Mesin mobil bunyi klotok-klotok memang sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Selain itu, mesin mobil yang berbunyi juga merupakan salah satu indikasi bahwa ada masalah pada mesin mobil. Kalau dibiarkan, bisa terjadi bahaya dan kecelakaan saat sedang berkendara. Oleh sebab itu, kita perlu mengenali penyebab mesin bunyi klotok-klotok dan bagaimana cara servisnya. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok

Paling tidak ada 11 penyebab mesin mobil berbunyi, misalnya berbunyi klotok-klotok. Segera cek bagian-bagian tersebut untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

1. Oli belum naik

Jika mesin berbunyi klotok-klotok, maka penyebab yang paling mungkin adalah oli yang belum naik. Biasanya terjadi saat mobil hendak dipanaskan setelah terparkir dalam lama. Misalnya tiga hari sampai satu minggu atau lebih tanpa dipanaskan. 

Banner

Oli mobil bisa mengalir ke seluruh partisi mesin membutuhkan bantuan alat seperti pompa. Pompa ini akan bekerja ketika mesin mobil dinyalakan dan bunyi klotok klotok bisa hilang dengan sendirinya.

2. Celah katup terlalu lebar

Celah katup merupakan jarak antara batang katup dengan rocker arm yang berfungsi memberi ruang jika ada komponen dari logam mengalami pemuaian saat mesin bekerja. Kalau celahnya terlalu kendor atau lebar maka komponen ini bisa makin memanjang. 

Jarak aman celah katup untuk memberi ruang pemuaian adalah sekitar 0,3 mm. Sebaiknya hindari menyetel celah terlalu lebar untuk mencegah batang dan rocker arm berbenturan.

3. Auto valve sudah lemah

Celah katup yang melebar memang bisa jadi penyebab mesin mobil bunyi klotok-klotok, begitu juga dengan auto valve yang memang sudah lemah. Penyebab komponen ini menjadi lemah adalah usia pemakaian yang sudah lama hingga sparepart sudah usang dan tidak bisa berfungsi maksimal.

Pemakaian yang sudah lama membuat gaya pegas dari katup ini melemah. Sehingga kerapatan celah katup tidak lagi presisi dan rocker arm jadi renggang. Mesin mobil yang berbunyi klotok-klotok.

Baca juga: 7 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar saat Di-Gas

4. Keausan pada bantalan poros engkol

Berikutnya, poros engkol atau yang biasa disebut dengan crankshaft bisa jadi penyebab bunyi klotok klotok. Poros engkol merupakan komponen di dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menggerakan piston agar gerakannya bisa memutar.  

Pada komponen ini ada dua jenis bantalan yang digunakan yaitu conrod bearing dan main bearing. Ketika salah satu bantalan tersebut mengalami aus, maka akan membuat suara mesin menjadi kasar hingga mengeluarkan bunyi klotok-klotok. Suara bising tersebut akan terdengar jelas saat kendaraan mobil melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. 

Sebenarnya kerusakan karena bantalan poros engkol yang mengalami aus itu tergolong cukup kecil, hanya saja suara yang muncul akan membuat pengemudi merasa was was. Solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti karet bantalan yang baru.

5. Flange flywheel mengalami kerusakan

Penyebab suara mesin klotok klotok berikutnya yaitu pada komponen flange flywheel yang mengalami kerusakan. Pasalnya, bunyi klotok klotok tidak hanya terjadi pada jenis mobil manual, mobil matic pun juga bisa. 

Flange flywheel terdapat pada bagian torque converter. Bagian mesin mobil bunyi klotok klotok tersebut disebabkan karena flange flywheel patah dan bergeser sehingga menyentuh bodi mobil. Jika kerusakan tersebut terjadi, sebaiknya segera ganti komponen tersebut agar performa kendaraan kembali lancar.

6. Pengisian bahan bakar yang tidak sesuai

Nah, bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil juga bisa menjadi penyebab bunyi klotok klotok. Ketika ada bahan bakar yang tidak sesuai kadar oktannya dan diolah mesin, maka bunyi aneh bisa terdengar dari kap mobil. 

Kondisi seperti ini biasa disebut dengan istilah engine knocking alias mesin mobil ngelitik.  Akibat pengisian bahan bakar yang tidak dianjurkan, maka proses pembakaran jadi tidak sempurna. Dampaknya timbul gesekan yang suaranya mirip ketukan logam dan terdengar dari dalam mesin.  

Tanda-ganda mesin yang mengalami engine knocking bisa timbul saat mobil melaju dengan RPM rendah. Jika hal itu terjadi, Sahabat perlu melakukan tone up dan ganti bahan bakar dengan yang sudah direkomendasikan. 

Baca juga: Penting! Ini 12 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Tek Tek

7. Kerusakan pada header knalpot manifold tabung

Selain dari mesin, header knalpot manifold, yang platnya sudah mengalami korosi juga bisa menyebabkan suara klotok klotok. Ciri-ciri header knalpot yang mengalami kerusakan biasanya akan mengeluarkan bunyi klotok klotok saat mesin dalam kondisi panas dan gas sedang ditarik. Akan tetapi saat mesin masih dingin, bunyi klotok klotok tidak terlalu terdengar. Tapi hal tersebut bisa diatasi dengan mengganti komponen yang korosi. Apabila tidak segera dilakukan maka akan menyebabkan mesin mudah panas.  

8. Puli AC sudah aus

Pendingin udara atau AC juga bisa jadi penyebab. Kondisi puli AC pada mobil yang sudah aus bisa menyebabkan mesin mengeluarkan bunyi klotok klotok. Mesin akan berdesis kasar dan suaranya bisa berlanjut secara terus menerus. Ketika AC dinyalakan, maka bunyi tersebut akan terdengar lebih keras.  

Kondisi puli AC yang rusak harus segera diperbaiki karena akan berdampak pada kerusakan mesin utama. Karena bagian puli AC terhubung langsung pada alternator, mesin, timing belt dan dinamo servo. Perbaiki puli AC yang sudah aus dengan puli AC baru dan bagian AS juga.

9. Ring atau baut mulai kendor

Penyebab terakhir mesin mobil mengeluarkan suara klotok-klotok yaitu di bagian ring atau kondisi baut mobil yang kendor. Hal ini biasanya ditandai dengan bunyi klotok klotok yang suaranya mengikuti getaran mesin. Jadi suara yang dihasilkan bisa lebih keras daripada biasanya. Jika tidak segera diperbaiki, maka akan mengakibatkan komponen lainnya ikut bergetar. 

Cara memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan membawa langsung mobil ke bengkel untuk menyambung kembali ring atau baut mobil yang kendor. Masalah tersebut memang terlihat sepele, tapi jika tidak segera diperbaiki maka bisa membuat performa kendaraan menjadi tidak stabil.

Baca juga: Jika Mesin Mobil Bunyi Nging, Segera Cek Bagian Ini

10. Kotoran karbon

Ternyata penumpukan kotoran karbon pada beberapa komponen juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bunyi klotok-klotok. Beberapa komponen yang rawan kotor dan bikin mesin berbunyi adalah injektor bensin, valve, dan juga permukaan piston. Jadi, sebaiknya OtoFriends mengecek bagian-bagian tersebut dan kalau memang sudah kotor maka segera bersihkan kotoran tersebut.

11. Filter udara kotor

Filter udara yang kotor juga bisa menyebabkan mesin berbunyi. Kalau terdengar bunyi klotok-klotok ketika rpm tinggi, bisa jadi filter udaranya sudah kotor. Kalau komponen ini kotor, aliran udara akan menjadi kurang lancar. Penggunaan bahan bakar juga makin boros dan tenaga mobil terasa berkurang. Sebab ruang bakar mesin tidak mendapatkan asupan udara bersih untuk melakukan pembakaran dengan sempurna. Paling tidak, ganti filter udara ini setiap sebulan sekali kalau mobil sering digunakan.

Itu adalah 11 penyebab mesin mobil bunyi klotok-klotok yang perlu diwaspadai demi kenyamanan dan keamanan. Selanjutnya, mari kita bahas tentang cara servis mesin mobil yang berbunyi.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok

Salah satu cara mengatasi mesin mobil bunyi klotok-klotok bisa dilakukan dengan sederhana. Selain menghilangkan bunyi pada mesin, cara ini bisa menjaga kestabilan performa mobil dan juga efisiensi penggunaan bahan bakar.

Caranya adalah dengan melakukan pembersihan pada mesin. Fasilitas pembersihan mesin mobil di bengkel-bengkel terdekat adalah menggunakan carbon clean. Cara ini aman, ampuh, dan tidak ribet untuk mengatasi mesin mobil bunyi klotok-klotok. Gunakan alat sejenis vakum untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pembersihan menggunakan carbon clean bisa dilakukan setiap 10.000 km.

Cara menggunakan carbon clean adalah dengan memasukkan cairan tersebut ke ruang bakar yang langsung ke permukaan piston melalui lubang busi. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu cairan disedot kembali. Kita bisa melihat seberapa banyak kerak karbon yang bisa berhasil diangkat. Sebagai catatan, lakukan proses pembersihkan ini saat mesin panas.

Setelah itu, langkah terakhir yang bisa dilakukan selain carbon clean adalah menggunakan Top Overhaul OH yaitu mesin turun setengah. Akan tetapi, biayanya memang cukup besar karena ada bagian yang harus diganti, yaitu packing cylinder head, packing tutup klep, dan juga seal klep.

Demikian pembahasan tentang penyebab mesin mobil bunyi klotok-klotok dan cara mengatasinya. Untuk hasil yang memuaskan, pilih bengkel terdekat yang terpercaya untuk melakukan servis mobil.

Ada 2.000+ bengkel yang tersedia di aplikasi Otoklix. Tidak perlu khawatir ketok harga, sebab OtoFriends bisa melihat harga layanannya sebelum booking servis. Banyak layanan servis tersedia, mulai dari cuci mobil, ganti oli, sampai dengan tune up.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mesin Mobil Bunyi Klotok-klotok


Banyak faktor yang menyebabkan mesin mobil berbunyi. Beberapa penyebabnya adalah oli yang belum naik, menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, celah yang terlalu lebar, bahkan sampai masalah pada AC.


Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembersihkan ruang mesin menggunakan carbon cleaner. Cara lain untuk servisnya adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat untuk didiagnosis.


Penyebab mobil ngelitik di antaranya adalah komponen-komponen yang kotor seperti kotoran pada injektor bensin, valve, filter udara bahkan permukaan piston.