Industri otomotif Indonesia kembali diramaikan dengan bocoran mobil yang akan rilis 2023. Mobil yang akan rilis tersebut didominasi oleh mobil hybrid dan mobil listrik. Mulai dari Mitsubishi XFC hingga Wuling Alfez, simak daftar mobil yang akan rilis 2023!

Daftar mobil yang akan rilis 2023

1. Mitsubishi XFC

Sebelumnya, Mitsubishi XFC yang berjenis crossover compact SUV ini diperkenalkan pertama kalinya di Vietnam Motor Show 2022. Pada 2023 ini, mobil Mitsubishi XFC akan dirilis di Indonesia.

Mitsubishi XFC cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena kabin yang luas. Selain itu, ground clearance yang tinggi serta roda berdiameter besar dapat meningkatkan handling di jalan.

2. Honda CR-V Hybrid

Honda CR-V Hybrid juga dijadwalkan rilis di Indonesia pada 2023. Mobil yang pertama kali rilis di China ini juga sudah resmi dipasarkan di Amerika Serikat. Soal performa, Honda CR-V Hybrid dibekali mesin 2.0 liter dan dua motor listrik dengan teknologi terbaru. Tenaga yang dihasilkan 204 hp  dan torsinya mencapai 335 Nm. Sistem hibrida tersebut juga dapat meningkatkan kecepatan maksimal 138 Kpj ke 185 Kpj.

3. Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid digadang-gadang bakal rilis di Indonesia pada tahun ini. Walaupun belum ada informasi lengkap terkait spesifikasi, mobil tersebut diprediksi memiliki teknologi e-Power dari Nissan. Sebab, Nissan dan Mitsubishi sebelumnya memiliki aliansi, seperti mobil Livina yang berbasis Xpander.

4. Nissan Serena C28

Berikutnya ada Nissan Serena C 28 yang akan rilis di tanah air. Mobil tersebut kini sudah menjalani pengujian di Thailand. Sebagai informasi, sebagian besar mobil Nissan yang ada di Indonesia diekspor dari Thailand.

Spesifikasi Nissan Serena C 28 juga tidak main-main. Mobil ini memiliki teknologi e-Power dengan mesin 1.400 cc berkode HR14DDe-EM57. Selain itu, terdapat teknologi keselamatan bernama ProPilot 2.0, serta 100 V AC Power Supply (1.500 watt) yang dapat digunakan untuk menyalurkan sumber tenaga ke berbagai peralatan listrik.

Baca juga: New Pajero Sport 2023, Kapan Masuk di Indonesia?

5. Toyota Agya dan Ayla Gen-2

All New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla diprediksi akan meluncur pada semester pertama 2023. Mobil ini dibekali mesin WA-VE 3 silinder 1.2 liter non turbo. Selain itu, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga diprediksi menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Sebelumnya, platform tersebut sudah digunakan pada mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota dan konon terasa lebih ringan saat diajak berkendara.

6. Mazda CX-60 Hybrid

Mobil yang akan rilis 2023 selanjutnya adalah Mazda CX-60 Hybrid. Mobil ini mengambil basis Sport Utility Vehicle (SUV) dan bakal menjadi mobil hybrid pertama EMI di Indonesia. Mazda CX-60 hybrid dibekali mesin bensin 2.500 cc naturally aspirated dengan motor elektrik. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut sekitar 189 dk di 6.000 rpm dan torsi 261 Nm di 4.000 rpm.

7. Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid juga masuk antrean mobil yang akan rilis 2023. Mobil ini dibekali lampu belakang LED Smoke Grey, lampu depan Quad Chamber, serta garnish pintu bagasi beraksen chrome. Selain itu, belum ada informasi lengkap terkait performa mesin dan spesifikasi lainnya.

8. Wuling Alvez

Wuling Alvez juga masuk jajaran mobil yang akan rilis 2023 di Indonesia. Di China, mobil ini dibanderol sekitar Rp185 jutaan. Di Indonesia sendiri, mobil ini sudah tercatat di dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI dengan Nomor Permohonan DID2022060541. Wuling telah mendaftarkan hak paten untuk nama Alvez.  

Selain itu, Wuling Alvez juga sempat tertangkap kamera ketika melakukan uji coba di jalanan. Namun, hingga saat ini belum ada informasi terkait spesifikasi lengkap. Apabila mengacu pada Wuling Alvez yang sudah beroperasi di China, terdapat dua jenis mesin pada mobil ini, yakni 1.500 cc dan mesin turbo 1.500 cc.

9. Hyundai Ioniq 6

Tidak mau ketinggalan, pabrikan Hyundai juga akan meluncurkan Hyundai Ioniq 6. Dijadwalkan sebagai mobil yang akan rilis 2023, Ioniq 6 tercatat memiliki jarak tempuh 614 Km dalam satu kali isi baterai hingga full. Terkait fitur lainnya, tampaknya mobil ini mirip dengan Ioniq 5 yang dilengkapi smart cruise control hingga V2L.

10. SUV Daihatsu D66B

Mobil yang akan rilis 2023 selanjutnya adalah SUV Daihatsu D66B. Pabrikan Daihatsu ini memang sedang mengembangkan SUV B Segment. Walau belum ada spesifikasi lengkap, mobil ini diprediksi berdimensi lebih besar dari Daihatsu Rocky. Selain itu, mesin yang digunakan pun sekitar 1.500 cc dengan transmisi D-CVT.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Hybrid Bakal Rilis 2023, Berapa Harganya?

11. DFSK Mini EV

Selanjutnya ada DFSK Mini EV yang masuk daftar mobil yang akan rilis 2023. Harga yang ditawarkan diprediksi mulai Rp200 jutaan. Memiliki desain yang mungil, mobil ini hadir dalam dua tipe dan memiliki jarak tempuh sekitar 220 km.

12. Toyota Yaris Cross

Mobil yang akan rilis 2023 selanjutnya adalah Toyota Yaris Cross. Tampaknya mobil ini akan menjadi pengganti Toyota Rush, sebab sudah terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Toyota Yaris Cross sudah didaftarkan sejak 17 Mei 2020 dengan nomor IDM000736596 atas nama Toyota Motor Corporation.

13. Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 pintu masuk dalam daftar mobil yang akan rilis 2023. Mobil ini pertama kali  akan dipamerkan di ajang Auto Expo 2023 di New Delhi pada Januari 2023. Walaupun dapat dipastikan kapan mobil ini masuk ke pasar Indonesia, namun kemungkinan besar mobil ini akan diluncurkan di Indonesia tahun ini. Mobil Suzuki Jimny 5 pintu kabarnya dibekali mesin baru K15C yang bisa mengeluarkan tenaga 115 Ps.

14. Honda Amaze

Honda Amaze menjadi salah satu mobil yang paling dinantikan. Selain penampilannya yang sporty dan dinamis, mobil ini juga disebut paling irit di kelasnya. Dibanderol mulai dari Rp142 jutaan, mobil yang akan rilis 2023 ini memiliki tampilan yang mirip Honda Civic.

15. MG VS HEV

MG atau Morris Garage yang berpusat di Inggris juga akan memasarkan mobil terbarunya ke Indonesia. MG berencana merilis tiga mobil terbaru di Indonesia, salah satunya MG VS HEV yang merupakan mobil SUV hybrid pertama dari MG. 

Soal performa, mobil ini dibekali kapasitas mesin 1.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 114 hp dengan torsi 150 Nm. MG VS HEV ditawarkan dengan harga mulai dari Rp400 juta.

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Itulah deretan mobil yang akan rilis 2023. Apabila OtoFriends ingin membeli salah satu mobil di atas, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Sebab, semahal apapun harga mobil, performanya bisa menurun apabila tidak pernah diservis. OtoFriends dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk booking online di bengkel terdekat.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar mobil yang akan rilis 2023

Setidaknya ada 15 mobil yang akan rilis 2023. Di antaranya Mitsubishi XFC, Honda CR-V Hybrid, Mitsubishi Xpander Hybrid, Nissan Serena C28, All New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, dan banyak lagi.

All New Toyota Agya dan Toyota Yaris Cross diperkirakan akan rilis di Indonesia pada 2023 ini.

Belum ada informasi lengkap terkait spesifikasi Mitsubishi XFC. Namun, mobil ini diklaim cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena kabin yang luas. Selain itu, ground clearance yang tinggi serta roda berdiameter besar dapat meningkatkan handling di jalan.