Penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam terjadi akibat ketidak seimbangan beberapa komponen mesin mobil. Apabila hal ini terjadi, OtoFriends harus segera sadar dan waspada karena penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam berisiko membahayakan keselamatan. Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 80km/jam

Berbeda dengan penyebab setir mobil bergetar pada kecepatan rendah yang biasanya terjadi karena busi mati atau kerusakan pada as roda, shockbreaker dan cross joint mobil. Perlu diketahui, ada beberapa penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam. Biasanya berkaitan dengan masalah pada kaki-kaki mobil. Jika Hal ini terjadi, pastikan OtoFriends melakukan pemeriksaan dan perbaikan segera di bengkel rekanan Otoklix pada beberapa komponen berikut:

1. Ban Mobil

Ban mobil adalah komponen pertama yang dapat menjadi penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam. Apabila kondisi ban mobil tidak seimbang seperti ukuran ban berbeda dengan kapasitas dan ukuran standar mobil, atau ban kekurangan angin, bisa dipastikan ban berputar dalam kapasitas performa yang tidak layak guna.

Alhasil, apabila ban dipacu dengan kecepatan tinggi, kerja shockbreaker akan menjadi lebih berat dan menimbulkan kerusakan pada bagian mobil lainnya. Kondisi ini juga tentu berisiko menjadi penyebab kecelakaan dan membahayakan nyawa OtoFriends sebagai pengendara.

2. Velg Mobil

Kedua, kondisi velg mobil yang tidak layak. Velg mobil yang penyok atau tidak normal akan mengganggu kinerja putar ban mobil. Alhasil, ban mobil bekerja tidak optimal. Pastikan OtoFriends segera melakukan perbaikan atau mengganti velg mobil OtoFriends yang rusak untuk menjamin keselamatan berkendara, sehingga masalah dan penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam tidak menghampiri mobil OtoFriends.

3. Kaki Mobil

Tidak hanya kondisi velg mobil, kaki mobil yang aus atau rusak juga bisa menjadi penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam. Kondisi kaki mobil yang aus atau rusak bisa diatasi dengan penggantian sparepart yang baru. Namun pastikan OtoFriends mengganti kaki mobil OtoFriends dengan sparepart yang orisinil, untuk menghindari risiko kerusakan komponen mobil lainnya.

4. Bearing

Bearing disebut juga leher roda merupakan komponen vital pada mobil. Bearing berfungsi untuk memastikan roda dapat berputar dengan aman sesuai dengan kecepatan kendaraan. Kondisi bearing mobil yang aus akan menjadi penghambat bearing mobil bekerja maksimal.

Alhasil, apabila OtoFriends berkendara dengan kecepatan tinggi, risiko bearing menjadi penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam mungkin akan terjadi. Mengantisipasi hal ini, OtoFriends dapat melakukan perawatan dan pengecekan rutin untuk memastikan bearing mobil dalam kondisi yang prima. 

Penyebab Setir Mobil Bergetar di Jalan Rusak

Sudah tahu penyebab setir bergetar di kecepatan rendah dan kecepatan tinggi 80km/jam, OtoFriends juga perlu tahu penyebab setir mobil bergetar di jalan rusak. Biasanya masalah setir mobil bergetar di jalan rusak terjadi karena piringan rem tidak rata atau bergelombang.

Alhasil, ketika OtoFriends melakukan pengereman saat sedang berkendara di jalanan rusak, sistem pengereman mobil akan merespon bergetar, sehingga getaran akan terasa sampai ke setir mobil.

Baca juga: Penyebab Stir Mobil Bunyi Saat Jalan Rusak dan Berbelok

Tips Perbaikan Setir Mobil Bergetar

Mengatasi masalah dan penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam, OtoFriends bisa coba melakukan spooring balancing di bengkel tepercaya rekanan Otoklix. Spooring dan balancing adalah jenis servis ban mobil yang sangat penting dilakukan karena merupakan treatment khusus untuk perawatan kaki-kaki mobil.

Adapun spooring berfungsi untuk menyesuaikan kembali kedudukan roda-roda mobil agar sama dengan setelan pabrik. Sedangkan balancing merupakan perawatan mobil untuk menyesuaikan berat keseluruhan roda mobil, termasuk dengan beban dan pelek mobil. 

Jika OtoFriends jarang melakukan perawatan spooring dan balancing, bisa dipastikan ban mobil OtoFriends tidak bekerja optimal karena terdapat beberapa komponen yang aus dan menjadi penyebab kaki-kaki mobil tidak bisa menyesuaikan beban.

Baca juga: Service Stir Mobil, Ini Bagian yang Perlu Dicek dan Biayanya

Tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Lakukanlah perawatan spooring dan balancing setidaknya ketika mobil OtoFriends sudah menempuh jarak sejauh 10.000 km. Namun jika OtoFriends rutin menggunakan mobil setiap harinya, pastikan OtoFriends melakukan spooring dan balancing setiap satu tahun sekali.

Beberapa gejala yang akan muncul sebagai tanda mobil OtoFriends perlu perawatan spooring dan balancing antara lain:

  1. Setir terasa berat
  2. Setir mobil tidak kembali ke posisi awal ketika bermanuver
  3. Ban miring ketika parkir
  4. Mobil sulit di kontrol
  5. Setir bergerak sendiri
  6. Keempat roda mobil tidak terlihat sejajar ketika mobil dalam kondisi diam
  7. Posisi ban mobil dari belakang tampak miring
  8. Permukaan ban aus atau tidak rata

Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara 

Biaya Perbaikan Setir Mobil Bergetar

Adapun biaya servis mobil spooring dan balancing biasanya berkisar Rp90 ribu hingga Rp150 ribuan, tergantung dari kondisi mobil OtoFriends. Servis mobil mudah bisa dilakukan di bengkel rekanan Otoklix, harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 80km/jam

Ada beberapa penyebab setir mobil bergetar kecepatan 80km/jam. Biasanya berkaitan dengan masalah pada kaki-kaki mobil.

Mengatasi masalah setir mobil bergetar bisa dilakukan dengan spooring dan balancing. Spooring dan balancing adalah jenis servis ban mobil yang sangat penting dilakukan karena merupakan treatment khusus untuk perawatan kaki-kaki mobil.

Adapun spooring berfungsi untuk menyesuaikan kembali kedudukan roda-roda mobil agar sama dengan setelan pabrik. Sedangkan balancing merupakan perawatan mobil untuk menyesuaikan berat keseluruhan roda mobil, termasuk dengan beban dan pelek mobil.