Cekbansos kemensos.go.id BBM adalah salah satu cara termudah untuk mendaftar dan memeriksa apakah kita masuk ke dalam daftar DTKS Kemensos go id. Selain Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM), kita bisa lihat daftar bansos Kemensos lainnya.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah program bantuan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Ada 2 jenis bantuan yakni bantuan langsung tunai (BLT) dan program keluarga harapan (PKH). Selain itu, ada juga bansos BPNT dan BST. 

Cara cek bansos KTP 2023 lewat HP cukup mudah. Kita hanya perlu mengakses beberapa situs atau aplikasi dari Kemensos. Berikut ini informasi dari Otoklix.

Baca juga: Program Subsidi Mobil Listrik, Solusi Tepat Mengurangi Emisi?

Cara Cek Data DTKS

Kemensos mengelola DTKS cukup ketat agar para penerima bantuan pemerintah tersebut tepat sasaran, termasuk BLT BBM. Saat ini telah memasuki tahap ketiga pencairan BLT BBM selama periode Juli-September. Untuk mengetahui apakah kita termasuk ke dalam daftar penerima bantuan BBM, OtoFriends bisa melakukan 2 cara berikut ini.

1. Situs cekbansos kemensos.go.id

Kita bisa mencari tahu nama yang terdaftar sebagai penerima bantuan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id dengan cara sebagai berikut:

  • Mengakses situs https://cekbansos.kemensos.go.id/. 
  • Memasukkan informasi lokasi seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan pada kolom yang tersedia.
  • Mengisi kolom nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan nama di KTP.
  • Masukkan kode verifikasi khusus yang telah tersedia dengan benar.
  • Apabila sulit memahami kode verifikasi tersebut, kita bisa mencari kode baru dengan klik tombol yang berada di sebelah kotak kode verifikasi.
  • Terakhir klik tombol “Cari Data”.

Sistem akan mencari kesesuaian nama kita dengan penerima bantuan di wilayah yang telah kita inputkan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan nama kita telah benar sesuai KTP dan alamat atau wilayah yang diinputkan telah benar.

Bila data yang diinputkan benar, maka kita akan mendapatkan informasi lengkap tentang nama penerima manfaat, wilayah, usia, dan jenis bantuan yang berhak kita dapatkan. Selain itu terdapat informasi mengenai cara pencairan bantuan yakni melalui Bank Himbara atau PT Pos Indonesia.

Adapun yang termasuk ke dalam Bank Himbara meliputi Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Sedangkan bagi para penerima bantuan dengan kriteria khusus yakni lansia, penyandang disabilitas, atau warga 3T dapat menerima bantuannya melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: Cara Daftar dan Transaksi di Aplikasi My Pertamina

2. Aplikasi Cek Bansos

Masyarakat bisa memeriksa apakah namanya terdaftar sebagai penerima BLT BBM dan bantuan pemerintah lainnya melalui aplikasi Cek Bansos. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Memastikan aplikasi Cek Bansos telah terinstal di smartphone atau gadget.
  • Memiliki akun di aplikasi tersebut.
  • Melakukan login di aplikasi Cek Bansos.
  • Memilih menu “Cek Bansos” di halaman Beranda aplikasi tersebut. Menu tersebut memiliki tombol berwarna merah.
  • Kemudian menuliskan informasi seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan pada kolom yang tersedia.
  • Menginput nama diri sesuai data KTP.
  • Klik tombol “Cari Data”.
  • Tunggu beberapa saat hingga tertera informasi di layar smartphone kita.

Kelompok Masyarakat Penerima Bantuan Pemerintah

Terdapat 2 jenis bantuan sosial yang diberikan pemerintah yakni bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan program keluarga harapan (PKH). Besaran masing-masing bantuan berbeda-beda. Untuk BLT BBM sendiri diberikan sebesar Rp300 ribu setiap 3 bulan sekali kepada calon penerima yang memenuhi kriteria penerima BLT BBM.

Sedangkan untuk bansos PKH tahun 2023 diklasifikasikan ke dalam 7 kelompok, antara lain:

  • BLT pelajar tingkat SD sebesar Rp225 ribu per periode atau Rp900 ribu per tahun.
  • BLT pelajar tingkat SMP sebesar Rp375 ribu per periode atau Rp1,5 juta per tahun.
  • BLT pelajar tingkat SMA sebesar Rp500 ribu per periode atau Rp2 juta per tahun.
  • BLT disabilitas sebesar Rp600 ribu per periode atau Rp2,4 juta per tahun.
  • BLT lansia sebesar Rp600 ribu per periode atau Rp2,4 juta per tahun.
  • BLT ibu hamil sebesar Rp750 ribu per periode atau Rp3 juta per tahun.
  • BLT balita sebesar Rp750 ribu per periode atau Rp3 juta per tahun.

Baca juga: Skema Lengkap Pembatasan Pembelian BBM Pertalite dan Solar

Bagaimana Jika Nama Sudah Tertera Tetapi Belum Menerima Bansos?

Beberapa kasus ditemukan bahwa nama kita telah masuk ke dalam daftar bansos Kemensos di aplikasi Cek Bansos atau cekbansos kemensos.go.id BBM. Hanya saja, kita merasa belum atau tidak pernah menerima sama sekali bantuan tersebut. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Berikut ini penyebab kenapa kita belum atau tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah padahal nama kita telah tertera di dalam data tersebut, antara lain:

  • Lebih dari satu orang memiliki nama yang sama di dalam satu desa atau kelurahan sehingga saat melakukan pencarian nama tersebut telah terdaftar. Segera pastikan ke petugas setempat apakah nama tersebut adalah nama kita atau nama warga lain yang memiliki nama yang sama dengan kita di dalam satu desa atau kelurahan.
  • Perbedaan ejaan nama yang berbeda antara nama lengkap di KTP dengan buku tabungan atau KKS. Dampak dari perbedaan ejaan nama tersebut menyebabkan terjadinya gagal bayar atau gagal omspan.
  • Perbedaan data NIK pada KTP dan buku tabungan atau KKS yang menjadi penyebab gagal bayar atau gagal omspan.
  • Termasuk ke dalam klasifikasi “Keluarga Mampu” berdasarkan hasil verifikasi oleh tim khusus sehingga kita tidak berhak mendapatkan bantuan tersebut.
  • Calon penerima belum menerima Himbara dan KKS. Kebanyakan kasus terjadi karena KKS-nya warga tersebut belum melakukan migrasi KKS sehingga data yang tertulis masih di bank.
  • Kegagalan Burekol (buka rekening kolektif). Kasus yang ditemukan di mana penerima bansos yang gagal karena burekol disebabkan penerima tersebut sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemendikbud atau karena ketidaksesuaian data penduduk pada KTP dan KK.
  • Proses pemutakhiran data yang belum selesai karena calon penerima tersebut sudah meninggal.
  • Beberapa penyebab lainnya yang belum disebutkan di atas dapat Anda cari tahu langsung di website https //dtks.kemensos.go.id login bila sudah memiliki akun.

Demikianlah informasi tentang cekbansos kemensos.go.id BBM. Selain mengandalkan bantuan dari pemerintah, OtoFriends juga bisa menghemat biaya operasional bulanan kendaraan dengan memperhatikan perawatan mobil.

Otoklix menawarkan beragam jenis perawatan mulai dari ganti oli mobil, periksa aki mobil, memeriksa tekanan ban mobil, hingga melakukan servis berat seperti servis tune up dan perawatan eksternal seperti cuci mobil dan melakukan detailing.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Segera lakukan penjadwalan dan booking service sekarang melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Cekbansos Kemensos.go.id BBM :


Cara melihat daftar bantuan pemerintah melalui situs cekbansos.kemensos.go.id dengan mengisian informasi provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, nama penerima manfaat sesuai KTP dan memasukkan kode verifikasi yang tersedia.


Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah program bantuan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Ada 2 jenis bantuan yakni bantuan langsung tunai (BLT) dan program keluarga harapan (PKH). Selain itu, ada juga bansos BPNT dan BST.


Ada 2 cara untuk memeriksa data bantuan pemerintah DTKS yakni melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi Cek Bansos.