Kaca film Solar Gard asli diklaim mampu menghalau sinar matahari yang menyilaukan. Seperti diketahui, sinar matahari bisa mengganggu pandangan saat mengemudi. Tak hanya itu, mobil yang selalu panas setiap habis diparkir di siang hari bisa jadi karena kaca film yang tidak maksimal melindungi interior mobil. 

Salah satu merek kaca film yang bisa dipertimbangkan adalah Solar Gard. Merek kaca film satu ini sudah cukup populer sebab punya daya tolak panas yang tinggi. Selain itu, kaca film Solar Gard asli hadir dengan tingkat kegelapan yang bervariasi, serta harga yang cukup terjangkau dibanding merek terkenal lainnya.

Namun, OtoFriends harus waspada, sebab sudah banyak produk kaca film Solar Gard yang dipalsukan oknum-oknum nakal. Jangan tergiur dengan harganya yang murah, nanti OtoFriends bakal kecewa, mengingat kualitas kaca film Solar Gard yang palsu sudah pasti tidak sebanding dengan yang asli.

Untuk itu, penting mengetahui ciri-ciri kaca film Solar Gard asli beserta kisaran harganya, agar OtoFriends tidak tertipu. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Daftar Harga Kaca Film Solar Gard Asli

Berikut daftar kisaran harga kaca film Solar Gard asli dan terbaru di 2022:

Tipe Kaca FilmHarga
Solar Gard Platinum HP Quantum 37 (Kaca Depan)Rp850 ribu
Solar Gard Premium LX Platinum Series KecilRp1,6 juta
Solar Gard Premium LX Platinum Series SedangRp1,9 juta
Solar Gard Premium Platinum Series BesarRp2,1 juta
Solar Gard Premium LX Platinum Series BesarRp2,2 juta
Solar Gard Platinum Performance KecilRp2,2 juta
Solar Gard LX Premium Series KecilRp2,3 juta
Solar Gard LX Premium Series SedangRp2,39 juta
Solar Gard Platinum Performance SedangRp2,5 juta
Solar Gard LX Premium Series BesarRp2,59 juta
Solar Gard Platinum Performance – SmallRp2,7 juta
Solar Gard Platinum Performance BesarRp2,8 juta
Solar Gard Black Phantom Series – SmallRp2,82 juta
Solar Gard Platinum Performance – MediumRp3 juta
Solar Gard Black Phantom Series – Medium Rp3,1 juta
Solar Gard Black Phantom Series – LargeRp3,4 juta
Solar Gard Platinum Performance – Large Rp3,43 juta
Solar Gard Premium LX Best Performance Series KecilRp3,5 juta
Solar Gard Premium LX Best Performance Series SedangRp3,8 juta
Solar Gard Premium LX Best Performance Series BesarRp4,1 juta
Solar Gard Best Performance – SmallRp4,39 juta
Solar Gard Best Performance – MediumRp4,69 juta
Solar Gard Best Performance – LargeRp4,99 juta

Ciri-ciri Kaca Film Solar Gard Asli

Berikut ciri-ciri kaca film Solar Gard asli yang tidak bisa ditiru produk palsunya:

  1. Logo kaca film tercetak rapi

Salah satu ciri yang bisa membedakan mana kaca film asli dan palsu adalah dari logo mereknya. Perhatikan baik-baik bentuknya sebelum yakin membeli. Biasanya cetakan logo merek kaca film yang palsu tidak rapi. Entah itu bentuknya yang miring, tintanya yang terlalu tipis atau terlalu tebal, bahkan meluber kemana-mana. 

Selain sebagai penanda asli atau tidaknya, kaca film apapun yang digulung dengan logo dengan tinta yang terlalu tebal juga bisa merusak kualitasnya. Logo yang tidak tercetak dengan baik bisa membuat kaca film bergelombang, akhirnya bila terkena sinar lampu di malam hari, cahaya yang diterima bakal terpecah. Untuk itu, pastikan OtoFriends membeli kaca film Solar Gard asli dengan cetakan logo yang rapi dan setipis mungkin.

  1. Punya ketebalan antara 1,5-1,7 mikro

Kaca film yang bisa menghalau panas dengan baik memiliki ketebalan antara 1,5-1,7 mikro. Ukuran ketebalan ini juga bisa dijadikan penguji keaslian produk kaca film. Bila kurang dari itu,  bisa diragukan keasliannya. Pada umumnya kaca film memang tipis, namun khusus untuk produk kaca film yang asli, meski tipis tetap kaku. Bedanya dengan yang palsu, selain tipis, bentuknya pun lentur. 

  1. Harga tak jauh dari kisarannya

Harga kaca film juga bisa dijadikan patokan dalam membedakan yang asli dan palsu. Biasanya, kaca film yang palsu dijual dengan harga miring. Sedangkan yang asli, biasanya merupakan produk impor yang didatangkan lewat distributor resmi, sehingga ada standar harganya.

Harga kaca film Solar Gard asli rata-rata dipatok di harga Rp1 jutaan ke atas untuk sepaket lengkap yang terdiri dari kaca depan, samping, hingga belakang. Bila ada yang menjual sepaket lengkap yang sama di bawah Rp1 jutaan, maka patut dicurigai itu adalah kaca film Solar Gard palsu atau bekas.

  1. Ada kartu garansi

Hal paling mendasar yang bisa membedakan kaca film asli dan palsu adalah garansi. Biasanya, hanya kaca film yang asli yang dilengkapi kartu garansi. Selain sebagai penjamin keaslian, kartu garansi bisa dipakai untuk mendapatkan layanan perawatan purna jual kaca film. Jadi, pastikan saat membeli kaca film, kamu juga mendapatkan kartu garansinya ya!

  1. Kaca bakal pecah bila terkena lampu sorot

Selain mengecek keempat hal di atas, ada cara unik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kaca film mobilmu asli atau palsu. Caranya dengan menempelkan kaca yang sudah dilapisi film ke lampu sorot 600 Watt selama 3 menit. Jika, kaca filmnya palsu dan berkualitas buruk, maka kaca tersebut bakal pecah.

  1. Cek dengan termometer

Jika kamu tidak ingin repot melakukan cara sebelumnya, ada trik yang lebih mudah. Letakkan mobil yang sudah dipasangi kaca film di bawah sinar matahari. Diamkan beberapa menit, lalu cek dengan termometer. Bila tingkat suhunya tinggi, kemungkinan kaca film yang kamu pakai palsu atau kualitasnya layak dipertanyakan.

Nah, itu tadi daftar harga kaca film Solar Gard asli dan cara membedakannya dengan kaca film palsu. Untuk pemasangan kaca film yang lebih baik, kamu bisa percayakan ke montir di bengkel terdekat

Kamu bisa menemukan bengkel terdekat dengan mudah lewat aplikasi Otoklix. OtoFriends juga melakukan booking di awal untuk jasa servis yang dibutuhkan seperti memasang kaca film, membersihkan mesin mobil, ganti ban, dan banyak lagi.