Oli mobil 5W-30 dan 5W-40 banyak direkomendasikan, terutama untuk mobil-mobil keluaran terbaru karena kekentalannya yang cukup rendah atau encer. Tetapi, apakah kamu tahu perbedaan antara oli mobil 5W-30 dan 5W-40?

Arti dari Kode Oli

Huruf W pada kode oli diambil dari kata Winter. Dalam sistem multigrade SAE, angka sebelum huruf W menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu rendah. Sedangkan angka setelah huruf W menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu tinggi. Oli masih bisa mempertahankan kekentalannya di suhu 100 derajat untuk viskositas kinematik dan 15 derajat untuk viskositas dinamis.

Oli mobil 5W-30 dan 5W-40 memiliki kekentalan yang sama. Hanya saja 5W-40 memiliki viskositas dinamis pada suhu yang lebih tinggi dan dapat efektif sampai dengan 50 derajat Celcius. Sementara pada suhu dingin, kedua oli ini mampu bertahan sampai minus 30 derajat Celcius.

Oli 5W-30 direkomendasikan untuk mobil dengan kinerja yang tinggi. Bagi kendaraan modern yang berusia di bawah 5 tahun, oli 5W-30 dapat menjadi pilihan terbaik karena tidak terlalu encer atau kental. 

Oli yang terlalu encer akan cepat menguap, sementara oli yang terlalu kental akan membuat kinerja mesin tidak maksimal karena pergerakan mesin terhambat oleh oli. Oli yang kental cocok digunakan pada mobil lawas karena memiliki celah antar komponen yang renggang. Tetapi kembali lagi, perhatikan spesifikasi oli yang cocok untuk mobil kamu menurut buku manual penggunaan.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

Daftar Pilihan Oli Mobil 5W-30 Terbaik

1. Fuchs Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

2. Castrol GTX 5W-30 Ultra Clean

Castrol GTX Ultra Clean 5W-30 ini diklaim sebagai produk GTX yang paling bersih dan direkomendasikan untuk LCGC. Formula Ultra Clean Synthetic Technology dapat membersihkan mesin dari endapan lumpur dan mencegah terbentuknya endapan yang baru. Jadi dapat memperpanjang usia pakai mesin.

Oli ini cocok digunakan pada mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Datsun Cross, dan lainnya. Untuk kemasan 3,5 liter, oli Castrol GTX ini dibanderol dengan harga Rp304 ribuan.

3. Liqui Moly LongTime High Tech 5W-30

Oli Liqui Moly direkomendasikan bagi kamu pemilik mobil Eropa. Oli berbahan sintetis ini dapat melindungi mesin dari keausan dan membersihkan mesin secara optimal. Oli ini sudah melewati standar API SN.

Kelebihan lainnya dari oli Liqui Moly ini adalah dapat mengurangi emisi gas buang, oli mudah bersirkulasi pada suhu rendah, dan juga telah diuji pada mesin mobil turbocharger dan catalytic converter.

Tetapi memang harga per liter oli ini cukup mahal, yakni Rp267 ribuan per liter dan Rp1 jutaan per 5 liter.

4. TOP 1 SMO HP Sport SAE 5W-30

Oli TOP 1 HP Sport ini diklaim dapat membuat mobil lincah dan bertenaga seperti mengendarai mobil sport. Selain itu konsumsi bahan bakar juga irit.

Terdapat teknologi X-TRA Clean Additives yang dapat membersihkan mesin secara menyeluruh, teknologi Stop And Go yang membuat mesin tidak cepat panas meskipun berkendara di tengah kemacetan, dan Smooth Driving yang membuat mesin mobil mudah distarter.

Oli mobil 5W-30 dari TOP 1 ini direkomendasikan untuk mobil Toyota Avanza, Rush, Innova, Daihatsu Xenia, Terios, Honda CRV, Mobilio, Jazz, Brio, Nissan Grand Livina, Mitsubishi Xpander, dan sekelasnya. Untuk kemasan 3,5 liter, oli ini dibanderol Rp381 ribuan.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

5. Shell Helix Astra Oil 5W-30

Shell Helix Astra ini memiliki bahan penyusun full sintetis. Kelebihan dari oli ini antara lain adalah mesin mobil tetap bersih dan terlindungi karena adanya Active Cleansing Technology. Kemudian, mencegah terbentuknya endapan pada mesin, menurunkan gesekan mesin, dan irit bahan bakar.

Shell Helix Astra juga memiliki tingkat penguapan oli yang rendah, sehingga oli tidak cepat habis. Oli ini cocok digunakan pada mesin mobil berbahan bakar bensin, gas, biodiesel, dan campuran bensin/etanol. Oli ini sudah melewati standar API SN+. Harga untuk 4 liter oli Shell Helix Astra 5W-30 adalah Rp400 ribuan.

6. Mobil 1™ 5W-30

Oli mesin dengan bahan sintetik ini dapat menjaga performa mesin mobil karena terlindungi dari keausan. Selain itu oli Mobil 1 juga membersihkan ruang mesin. Oli ini sudah melewati standar performa ILSAC GF-5 dan API SN, SN Plus, SN Plus Resource Conserving dan cocok digunakan pada mobil baru. 

Jika dirincikan, kelebihan oli Mobil 1 adalah sebagai berikut:

  • Mencegah terbentuknya endapan dan lumpur pada mesin
  • Perlindungan mesin dari keausan akibat berbagai gaya mengemudi
  • Tahan terhadap suhu dan oksidasi
  • Friksi yang baik membantu mengefisiensikan penggunaan bahan bakar
  • Mobil mudah distarter bahkan pada suhu rendah

Oli Mobil 1 dapat digunakan untuk mesin mobil turbo-charged, supercharged gasoline, diesel multi-valve fuel injected, SUV, mobil keluarga, bahkan sampai truk ringan.

Itu dia penjelasan tentang oli mobil 5W-30 dan juga pilihan merek-merek oli yang direkomendasikan. Dapatkan promo ganti oli Shel Helix Astra berupa Diskon 50% + cashback Rp50 ribu di Shop & Drive yang sudah bermitra dengan Otoklix ya.

Otoklix adalah platform untuk menemukan bengkel terdekat dengan pilihan servis lengkap untuk mobil kamu.

Pertanyaan Seputar Oli 5W-30

Misalkan pada kemasan oli terlihat kode 5W-30 itu berarti bahwa oli tersebut memiliki tingkat kekentalan 5 pada suhu dingin di musim dingin. Kemudian angka 30 berarti oli mempunyai tingkat kekentalan mencapai 30 pada suhu 100 derajat celcius.

Oli mobil 5W-30 dan 5W-40 memiliki kekentalan yang sama. Hanya saja 5W-40 memiliki viskositas dinamis pada suhu yang lebih tinggi dan dapat efektif sampai dengan 50 derajat Celcius. Sementara pada suhu dingin, kedua oli ini mampu bertahan sampai minus 30 derajat Celcius.

Huruf W pada kode oli diambil dari kata Winter. Dalam sistem multigrade SAE, angka sebelum huruf W menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu rendah. Sedangkan angka setelah huruf W menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu tinggi. Oli masih bisa mempertahankan kekentalannya di suhu 100 derajat untuk viskositas kinematik dan 15 derajat untuk viskositas dinamis.