Salah satu gejala mobil bermasalah adalah keluarnya bunyi-bunyi yang tak lazim. Contohnya yakni mesin mobil bunyi nging. Suara mesin kendaraan yang berubah menjadi mendengung biasanya membuat perasaan berkendara menjadi tidak nyaman dan mengganggu perjalanan. 

Ada beberapa penyebab jika hal ini terjadi. Yang paling sering adalah memaksakan kendaraan seperti menerobos banjir hingga komponen basah atau berlumpur. Selain itu, penyebab mesin berdengung bisa saja ada komponen yang tidak sesuai di tempatnya atau mesin mulai mengalami kendala.

Penyebab Mobil Bunyi Nging

Di samping penyebab di atas, beberapa hal bisa menjadi pemicu mobil berdengung hingga berbunyi nging. Untuk mengetahui penyebab mesin mobil berdengung harus memperhatikan beberapa hal berikut. 

Bearing pulley mesin

Pulley pada mesin mobil adalah benda bulat yang menempel pada mesin yang dihubungkan dengan V-Belt atau fan belt. Pulley di sini berfungsi meneruskan putaran mesin ke komponen-komponen yang membutuhkan tenaga seperti alternator sistem pengisian, kompresor AC, pompa power steering, water pump maupun radiator pendingin. 

Di dalam pulley terdapat komponen penting bernama bearing yang bertugas untuk menjaga agar pulley terus berputar stabil tetap pada rotasinya. 

Bunyi nging yang terjadi timbul dari bearing yang terdapat pada pulley. Bunyi ini timbul jika mesin akan terasa lebih kencang dari biasanya jika di-gas dan semakin pelan jika mesin dalam kondisi idle. 

Penyebabnya, bearing di pulley mungkin sudah termakan oleh waktu ataupun kering. Solusinya, jika bearing mengalami kerusakan sebaiknya bisa langsung menggantinya ke bengkel terdekat atau jika mengalami kekeringan bisa berikan grease pada permukaannya. 

Baca juga: Waspada Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok, Kenali Penyebabnya

Kompresor AC

Penyebab berikutnya adalah kompresor AC yang mungkin bermasalah. Suara mesin mobil mendengung saat digas tidak selalu berasal dari kap depan tempat instrumen penggerak kendaraan ditempatkan. 

Bisa saja berasal dari kompresor AC yang komponen metal di dalamnya mengalami keausan. Metal yang aus, namun tetap bergesekan, akan menghasilkan bunyi berisik. Bahkan bunyi tersebut akan semakin nyaring terdengar saat menyetel AC pada suhu paling dingin. Jika ini terjadi segera cek ke bengkel terdekat.

Kopel joint

Masalah mesin berdengung sering juga diakibatkan oleh kopel joint atau poros propeller yang sudah aus. Namun, hal ini hanya terjadi pada mobil dengan penggerak roda belakang. 

Komponen ini berfungsi membuat poros propeller fleksibel sehingga dapat meneruskan putaran mesin sudut gardan dan mesin naik turun. Kalau sudah aus, maka kopel joint harus segera diganti dengan yang baru.

Ban mobil

Tak hanya di bagian mesin, ban mobil juga bisa menyebabkan bunyi berdengung. Contohnya ban yang dibuat dengan satu arah putaran. Ada anak panah penunjuk arah putaran pada dinding ban menunjukkan arah putaran. 

Jika pemasangan salah, akan berisiko melakukan kesalahan arah putaran. Hasilnya, ban akan mengeluarkan bunyi. Jika itu terjadi, segera ganti posisi rotasi ban.  

Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

Bearing roda

Masalah keausan komponen sering jadi pemicu bunyi mendengung. Kali ini bagian yang aus adalah bearing roda, terutama bagian depan karena berfungsi sebagai penahan beban kendali mobil. Ketika bearing aus, maka akan terdengar bunyi gesekan dan dengung yang cukup nyaring. Untuk memeriksanya, perlu mendongkrak mobil agar terangkat, lalu goyangkan roda secara vertikal.

Pompa power steering 

Selanjutnya, penyebab mesin bunyi berdengung bisa berasal dari pompa power steering. Namun, hal ini sering terjadi untuk mobil tua. Biasanya mobil yang berusia di atas 8 hingga 10 tahun. 

Mobil keluaran lama memiliki sistem yang diterapkan berupa hidrolik power steering yang menggunakan pompa. Pompa ini sebagai penyuplai energi untuk meringankan beban pengemudian dan diletakkan menempel pada mesin. Kerusakan pompa yang dipicu oleh keausan akan menimbulkan suara mesin mobil mendengung saat digas termasuk dengungan saat setir dibelokkan.

Water pump

Terakhir, bunyi dengung dari mobil bisa berasal dari water pump atau komponen pemompa air pendingin radiator agar dapat bersirkulasi di dalam mesin. Sama seperti bagian lain, water pump pun berisiko aus sehingga menimbulkan suara mesin yang mendengung dengan sangat keras.

Namun, ada satu lagi masalah pada water pump yang mampu memicu bunyi dengung, yaitu adanya kelonggaran. Dengan mengencangkannya bisa mengurangi bunyi dengung.

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

Kerusakan Akibat Mobil Bunyi Nging

Selain beberapa hal penyebab mobil berbunyi nging, sebenarnya ada juga penyebab lain. Namun, akan lebih baik jika kendaraan anda berdengung harus dicek di bengkel. Jika dibiarkan, mesin bunyi nging akan menyebabkan kerusakan fatal bila dibiarkan. 

Selain mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, namun bisa berakibat serius bila tidak ditangani. Jika masih dibiarkan akan berbahaya jika masih dipakai berkendara. 

Biaya Perbaikan

Dengan beberapa hal penyebab mesin bunyi nging di atas, maka biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya bervariasi. Jika penyebabnya hanya sekedar kesalahan pemasangan rotasi ban, maka tidak memakan biaya, hanya dibetulkan. 

Namun, jika sudah terkait dengan komponen mesin maka akan merogoh kocek lebih mahal. Biaya jasa servis bisa mulai dari Rp300 ribu, bisa lebih mahal jika harus turun mesin. Belum lagi jika ada penggantian komponen. 

Nah, untuk menghindari kerusakan mesin yang diawali dengan berdengung maka kendaraan harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal berkala melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.