Saat mendapati kunci mobil sulit dicabut tak sedikit dari kita akan merasa panik dan bingung harus berbuat apa. Baik mobil matic maupun mobil manual, persoalan seperti ini umum terjadi. Untuk menghindarinya, sebaiknya otoFriends cari tahu penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut.

Meskipun mobil kita sudah menggunakan teknologi keyless, namun persoalan baru timbul yakni kunci mobil tidak bisa lock. Oleh karena itu, kita tetap membutuhkan kunci manual di saat-saat darurat seperti itu. 

Meskipun sudah menggunakan kunci manual tetapi kunci masih tetap sulit dicabut, maka jangan mencoba untuk menarik paksa kunci mobil.Yuk, cari tahu penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut dan cara mengatasi kunci kontak mobil macet berikut ini.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Kunci Mobil Hilang

4 Penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut

Terdapat 4 penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut, di antaranya karena posisi transmisi belum netral, kunci mobil bengkok, ada masalah pada silinder kontak hingga sistem kemudi yang terkunci. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing penyebabnya.

1. Posisi transmisi belum netral

Penyebab yang paling umum adalah mesin mobil sudah mati tetapi transmisi belum berada di posisi netral (N) atau park (P). Jika posisi mobil diam dan ingin melaju maka kita bisa memindahkan transmisi dari posisi netral atau park ke posisi 1 atau drive.

Namun lain halnya bila kita akan mematikan mesin mobil, maka sebaiknya pindahkan terlebih dulu tuas transmisi menuju posisi netral untuk mobil manual dan posisi park untuk mobil matic. 

Cara cabut kunci mobil matic posisi netral ini biasanya yang paling ampuh untuk dilakukan mengingat kebiasaan buruk pengemudi segera mematikan mesin mobil sebelum memindahkan tuas.

Saat posisi transmisi sudah berubah berada di posisi netral atau park, maka kita bisa mencabut kunci mobil secara perlahan-lahan.

2. Kunci mobil bengkok

Kunci mobil bengkok bisa terjadi bila pengemudi sering menarik paksa kunci mobil. Kebiasaan memutar dan mencabut kunci dengan cara dipaksa ini lama kelamaan dapat membuat kunci jadi bengkok dan sulit dicabut.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Atasi Kunci Mobil yang Patah

3. Gangguan pada silinder kontak

Silinder kontak atau silinder kunci kontak merupakan tempat untuk memasukkan kunci mobil. Saat komponen ini mengalami gangguan atau kerusakan, maka kunci mobil sulit dimasukkan atau dicabut. 

Silinder kontak yang bermasalah bisa disebabkan karena pegas yang kurang sejajar atau endapan debu di dalam silinder tersebut sehingga kunci mobil tidak dapat dicabut.

4. Sistem kemudi terkunci

Penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut yang terakhir adalah sistem kemudi yang terkunci sehingga kunci sulit dicabut. Namun sebenarnya fitur penguncian sistem kemudi ini memiliki fungsi sebagai fitur keamanan tambahan supaya mobil tidak dapat berjalan.

Cara mengatasi kunci mobil tidak bisa dicabut

Jika OtoFriends mendapati kunci mobil sulit dicabut dari kontaknya, maka sebisa mungkin kita tak perlu panik dan tetap berpikir jernih untuk mencari tahu cara mencabut kunci yang tidak bisa dicabut tersebut. 

Apabila memungkinkan untuk bisa membawa mobil ke bengkel maka segera bawa mobil ke bengkel. Akan tetapi, bila ternyata sulit untuk membawanya ke bengkel mobil, maka berikut ini cara mencabut kunci mobil darurat.

Baca juga: 6 Cara Mudah Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Mengaktifkan rem tangan

Langkah awal untuk mengatasi kunci mobil matic yang tidak bisa dicabut adalah dengan mengaktifkan rem tangan terlebih dulu supaya pada saat kita berusaha mengeluarkan kunci, mobil tetap dalam keadaan diam dan tidak bergerak.

Menekan dan memutar kunci secara perlahan

Setelah rem tangan diaktifkan, kemudian kita bisa sedikit menekan kunci lalu memutar sistem kemudi secara perlahan. Putar kemudi ke arah kiri lalu ke kanan agar kita menemukan celah untuk memutar kunci.

Memeriksa posisi transmisi

Periksa di mana posisi transmisi mobil. Apakah sudah di posisi netral (N) untuk mobil transmisi manual atau posisi park (P) untuk mobil transmisi otomatis. Bila belum maka ubah posisi transmisinya terlebih dulu baru putar kembali kunci kontak dan cabut secara perlahan.

Memberikan pelumas di bagian silinder kontak

Bagian silinder kontak rentan mengendap kotoran dan debu yang membuat kunci mobil jadi sulit dicabut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita dapat membersihkan bagian silinder kontak menggunakan cairan pelumasan.

Caranya dengan menyemprotkan cairan pelumasan tersebut dan diamkan selama 2 sampai 5 menit. Lalu OtoFriends bisa memutar dan mencabut kunci secara perlahan.

Oleh karena itu, pentingnya merawat mobil supaya komponen-komponen mobil terawat dan memiliki usia pakai lama. Caranya dengan rutin melakukan servis mobil seperti ganti oli mobil atau memeriksa daya cengkram ban mobil.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Kunci Mobil Matic Tidak Bisa Dicabut :


Ada 4 penyebab kunci mobil matic tidak bisa dicabut, bisa dikarenakan posisi transmisi belum di posisi park/netral, kunci mobil bengkok, bagian silinder kontak bermasalah, hingga sistem kemudi yang terkunci.


Cara mengatasi kunci mobil matic sulit dicabut dimulai dari mengaktifkan rem tangan, menekan dan memutar kunci secara perlahan, memeriksa posisi transmisi hingga memberikan pelumas di bagian silinder kontak.


Caranya dengan menyemprotkan cairan pelumasan tersebut dan diamkan selama 2 sampai 5 menit. Lalu OtoFriends bisa memutar dan mencabut kunci secara perlahan.