Berapa biaya turun mesin mobil Toyota Avanza ? pertanyaan itu merupakan hal yang kerap muncul ketika mobil kalian dinyatakan harus mengalami overhaul atau turun mesin. Berbicara mengenai biaya memang bisa dibilang cukup krusial.

Hal itu karena biaya turun mesin mobil bisa dibilang tidak murah cukup menguras kocek sang empunya. Sebab, turun mesin bukanlah pekerjaan mudah karena sulitnya mengangkat mesin yang beratnya hingga puluhan kilogram, dan mahalnya biaya komponen-komponen pada mesin.

Komponen yang diganti saat turun mesin atau overhaul mesin sendiri cukup beragam. Bisa meliputi piston, stang piston, metal mesin, bergantung pada kerusakan atau kondisi komponen tersebut. 

Tak hanya itu, kualitas spare part juga menentukan harga. Semakin mahal harga sparepart mobil, biaya turun mesin tentu akan meningkat.

Kemudian, tingkat kerusakan juga menentukan besaran biaya turun mesin atau overhaul mesin. Semakin parah kerusakan, dan semakin banyak part yang perlu diganti, maka biaya turun mesin mobil akan semakin tinggi.

Lantas, berapa estimasi harga atau biaya turun mesin mobil atau overhaul mesin? Berikut ini estimasi biaya untuk mobil Toyota Avanza yang bisa dijadikan acuan secara garis besar.

Sebagai contoh, Toyota Avanza produksi tahun 2012. Mobil keluarga satu ini menelan biaya jutaan rupiah untuk turun mesin.

Besarnya biaya tersebut terbagi untuk beberapa hal. Diantara mulai dari harga paking full set Rp1,5 juta, piston Rp1,8 juta, setang piston Rp325 ribu, ring Piston Rp450 ribu.

Sementara itu untuk Untuk pres setang dibandrol harga senilai Rp150 ribu. Untuk ganti engine mounting kiri dan kanan dibanderol  senilai Rp630 ribu

Ada juga biaya lain yang diperlukan seperti lem silikon, oli mesin, filter oli, oli perseneling, dan gardan yang jika ditotal dapat mencapai Rp 690 ribu.

Kalian juga harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar jasa turun mesin mobil OtoFriends. Ongkos jasa overhaul ini bisa dibilang bervariasi tergantung dari bengkel yang ditunjuk.

Namun, untuk jasa sendiri berkisar dari dua jutaan hingga yang paling mahal adalah lima jutaan. Nah itu dia perkiraan biaya turun mesin mobil.

Baca Juga: Telat Ganti Oli Bisa Bikin Turun Mesin Mobil, Segini Biayanya!

Prosedur Turun Mesin Mobil

Setelah mengetahui biaya turun mesin, OtoFriends juga wajib mengenal prosedur turun mesin. Hal itu agar kalian mengetahui bagian mana saya yang akan diganti dan rusak.

Pengecekan Seluruh Bagian

Untuk memastikan part mana saja yang harus diganti teknisi biasanya akan melakukan pengecekan di seluruh bagian mesin mobil.  Pada tahapan ini kamu akan mendapat gambaran mengenai seberapa besar biaya turun mesin mobil yang perlu dikeluarkan dan dipersiapkan.

Melakukan Pembongkaran

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya masalah-masalah yang sering terjadi seperti kerusakan saat pembongkaran, ataupun hilangnya baut dan sparepart, hal pertama yang dilakukan oleh mekanik adalah membongkar mesin.

Proses Perbaikan

Setelah mengetahui dimana letak kerusakannya, teknisi biasanya  akan melakukan proses penggantian sparepart dan proses pengecekan dari tiap part mobil. Biasanya mekanik menyarankan beberapa penggantian komponen mobil yang harus diganti maupun yang masih bisa diperbaiki.

Pengetesan Mobil

Setelah semuanya beres terpasang, mobil kalian akan dites dalam kondisi normal. Hal itu untuk memastikan performa mesin setelah turun mesin menjadi 100 persen sudah kembali seperti baru.

Jika mobil sudah sempurna, maka mobil akan dikembalikan kepada pemiliknya. Nah untuk waktu pengerjaan tidak ada ukuran yang sama pada setiap mobil, semua tergantung pada kerusakan yang ada.

Baca Juga: Jika Mesin Mobil Bunyi Nging, Segera Cek Bagian Ini

Penyebab Turun Mesin Mobil Avanza

OtoFriends setelah mengetahui biaya dan prosedur turun mesin, tentu kalian tidak ingin mengalaminya bukan ? Oleh sebab itu mari mengenal penyebab mobil harus mengalami overhaull.

Banyak loh, faktor yang menyebabkan mobil harus dilakukan turun mesin, salah satunya karena matinya salah satu komponen mobil seperti motor fan AC. Ada lagi yaitu, kurangnya perawatan mobil seperti halnya ganti oli juga bisa menyebabkan terjadinya gesekan – gesekan antar komponen pada mesin kendaraan Anda yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Untuk itu kalian wajib hukumnya untuk merawat mobil kalian di bengkel terpercaya. Guna menemukan bengkel mempunyai kualitas bagus kalian bisa mencarinya di website Otoklix, sebab kami memiliki ribuan bengkel rekanan yang bisa OtoFriends kunjungi.