Memilih aki Mobil Innova Diesel tidak boleh sembarangan, aki harus disesuaikan dengan akumulator agar kinerja mesin mobil bisa berjalan lebih optimal. Ketika salah memilih aki, mesin bisa lebih cepat rusak dan menyebabkan performa kendaraan tidak bisa dalam kondisi prima. 

Sebagai salah satu mobil bermesin diesel generasi pertama di indonesia, Innova Diesel menggunakan mesin Direct Four Stroke yang dinilai tangguh tapi irit bahan bakar. Oleh karena itu, para penggunanya wajib menjaga kondisi mobil ini tetap prima dengan menggunakan aki Innova Diesel yang sesuai dengan jenis mesin mobil. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tipe atau jenis aki Mobil Innova Diesel sekaligus rekomendasi  aki terbaik yang tepat untuk mobil ini!

Kenali Jenis-jenis Aki Mobil Innova Diesel

Innova merupakan mobil medium MPV yang memiliki kabin cukup luas, mobil ini memiliki dua variasi mesin mobil yaitu yang menggunakan mesin bensin dan mesin diesel, yang akan dibahas dalam uraian kali ini adalah seputar Mobil Innova bermesin diesel dan jenis-jenis aki yang sesuai digunakan untuk mobil ini. 

Untuk mempertahankan ketangguhan mesinnya mobil Innova Diesel membutuhkan aki yang berkualitas bagus. Pada umumnya mobil ini membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug sampai 100 ampere. Namun, untuk generasi mesin diesel terbaru hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk memanaskan glow pug yaitu hanya sekitar 70-an ampere saja, bahkan untuk Kijang Innova Diesel hanya membutuhkan 65 ampere. Sedangkan voltase yang dibutuhkan untuk Mobil Innova Diesel adalah sebesar 12 Volt. 

Ada dua tipe aki Mobil Innova Diesel, yaitu untuk mobil manual dan matic. Tipe aki ini harus disesuaikan dengan kapasitas mobil yang digunakan. Artinya, apabila mobil sudah pernah dimodifikasi ada kemungkinan beban kerja mesinnya akan berbeda, oleh karena itu kapasitasnya perlu dinaikkan.

Nah, berikut ini adalah jenis atau tipe aki Mobil Innova Diesel yang bisa digunakan untuk mobil matic maupun manual. 

  • Aki Kapasitas 68 Ampere 12V, untuk mobil dengan aki kapasitas ini para pengguna bisa memakai aki maintenance free atau lebih dikenal dengan aki kering,aki hybrid, atau aki konvensional yang sesuai dengan spesifikasi baterai. 
  • Aki Kapasitas 70 Ampere 12V, untuk mobil dengan aki kapasitas ini sangat disarankan untuk menggunakan aki basah. 
  • Aki Kapasitas 75 Ampere 12V, untuk mobil dengan aki kapasitas ini juga sangat cocok untuk menggunakan basah. 
  • Aki Kapasitas 80 Ampere 12V, untuk mobil dengan aki kapasitas ini pengguna bisa memilih untuk memakai aki basah atau kering karena semuanya sesuai dengan spesifikasi aki. 
  • Aki kapasitas 85 ampere 12V,  untuk mobil dengan aki kapasitas ini sangat disarankan untuk menggunakan aki kering maintenance free.

Rekomendasi Aki Mobil Innova Diesel

Setelah mengenal jenis-jenis aki Innova Diesel yang sesuai dengan kapasitas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aki terbaik yang sangat cocok digunakan! 

Free SAIL 85D26L

Untuk aki kapasitas 68 Ampere 12V, Free SAIL 85D26L merupakan aki kering tipe maintenance yang sangat cocok digunakan. Aki ini diproduksi oleh Fengfan secara eksklusif dengan uji klinis dan kualitas yang sangat tinggi, produk ini juga diakui memiliki kontrol kualitas yang berada satu tangga di bawah standar terbaik Jerman. 

Aki Mobil YUASA Basah 80D26L

Aki Mobil YUASA Basah 80D26L juga menjadi salah satu aki basah atau konvensional yang sangat cocok dipakai untuk aki kapasitas 68 Ampere 12V. Produk ini memiliki keunggulan karena menggunakan New Perfecta-Product Battery dengan tipe dry chage yang bisa membuat ketahanan aki lebih lama dan optimal. 

GS ASTRA Basah N70ZL

Untuk aki kapasitas 75 Ampere 12V, aki yang bisa digunakan adalah GS ASTRA basah N70ZL. Penggunaan aki ini minim perawatan karena memakai teknologi hybrid yang sistemnya memungkinkan penguapan air aki lebih rendah dan penambahan air aki akan lebih lama 4 sampai 5 kali lipat dari aki konvensional pada umumnya. Aki ini juga memiliki indikator elektrolit untuk memudahkan pengguna mengetahui kondisi permukaan, isi air aki, dan daya strum aki. 

AMARON 95D31L Maintenance Free 

Untuk aki kapasitas 80 Ampere 12V, AMARON 95D31L menjadi salah satu rekomendasi aki yang paling cocok. Aki ini dilengkapi dengan teknologi silver, dengan kualitas terbaik hasil produksi dari Johnson Controls. Aki maintenance free yang bisa menghasilkan power CCA yang besar ini jugas diklaim sangat cocok digunakan untuk mobil yang dikendarai di iklim tropis seperti Indonesia.

SAIL 135D31L Maintenance Free

Aki kapasitas 85 ampere 12V yang sangat sesuai digunakan adalah aki kering tipe SAIL 135D32L Maintenance free. Aki ini merupakan produk unggulan dari SAIL yang menggunakan teknologi silver dan tropical spesial yang bisa membuat aki bertahan lebih lama. SAIL sendiri merupakan aki standar OEM di Eropa yang bersertifikat jerman dan diproduksi di China. 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai aki Mobil Innova Diesel dan beberapa rekomendasi yang aki terbaik yang bisa digunakan. Pastikan untuk memilih tipe aki yang sesuai dengan jenis mobil yang dimiliki. Namun, jika masih kebingungan untuk memilih aki yang cocok, Otoklix menyediakan layanan ganti aki via aplikasi Otoklix. Nikmati juga kenyamanan mendapatkan layanan service mobil yang berkualitas dengan harga terjangkau dan transparan.