Selain membuat tampilan mobil jadi tidak bagus, baret kaca mobil juga bisa mengganggu pandangan ketika sedang menyetir. Oleh karena itu, penting mengetahui beberapa cara menghilangkan baret kaca mobil.

Untuk baret kaca mobil yang ringan, OtoFriends bisa menghilangkannya sendiri menggunakan bahan-bahan rumahan atau bahan-bahan seperti kompon mobil. Tapi, apabila baretnya cukup dalam atau besar, cara menghilangkannya mungkin harus dengan mendatangi bengkel.

Berikut ini Otoklix rangkum informasi terkait cara ampuh menghilangkan baret kaca mobil menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah atau e-commerce

Baca juga: Inilah Cara Menghilangkan Baret Kasar pada Kaca Mobil

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

OtoFriends bisa menggunakan beberapa bahan ini untuk menghilangkan baret kaca mobil. Caranya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. 

1. Pasta Gigi

Selain digunakan untuk menghilangkan baret pada body mobil, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil.

OtoFriends cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang baret atau tergores, lalu usap menggunakan kain kering atau kain microfiber. 

Ulangi langkah ini sampai kaca mobil kamu benar-benar sudah kinclong dan tidak ada baret. Jika sudah selesai, OtoFriends bisa membilas dengan air dan mengeringkannya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, OtoFriends sebaiknya menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih. 

2. Amonia

Bahan berikutnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan baret pada kaca mobil adalah amonia. Amonia merupakan cairan kimia yang sifatnya keras, sehingga kamu perlu takaran yang sesuai saat menggunakan amonia ini agar aman.

Takaran yang pas untuk amonia adalah mencampurkan setengah ons amonia dengan setengah liter air. Kemudian aduk hingga larut dan tercampur dengan baik. 

Langkah selanjutnya adalah mencelupkan kain bersih pada cairan amonia dan gosokkan pada bagian kaca mobil yang baret. Agar tangan tetap aman dan tidak iritasi, sebaiknya gunakan sarung tangan dari bahan silikon.

Ulangi terus langkah-langkahnya sampai baret pada kaca mobil benar-benar hilang. Lalu, jika sudah selesai maka diamkan hingga cairan amonia terserap dengan baik. OtoFriends pun bisa membersihkan secara keseluruhan menggunakan air. 

3. Cerium Oxide

Kemudian, ada cerium oxide yang bisa juga digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Cerium oxide merupakan bahan kimia yang berbentuk serbuk. 

Selain untuk menghilangkan baret pada kaca mobil, serbuk cerium oxide ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. 

Sebelum menggunakannya, pastikan OtoFriends sudah membersihkan kaca mobil dengan benar, ya. Hal ini dilakukan agar tidak muncul baret dari debu yang menempel saat proses penghilangan baret kaca mobil. 

Caranya yakni dengan mencampur serbuk cerium oxide dengan air. Pastikan takarannya pas, tidak terlalu encer atau tidak terlalu kental.

Kemudian, oleskan cairan cerium oxide dengan kain pada kaca mobil yang baret. Tekan-tekan cairan cerium oxide agar cairan bisa masuk, sehingga hasilnya pun bisa maksimal. 

4. Kompon

Berikutnya ada kompon yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. OtoFriends bisa membeli kompon di toko peralatan bengkel atau e-commerce.

Caranya, kamu bisa langsung mengoleskan kompon pada kaca mobil yang tergores. Kemudian gosok dengan kain kering dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Jika sudah kering, kamu bisa membersihkannya dengan air.

Mengingat kompon memiliki kandungan minyak yang besar, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan kompon, ya. Efeknya bisa membuat kaca mobil jadi kusam dan buram. 

Baca juga: Penutup Kaca Mobil: Rekomendasi, Harga, dan Tips Memilihnya

Penyebab Baret Kaca Mobil

Ada beberapa penyebab umum baret pada kaca mobil. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan baret pada kaca mobil:

1. Debu dan kotoran

Debu, pasir, atau kotoran yang terdapat pada kaca atau pada kain yang digunakan saat membersihkan kaca mobil dapat menjadi penyebab baret pada kaca mobil. 

Saat membersihkan kaca mobil, pastikan untuk menggunakan kain microfiber yang bersih dan bebas dari partikel-partikel keras.

2. Wiper yang aus atau kotor

Jika wiper kaca mobil telah aus atau kotor, juga bisa menyebabkan goresan pada kaca saat digunakan. Wiper yang tidak berfungsi dengan baik atau memiliki bagian yang kasar dapat merusak permukaan kaca.

Pastikan OtoFriends rutin mengganti cairan wiper agar tidak menimbulkan goresan atau membuat kaca mobil jadi buram.

3. Bahan kimia yang tidak tepat

Penggunaan pembersih kaca yang mengandung bahan kimia keras atau abrasif yang tidak sesuai dapat merusak kaca mobil. 

Pastikan untuk menggunakan pembersih kaca yang diformulasikan khusus untuk mobil dan menghindari produk pembersih umum atau bahan kimia yang bisa merusak permukaan kaca.

4. Pohon atau cabang yang menggores

Parkir di bawah pohon atau di area dengan cabang yang menggantung dapat meningkatkan risiko goresan pada kaca mobil. 

Cabang yang bergesekan langsung dengan kaca atau serpihan yang jatuh dari pohon dapat menyebabkan baret.

5. Pemakaian yang tidak hati-hati

Penggunaan yang tidak hati-hati saat membersihkan kaca, seperti menggunakan benda tajam atau kasar, dapat menyebabkan goresan pada kaca. Selalu berhati-hati dan gunakan metode pembersihan yang tepat untuk menjaga kebersihan kaca mobil.

6. Faktor eksternal

Terkadang, baret pada kaca mobil dapat disebabkan oleh faktor eksternal yang tidak dapat dihindari, seperti kerikil atau benda asing lainnya yang terkena kaca saat berkendara.

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tidak Baret

Berikut adalah beberapa tips merawat kaca mobil agar terhindar dari goresan atau baret:

1. Hindari penggunaan bahan abrasif

Sebaiknya jangan menggunakan bahan-bahan abrasif seperti sikat kasar atau kain yang kasar saat membersihkan kaca mobil. 

Gunakan kain microfiber lembut atau spons yang dirancang khusus untuk membersihkan kaca mobil. Bahan-bahan abrasif dapat menyebabkan goresan pada kaca.

2. Gunakan pembersih kaca yang tepat

Gunakan pembersih kaca yang diformulasikan khusus untuk mobil. Hindari menggunakan produk pembersih umum atau bahan kimia yang keras, seperti pemutih, karena dapat merusak permukaan kaca.

Kaca mobil juga bisa jadi buram apabila OtoFriends menggunakan cairan pembersih kaca yang tidak tepat.

3. Jaga kebersihan kaca secara teratur

Bersihkan kaca mobil secara teratur untuk menghindari penumpukan debu, kotoran, atau residu yang dapat menyebabkan goresan. Bersihkan kaca dengan lembut menggunakan kain microfiber yang lembut dan bersih.

4. Hindari menyentuh kaca langsung dengan tangan

Jangan menyentuh kaca langsung dengan tangan karena minyak atau kotoran yang terdapat pada tangan dapat meninggalkan noda atau jejak pada kaca. Lebih baik menggunakan kain microfiber saat membersihkan kaca.

5. Hindari menggunakan wiper kotor

Pastikan wiper kaca mobil dalam kondisi bersih dan bebas dari kotoran. Wiper yang kotor atau aus dapat meninggalkan goresan pada kaca. Bersihkan wiper secara teratur dan ganti jika sudah aus.

Pastikan juga kamu menggunakan cairan khusus wiper, sehingga tidak menimbulkan noda pada kaca mobil atau membuat kaca mobil jadi buram.

6. Parkir dengan bijak

Hindari parkir mobil OtoFriends di tempat yang rentan terhadap risiko goresan atau baret, seperti area dengan banyak pohon atau daerah dengan pasir atau kerikil yang kasar. 

Pilih tempat parkir yang aman dan bebas dari benda-benda tajam yang dapat merusak kaca.Jika ada goresan kecil atau kerusakan pada kaca, periksa dan perbaiki segera. Goresan kecil yang dibiarkan dapat memperburuk kondisi kaca seiring waktu.

Dengan merawat kaca mobil dengan hati-hati dan mengikuti tips di atas, maka kaca mobil OtoFriends akan tetap bagus dan terhindar dari goresan. 

Apabila bekas goresan pada kaca mobil belum juga hilang, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan detailing pada kaca mobil, sehingga bisa kinclong lagi.

OtoFriends bisa mendatangi bengkel Otoklix terpercaya yang sekarang sudah buka di beberapa tempat, seperti di Simprug, Ciputat, Depok, dan Mangga Dua. 

Layanan di bengkel Otoklix lengkap, mulai dari servis rutin mobil, ganti oli, tune up, servis AC mobil, hingga ganti ban mobil. 

Manfaatkan Aplikasi Otoklix untuk mendapatkan harga yang lebih murah hingga 50%! Ada jaminan garansi juga sampai 14 hari, loh! Yuk, ke bengkel Otoklix sekarang juga. 

Ganti oli mobil di bengkel Otoklix mulai dari Rp89 ribu per liter. Booking sekarang lewat Aplikasi Otoklix dan dapatkan harga yang lebih murah hingga 50%. Download Aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan seputar Menghilangkan Baret Kaca Mobil

OtoFriends dapat menggunakan beberapa bahan yang bisa dibeli sendiri, seperti pasta gigi, amonia, kompon, dan cerium oxide.

Bisa, kompon cukup efektif untuk menghilangkan baret pada body mobil dan juga kaca mobil. Kamu cukup mengoleskan kompon menggunakan kain microfiber, ya.

Penyebab baret pada kaca mobil di antaranya adalah karena debu, kotoran, wiper yang sudah aus, terkena batu saat berkendara, hingga penggunaan cairan pembersih kaca yang tidak tepat.