Suara mesin mobil kasar saat di gas jadi masalah yang mengganggu kenyamanan berkendara. Pasalnya, suara mesin mobil jadi terdengar berisik dan sering kali getaran muncul hingga ke bagian setir. Jika OtoFriends mengalami masalah tersebut, bisa jadi OtoFriends lupa atau tidak melakukan pengecekan dan perbaikan komponen setelah beberapa waktu pemakaian yang sudah ditentukan.

Lantas apa yang harus dilakukan? Berikut Otoklix rangkum informasi selengkapnya terkait penyebab dan solusi mengatasi masalah suara mesin mobil kasar saat di gas.

Baca juga: Penting! 12 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Tek Tek

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat di Gas

Masalah suara mesin mobil kasar saat di gas umumnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab utama terletak pada gesekan logam antar komponen mesin mobil yang merupakan tanda adanya kerusakan pada komponen tersebut. Adapun beberapa penyebab lainnya antara lain:

Masalah pada Kompresor AC Mobil

Rusaknya kompresor AC mobil bisa jadi pemicu masalah suara mesin mobil kasar saat di gas. Coba cek kompresor AC mobil OtoFriends apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Adapun kerusakan kompresor AC mobil biasanya dipicu oleh kurangnya volume oli atau banyaknya kotoran yang menumpuk pada oli dan juga komponen lainnya. 

Kurangnya Volume Oli Kendaraan

Perlu diketahui, kurangnya volume oli kendaraan tidak hanya akan menjadi penyebab suara mesin mobil kasar saat di gas atau rusaknya kompresor AC mobil. Akan banyak muncul masalah lainnya jika volume oli kendaraan tidak sesuai takaran yang ditentukan. Biasanya berkurangnya volume oli ini disebabkan oleh oli yang sudah kotor dan jarang diganti. OtoFriends bisa melakukan pengecekan kondisi dan volume oli dengan melihat dipstick pada tangki oli. Perhatikan kualitas dan warna oli, sesuaikan takarannya, dan pastikan oli tidak bercampur dengan cairan lainnya atau kotoran menempel. Hal tersebut perlu dilakukan secara rutin agar oli sebagai pelumas komponen mesin mobil bisa bekerja dengan maksimal. 

Masalah pada Celah Katup Mesin

Penyebab suara mesin mobil kasar saat di gas lainnya adalah adanya masalah pada celah katup mesin. Celah katup yang tertutup terlalu rapat atau terlalu renggang bisa mengakibatkan munculnya bunyi karena batang katup akan menekan bagian lain sehingga terdengar suara. Mengatasi hal ini, OtoFriends harus membawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix untuk melakukan perawatan dan pengecekan rutin. Pastikan celah katup mesin tertutup dengan setelan 0,2 hingga 0,3 mm.

Baca juga: 11 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok dan Cara Servisnya

Bearing Mobil Rusak

Bearing mobil yang rusak jadi penyebab masalah suara mesin mobil kasar saat di gas yang paling sulit untuk diperbaiki. Masalahnya mendeteksi kerusakan bearing mobil sangat susah karena harus disesuaikan dengan komponen mesin mobil tersebut. Bearing terdiri atas banyak komponen lainnya seperti water pump, idler, kompresor, dll. OtoFriends harus melakukan perbaikan di bengkel untuk bisa menemukan letak kerusakan dari bearing mobil OtoFriends.

Sabuk Pengaman Mobil Bermasalah

Penyebab terakhir adalah adanya kerusakan pada sabuk pengaman mobil. Sekedar informasi, sabuk pengaman mobil ini menghubungkan satu pull dengan pull lainnya. Tidak hanya itu, sabuk pengaman juga menghubungkan kipas radiator mobil dengan kompresor AC serta alternatornya. Biasanya sabuk pengaman yang rusak disebabkan oleh adanya kotoran dan debu yang menumpuk sehingga sabuk pengaman menjadi kurang pas jika digunakan, alhasil masalah suara mesin mobil kasar saat di gas pun terjadi. 

Solusi dan Cara Membuat Mesin Mobil Halus

Idealnya penggantian mobil harus dilakukan setiap 5 tahun sekali, sedangkan pengecekan rutin dilakukan setidaknya setiap 6 bulan sampai dengan 12 bulan atau ketika kendaraan sudah mencapai kelipatan 10.000 km. Hal ini dilakukan karena mesin mobil diluar masa pemakaian tersebut akan membutuhkan perawatan lebih ekstra dan mahal.

Sehingga solusi mengatasi suara mesin mobil kasar saat di gas adalah dengan membawa mobil untuk pengecekan dan perawatan rutin di bengkel rekanan Otoklix. 

Baca juga: 9 Penyebab Suara Mesin Mendengung dan Solusinya

Rutin melakukan perawatan dan pengecekan setidaknya setiap 6 bulan sekali akan membantu OtoFriends untuk menghemat biaya perbaikan dan menjaga kualitas komponen bekerja tetap maksimal. 

Jika OtoFriends tidak sempat melakukan perawatan rutin di bengkel, OtoFriends bisa menghubungi kami dan tenaga profesional Otoklix akan langsung mendatangi  rumah OtoFriends untuk melakukan pengecekan.

Adapun jika OtoFriends ingin melakukan perawatan secara mandiri untuk menghindari masalah suara mesin mobil kasar saat di gas dengan membuat suara mesin mobil menjadi halus, OtoFriends bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Menggunakan oli mesin mobil yang sesuai spesifikasi yang dibutuhkan
  • Pastikan komponen AC tetap dalam kondisi bersih
  • Lakukan monitoring mandiri terhadap komponen di luar mesin mobil
  • Periksa mounting atau dudukan komponen seperti dudukan mesin, dudukan transmisi, dan dudukan suspensi
  • Gunakan bahan bakar sesuai dengan anjuran

Servis di Bengkel Rekanan Otoklix

Servis di bengkel rekanan Otoklix, OtoFriends akan mendapatkan keuntungan tidak hanya dari segi tenaga ahli profesional dan pelayanan berkualitas melainkan juga dari harga yang lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. OtoFriends bisa mengetahui harga secara langsung di awal booking servis. Harga transparan dan 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

Pertanyaan Seputar Suara Mesin Mobil Kasar Saat di Gas

Masalah suara mesin mobil kasar saat di gas umumnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab utama terletak pada gesekan logam antar komponen mesin mobil yang merupakan tanda adanya kerusakan pada komponen tersebut.


Mesin mobil berisik bisa menjadi indikator adanya kerusakan salah satu komponen mesin mobil.


Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghaluskan suara mesin mobil, mulai dari menggunakan bahan bakar dan oli yang sesuai, rutin melakukan monitoring komponen, memastikan komponen AC tetap bersih, dan selalu mengecek kondisi dudukan komponen mesin mobil.