OtoFriends ingin melakukan perjalan jauh? Jangan lupa perhatikan dulu tekanan ban mobil Avanza masing-masing! Pasalnya, tekanan ban mobil yang kurang atau berlebih bisa berbahaya bagi keselamatan penumpang. Tak hanya itu, tekanan ban yang kurang diperhatikan juga bisa menyebabkan boros BBM dan banyak lagi. 

Tidak semua tekanan ban mobil Avanza sama, tergantung ukuran ban yang digunakan dan beban angkutnya. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak sampai habis ya!

    Berapa Ukuran Standar Tekanan Ban Mobil Avanza?

    Pada umumnya, tekanan ban mobil Avanza yang ideal adalah 33 Psi untuk ban depan dan 36 Psi untuk ban belakang. Angka itu sebenarnya sudah tertera di pintu mobil samping jok pengemudi masing-masing.

    Akan tetapi, tekanan ban tersebut bisa berbeda-beda tergantung ukuran ring ban mobil yang digunakan. Sebagaimana diketahui, Toyota Avanza hadir dengan beberapa tipe mobil yang memiliki ukuran ban yang berbeda-beda satu sama lainnya.

    Ukuran ban Toyota Avanza tipe E dan tipe G adalah ring 14, sedangkan Toyota Avanza tipe S atau Avanza Veloz, memakai ukuran ban ring 15. Berapa tekanan ban mobil yang ideal untuk masing-masing ukuran tersebut?

    Batas Toleransi Tekanan Ban Mobil Avanza

    Berikut batas toleransi tekanan ban mobil Avanza berdasarkan ukuran ban mobil yang digunakan:

    1. Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 14

    Selain ditentukan berdasarkan ukuran ban mobil, beban penumpang juga berperan dalam menentukan tekanan ban pada mobil Avanza. Untuk ring 14 yang hanya diisi 1-2 penumpang tanpa barang bawaan, maka tekanan bannya cukup 31 Psi (2.4 bar) pada ban depan dan 35 Psi (2.4 bar) pada ban belakang.

    Sedangkan, untuk ban ring 14 bermuatan penuh antara 5-7 penumpang dengan barang bawaan di bagasi belakang, maka tekanan bannya perlu ditambah. Ukuran tekanan ban yang ideal untuk kondisi tersebut menjadi 34 Psi (2.3 bar) pada ban depan dan 38 Psi (2.6 bar) pada ban belakang.

    2. Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 15

    Hal serupa juga berlaku pada Toyota Avanza tipe S atau Veloz yang menggunakan ban ring 15. Untuk kondisi standar yang mana mobil hanya diisi 1-2 penumpang tanpa barang bawaan, maka tekanan bannya adalah 33 Psi (2.3 bar) pada ban depan, dan 36 Psi  (2.5 bar) pada ban belakang.

    Sedangkan, jika bermuatan penuh yang dimasuki 6-7 penumpang ditambah barang bawaan, maka tekanan bannya adalah 34 Psi (2.3 bar) untuk ban depan dan 38 psi (2.6 bar) untuk ban belakang. 

    Tips Menjaga Tekanan Ban Mobil Avanza

    Pemeliharaan tekanan ban sangat penting demi pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. Tak hanya itu, tekanan ban yang tetap dijaga sesuai batas toleransinya bisa membuat bahan bakar kendaraan lebih hemat dari yang asal-asalan.  

     Untuk itu, perlu juga mengetahui tips menjaga tekanan ban mobil Avanza. Berikut ulasannya: 

    1. Sesuaikan Tekanan Ban dengan Beban Angkut

    Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, beban angkut juga mempengaruhi ukuran tekanan ban mobil Avanza. Maka untuk itu, penting sekali untuk menyesuaikan tekanan ban dengan beban angkutnya. 

    Lantaran, bila tekanan ban terlalu besar padahal beban angkutnya tidak banyak, maka bisa menyebabkan aus di bagian tengah. Jika dibiarkan bisa membuat ban mengembang dengan tidak normal, akhirnya mudah pecah jika terkena benturan. Tentu hal itu sangat berbahaya, bukan? 

    Sedangkan, bila tekanan ban lebih rendah dari beban angkutnya, bisa menimbulkan keausan pada sisi ban. Akibatnya bisa merusak lapisan ban, kemudian membuat laju mobil semakin berat. Hal itu bila dibiarkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan alhasil boros bahan bakar. OtoFriends tentu tak ingin hal itu terjadi, kan?

    2. Jaga Kebersihan Telapak dan Dinding Samping Ban

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan telapak dan dinding samping ban. Coba cek kedua bagian ban tersebut, bila ada batu atau benda tajam lainnya yang menyelip di alur ban, segera dibersihkan.

    Bila dibiarkan menempel, lama-lama bisa menyebabkan ban bocor yang tentunya berbahaya buat perjalanan. Jika ban OtoFriends ada yang bocor, segera ganti dan pastikan tekanan anginnya cocok dengan ukuran ban dan beban angkutnya.

    3. Periksa Rutin Tekanan Ban Mobil

    Terakhir, yang tak kalah penting adalah melakukan periksa rutin terhadap tekanan ban mobil Avanza kamu. Lakukan pemeriksaan rutin tersebut setidaknya setiap dua minggu sekali.  

    Hal ini perlu dilakukan terutama saat suhu ban sudah dingin. Mengingat, ban dengan suhu panas bisa meningkatkan tekanan angin sehingga pembacaannya bakal tidak efektif. 

    Cek tekanan ban mobil Avanza, balancing, dan spooring bisa dilakukan di bengkel terdekat. OtoFriends bisa mengaksesnya melalui aplikasi Otoklix. Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat dan kamu juga bisa langsung melihat harganya sesuai jenis pelayanan.

    Selain itu, OtoFriends juga bisa melihat sudah berapa banyak customer yang booking di bengkel itu melalui aplikasi tersebut. Jangan khawatir, bengkel mitra Otoklix menggunakan spare part original lho!