarm panik, pemadam api otomatis, kulkas, dan tabung oksigen darurat.

Sistem Keamanan

Ini dia fitur paling penting pada mobil Presiden Jokowi untuk melindungi presiden dari bahaya atau ancaman. Mobil produksi Jerman ini dibekali sistem proteksi VR9 (level Eropa) yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh penumpang dari serangan bom, granat, peluru, mortir, sampai ledakan ringan. Tingkat keamanan ini telah diuji dan mendapat sertifikasi secara internasional.

Bodi mobil dibuat dari pelindung baja khusus, tak heran jika bodi mobil ini terlihat lebih tebal. Kaca mobil Mercedes-Benz S600 ini lebih tebal daripada kaca standar, bahkan berkali-kali lipat, dengan menggunakan bahan polikarbonat. Kaca yang tebal dan berat ini butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Bodi dan kaca mobil ini dapat melindungi penumpang bahkan dari serangan senjata mesin M60.

Pada bagian bawah mobil ada pelat khusus yang membuat mobil tahan dari bahan peledak yang kemungkinan ditempatkan di bawah mobil. Fitur lainnya adalah fitur tangki bahan bakar yang self-sealing, yang membuat S600 ini memiliki sistem keamanan tertinggi. Tangki ini diklaim anti bocor dan juga bisa memadamkan api. Tidak perlu khawatir terjadi kebakaran akibat bahan bakar yang bisa meledakkan mobil.

Mobil S600 Guard ini diklaim tidak memiliki titik lemah. Perlindungan pada mobil ini telah dirancang berdasarkan pengalaman Mercedes-Benz memproduksi kendaraan berpelindung khusus selama bertahun-tahun.

Ketangguhan mesin dan kecanggihan dalam mobil Presiden Jokowi ini membuat kita terkagum-kagum. Pantas jika mobil ini digunakan juga oleh presiden-presiden Indonesia sebelumnya, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati.

Mobil Presiden Jokowi VS Bung Karno VS Joe Biden

Melihat kecanggihan mobil Mercedes-Benz S 600 Guard, mari coba kita bandingan dengan kecanggihan mobil presiden lain, yaitu Joe Biden, atau bahkan Bung Karno sebagai presiden pertama di Indonesia.

Perbandingan dengan mobil kepresidenan Joe Biden

Cadillac One 2018 dari General Motors dipakai oleh Joe Biden sebagai mobil kepresidenan. Mobil ini dijuluki dengan The Beast dan diklaim sebagai mobil paling aman di dunia. Bodinya anti peluru dengan ketebalan 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan kaca setebal 12 cm dan lapisan polikarbonat.

Selain itu, sasis mobil ini juga dibuat dari pelat baja yang tahan karat dan bisa menahan serangan bom. Saat diserang atau ada kerusakan, mobil ini masih bisa berjalan. Ditambah lagi ada suplai oksigen di dalam kabin. Selain itu, ada juga telepon satelit yang bisa terhubung dengan Wakil Presiden dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Tidak hanya bodi, bahkan tangki bahan bakarnya juga antipeluru dan ada busa khusus untuk mengantisipasi ledakan. Selain itu, bagasinya sudah dilengkapi dengan gas air mata, pelindung asap, bahkan sistem kebakaran yang lengkap. Dalam mobil ini juga disediakan kantong darah sesuai golongan darah Presiden.

Mobil ini menggunakan mesin diesel 5.000 cc. Pemilihan mesin diesel adalah karena durabilitasnya. Sebab, bahan bakar solar punya volatilitas rendah yang bisa mengurangi risiko meledak.

Mobil Presiden Bung Karno

Lantas bagaimana dengan mobil presiden Bung Karno? Bung Karno menggunakan sedan Buick 8 yang juga produksi dari General Motors. Mobil ini bertipe Limited 8. Mobil inid gunakan baik di Jakarta maupun saat Ibu Kota RI pindah ke Yogyakarta.

Buick 8 dibekali dengan mesin 8 silinder berkapasitas 5.248 cc. Mobil ini sebenarnya tidak dibeli oleh negara, tetapi ditemukan terparkir di belakang kantor Departemen Perhubungan pada masa penjajahan Jepang. Mobil ini berdimensi bongsor, yakni 2,99 meter sampai 3,9 meter. Pada kabinnya terdapat kaca pemisah antara pengemudi dan penumpang yang bisa dibuka tutup menggunakan tuas putar.

Daftar Mobil Presiden Jokowi

Selain Mercedes-Benz S 600 Guard, ternyata ada beberapa mobil yang digunakan oleh Presiden Jokowi.

Mercedes-Benz L 600 Pullman Guard

Mercedes-Benz L 600 Pullman Guard punya spesifikasi yang lebih canggih daripada Mercedes-Benz S 600 Guard. Mobil ini juga digunakan untuk agenda kepresidenan Jokowi.

Toyota Land Cruiser 200

Selain menggunakan sedan, Jokowi juga memakai SUV Toyota Land Cruiser 200. Ini adalah SUV mewah tipe tertinggi dari model lainnya. Mobil ini sempat digunakan Jokowi saat meninjau proyek di Kalimantan.

Lexus LX570

SUV mewah lainnya yang digunakan presiden Jokowi adalah Lexus LX570. Mobil ini terlihat digunakan saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Toyota Alphard

Toyota Alphard sepertinya jadi mobil favorit karena selain mewah, mobil ini juga memberikan kenyamanan. MPV mewah ini beberapa kali terlihat digunakan Jokowi, pernah juga terlihat saat meresmikan bendungan Tukul di Pacitan pada Februari 2021 silam.

Itu dia ulasan lengkap tentang mobil presiden Jokowi. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis rutin mobil di bengkel terdekat!

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Meskipun tidak ada keterangan resmi, tetapi mobil Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipakai Presiden Jokowi ditaksir dengan harga sekitar 1,6 juta US dollar atau setara dengan Rp23,7 miliar. Sementara itu beberapa mobil lain yang pernah dipakai, seperti Toyota Land Cruiser 200 dibanderol dengan harga Rp2,5 miliar, Toyota Alphard mulai dari Rp1,2 miliar, dan Lexus LX570 mulai dari Rp3 miliar.

Mobil Presiden Jokowi dirancang anti peluru demi keselamatan dengan teknologi proteksi VR9. Bodinya terbuat dari baja yang tebal dan kacanya juga tebal. Tidak hanya peluru, mobil ini juga tahan terhadap bahan peledak lain seperti granat, bom, mortir, dan ledakan ringan.

Presiden Joko Widodo menggunakan mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan dinas terbarunya. Selain itu, terlihat juga menggunakan mobil lain seperti Toyota Land Cruiser 200, Lexus L570, dan Toyota Alphard.