Kehadiran LSUV Suzuki XL7 cukup menarik perhatian pecinta otomotif. Sebab, mobil ini hadir membawa sejumlah kecanggihan, salah satunya Smart E-Mirror, diklaim sebagai yang pertama di kelasnya.

Sebagai informasi, Smart E-Mirror merupakan kaca spion tengah digital yang memiliki teknologi canggih. Berbeda dengan spion tengah pada umumnya, Smart Mirror dibekali dua kamera berteknologi untuk merekam kondisi depan dan belakang mobil.

Selain untuk menggantikan fungsi kaca spion tengah konvensional, fitur Smart Mirror juga diklaim dapat membantu keamanan pengemudi saat berkendara. Namun fitur Smart E-Mirror hanya tersedia di Suzuki XL7 varian teratas, yakni Alpha.

Lantas apa saja fungsi dari Smart E-Mirror Xl7? Berikut ulasannya.  

Fungsi Smart E-Mirror Xl7

1. Sebagai Kamera Mundur

Seperti fungsi spion tengah pada umumnya, Smart E-Mirror Xl7 berguna untuk memantau kondisi belakang saat mobil ingin mundur atau memarkir. Kamera belakang akan otomatis aktif ketika pengemudi memindahkan tuas transmisi ke mode mundur atau reserve (R).

Menggunakan Smart E-Mirror XL7, visibilitas pengemudi ketika mundur akan tetap terjaga optimal bahkan saat kondisi hujan. Artinya, jarak pandang tak akan terhalang oleh air hujan atau gangguan lainnya dari dalam maupun luar mobil.

Baca Juga: Dashcam Mobil: Pengertian, Fungsi, Rekomendasi dan Cara Kerja

2. Sebagai Dash Cam

Smart E-Mirror Xl7 sudah dibekali teknologi yang canggih sehingga tak hanya berfungsi sebagai spion tengah untuk memantau kondisi belakang. Kamera pintar ini bisa digunakan untuk merekam kejadian yang terjadi di bagian depan atau disebut dash cam.

Kemampuan Smart E-Mirror Xl7 sebagai dash cam dapat digunakan sebagai bukti kepada pihak berwenang ketika terjadi insiden yang tak diinginkan saat berkendara. 

Dengan kemampuan merekam aktivitas mobil maka pengemudi atau pemilik mobil akan lebih aman jika terjadi kecelakaan. Kamera akan menyimpan bukti perjalanan, tentunya untuk mengklaim asuransi dan keperluan lainnya. 

3. Spion Biasa

Jika pengemudi tak ingin menggunakan mode Smart E-Mirror Xl7, fitur ini bisa dinonaktifkan. Jadi, Smart E-Mirror Xl7 akan berfungsi layaknya spion tengah biasa yang hanya memantulkan kondisi di belakang mobil, baik di dalam maupun luar.

4. Menyimpan Data Rekaman

Fitur Smart E-Mirror Xl7 dilengkapi memori penyimpanan sebesar 16 GB yang bisa di-upgrade hingga 64 GB. Ini berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman Smart E-Mirror yang dapat digunakan sebagai bukti apabila ada kejadian tak diinginkan ketika berkendara.

Baca Juga: Cara Mengatur Kaca Spion, Jenis dan Cara Merawatnya

Cara Kerja Smart E-Mirror Xl7

Fitur Smart E-Mirror menggunakan layar LCD untuk memantau gambar dan mengaktifkan kamera. Untuk pengaturannya hanya dengan menggunakan tombol pada bagian bawah layar untuk mengaktifkan kamera belakang atau ketika ingin mengawasi bagian depan mobil dengan menggunakan dash cam.

Jika kamera sudah aktif maka akan otomatis merekam kondisi jalanan selama mengemudi. Selanjutnya, rekaman akan tersimpan dalam memori internal yang tersedia di Smart E-Mirror.

Meski fitur ini hanya tersedia hanya dii mobil Suzuki XL7 model teratas, Alpha, Suzuki menyediakan Smart E-Mirror yang bisa dibeli secara terpisah. Harga E-Mirror XL7 dibanderol Rp7.817.000 dan sudah termasuk kartu memori 16 GB.

Memiliki mobil canggih memang menyenangkan tapi jangan lupa untuk melakukan servis secara rutin. OtoFriends bisa memanfaatkan fitur booking online di aplikasi Otoklix dan temukan bengkel terdekat lewat Otoklix untuk servis mobilmu tanpa antri panjang.