Alarm mobil tidak berfungsi bisa membuat pemiliknya menjadi was-was. Pasalnya, alarm mobil menjadi komponen penting dalam mencegah tindak pencurian yang semakin marak dan kerap terjadi. Jika mengalami hal serupa, ada beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan untuk memperbaikinya.

Penyebab Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, Otoklix akan bagikan beberapa penyebab mengapa remote alarm mobil tidak berfungsi. Tak jauh berbeda dengan komponen elektrik mobil lainnya, alarm mobil juga bisa mengalami gangguan dan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Bahkan, alarm juga bisa berbunyi sendiri tanpa adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya. Lantas, apa yang menyebabkan alarm mobil tidak berfungsi? Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari baterai central lock habis hingga kerusakan pada sekring. Simak penjelasan berikut untuk informasi lebih jelasnya.

1. Baterai central lock habis

Usia baterai remote alarm kemungkinan sekitar tiga tahun saja. Ketika baterai central lock kehabisan daya, alarm mobil akan terus menerus berbunyi. Jika sudah begini, kita diharuskan membuka pintu secara manual.

2. Mode valet alarm mobil aktif

Mode valet biasa diaktifkan ketika menggunakan layanan valet parking. Tujuannya, untuk membuat alarm berada dalam mode senyap. Jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci tapi indikator alarm menyala terus-terusan, ada kemungkinan mode valet sedang aktif.

Mengubah mode valet kembali ke mode normal cukup dengan buka pintu kemudi mobil, kemudian tekan tombol bergambar gembok tertutup pada alarm. Setelah itu, ganti tekan tombol bergambar gembok tidak terbuka.

3. Sensor pintu tidak berfungsi dengan baik

Alarm mobil yang error juga bisa disebabkan oleh sensor pintu tidak berfungsi. Biasanya, kerusakan pada sensor pintu mobil akan menyebabkan sensitivitas mobil menjadi semakin tinggi. Tak berhenti sampai disitu, saklar lampu yang ada pada pintu juga tidak bisa berfungsi sehingga membuat alarm berbunyi tanpa sebab.

4. Aki mobil soak

Aki merupakan pusat tenaga listrik seluruh komponen elektrik pada mobil. Jika aki dalam kondisi soak, kinerja alarm secara otomatis juga akan terganggu. Aki soak cukup mudah dikenali. Umumnya suara dari alarm akan melemah saat digunakan.

5. Sambungan kabel terputus

Penyebab alarm mobil tidak berfungsi berikutnya yaitu terputusnya sambungan kabel. Hal ini bisa terjadi karena pemasangan alarm tidak dilakukan dengan benar, sehingga kabel mengalami kendor atau putus. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh tikus yang menggigit kabelnya. 

6. Gangguan frekuensi

Perlu OtoFriends ketahui bahwa alarm mobil menggunakan remot yang notabennya memanfaatkan frekuensi untuk penggunaanya. Jadi jangan heran apabila alarm mobil berpotensi mengalami gangguan frekuensi.

7. Modul alarm mengalami kerusakan

Kunci alarm mobil tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena modulnya mengalami kerusakan. Jika terjadi kerusakan pada modul alarm, maka tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine. Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci.

8. Kerusakan pada sekring

Terakhir, alarm mobil tidak berfungsi mungkin mengindikasikan adanya kerusakan pada sekring. Sekring ini letaknya berada di bawah dashboard pengemudi.

Cara Memperbaiki Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaiki alarm mobil tidak berfungsi.

Ganti baterai alarm

Salah satu ciri-ciri jika baterainya mulai melemah, yaitu lampu indikator remote mulai meredup. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengganti baterai dengan yang baru dan berkualitas.

Perbaiki frekuensi alarm

Memarkir mobil dekat dengan menara pemancar radio berpotensi mengganggu gelombang radio yang diterima mobil dari remot pintu. Coba dekatkan remot dengan mobil saat akan menekan tombol remot agar receiver alarm dapat menerima gelombang radio lebih baik

Ganti modul alarm

Untuk mengatasi masalah pada modul alarm, kita jelas harus menggantinya dengan modul yang baru. Namun, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik yang memahami perihal sistem alarm sebelum ganti modul baru agar alarm mobil bisa berfungsi kembali secara optimal.

Periksa sambungan kabel

Coba cek kembali instalasi kabel mulai dari modul, central lock dan actuator. Jika kondisi kabel masih layak, bisa disambungkan kembali. Namun kabel yang sudah rusak parah sebaiknya diganti dengan yang baru.

Ganti aki

Aki soak tentu tidak bisa diandalkan performanya. Jika sudah demikian, ada baiknya ganti aki mobil baru agar alarm dan komponen lain yang menggunakan tenaga listrik bisa kembali berfungsi optimal.

Mengganti aki mobil yang soak bisa dilakukan di bengkel terdekat. Temukan bengkel aki terpercaya untuk membantu ganti aki melalui aplikasi Otoklix. Unduh aplikasinya dan booking bengkelnya sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Alarm mobil tidak berfungsi disebabkan oleh baterai central lock kehabisan daya hingga kerusakan pada sekring.

Untuk mengatasi masalah pada modul alarm, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik sebelum ganti modul baru.

Baterai remote alarm mobil yang habis menyebabkan mobil tidak bisa dikunci menggunakan remote.