Banyak pemilik mobil yang menyepelekan kegunaan penutup kaca mobil yang cukup penting untuk melindungi mobil, khususnya bagian kabin mobil dari paparan sinar matahari langsung. Apalagi cuaca ibukota belakangan ini cukup tinggi yakni mencapai suhu terpanas 33-34 derajat celcius.

Bukan hanya manusia saja yang merasa panas, melainkan mobil pun ikut meresap panas tersebut. Saat sinar matahari terkena kaca mobil, maka panasnya akan menembus dan mengendap di dalam kabin mobil. Panasnya akan terserap sehingga membuat kabin mobil terasa semakin panas khususnya di siang hari.

Oleh karena itu, apabila OtoFriends sering melakukan mobilitas menggunakan mobil di siang hari atau menyimpan mobil di area parkir terbuka, maka penting untuk memiliki penutup kaca mobil.

Baca juga: 12 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik Serta Cara Memilihnya

Yuk, simak artikel portal otomotif Otoklix berikut ini.

Manfaat Penutup Kaca Mobil

Walaupun tidak terlalu terasa, namun peran kaca mobil cukup penting untuk menghalau debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mobil dan mengganggu konsentrasi pengemudi saat berkendara. Namun, tidak sampai di situ saja. Kaca mobil juga berperan cukup krusial sebagai penghantar panas terbaik pada mobil.

Suatu penelitian yang dilakukan Japan Automobile Federation (JAF) mengenai pengaruh kaca mobil terhadap kenaikan suhu di dalam kabin mobil. 

Penelitian tersebut memberikan hasil bahwa suhu kabin mobil akan meningkat hingga 45 derajat celcius dalam kurun waktu 30 menit saat suhu di luar mobil berada di angka 35 derajat celcius. 

Suhu tersebut akan terus naik dan berpotensi mencapai angka 45-60 derajat celcius dalam waktu beberapa jam. Termasuk suhu dashboard yang ikut meningkat hingga 60 derajat celcius.

Jadi, penting menggunakan pelindung kaca mobil atau sun shield agar suhu di dalam kabin mobil tidak meningkat dan berubah menjadi panas. Bahkan sekalipun Anda menyalakan AC mobil, suhu panasnya akan terus meningkat.

Rekomendasi Penutup Kaca Mobil Anti Sinar UV

Berikut ini rekomendasi penutup kaca jendela mobil lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

1. Bonform

Keunggulan penutup kaca mobil Bonform adalah bentuknya yang sederhana dan ringkas sehingga memudahkan untuk dipasang dan disimpan kembali. Bonform dapat melindungi kabin mobil dari sinar ultraviolet. Harga pelindung kaca mobil Bonform cukup murah yakni berkisar antara Rp124 ribu sampai Rp200 ribuan.

2. Windshield Sun Shade

Windshield Sun Share merupakan penutup kaca mobil dengan desain seperti tirai yang dapat Anda atur panjang atau pendeknya sesuai kebutuhan. Windshield Sun Shade memiliki daya rekat yang kuat dan tahan air. Harganya mulai dari Rp188 ribu.

3. VSA146 Sun Shield Car Shade

Rekomendasi penutup kaca mobil murah selanjutnya adalah VSA146 Sun Shield Car Shade yang dijual mulai dari Rp8 ribuan sampai Rp26 ribuan. VSA146 terbuat dari nilon berkualitas sehingga dapat meminimalisir transfer suhu panas ke dalam kabin mobil. Dengan begitu, suhu kabin dapat terkontrol sekalipun suhu di luar mobil sedang tinggi.

4. Munchkin Brica White Hot Sun Safety Shade

Munchkin Brica White Hot Sun Safety Shade adalah penutup kaca mobil yang menggunakan teknologi one-push retract button untuk memudahkan Anda menggulung penutup tersebut. 

Namun jangan khawatir sebab Anda tetap dapat melihat pemandangan di luar mobil sekaligus kabin mobil terlindung dari sinar ultraviolet.

Menariknya, penutup kaca jendela mobil yang satu ini memiliki fitur white hot indicator di mana warnanya akan berubah saat suhu mobil semakin panas. Harga Munchkin Brica White Hot Sun Safety Shade ini mulai dari Rp120 ribuan.

5. Mayitr Sun Shade

Rekomendasi penutup kaca mobil yang terakhir adalah Mayitr Sun Shade yang dijual berkisar antara Rp68 ribuan sampai Rp83 ribuan. Material pembuatan Mayitr Sun Shade perpaduan antara aluminium foil, katun dan taffeta. Masing-masing pelapis memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Bahan aluminium foil berperan untuk memberikan perlindungan bagian kabin mobil termasuk interior di dalamnya dari sinar ultraviolet dan mengontrol suhu di dalam kabin mobil. Adapun bahan katun dan taffeta yang lembut akan meminimalisir baret dan goresan pada kaca mobil.

Baca juga: Harga Kaca Film Mobil Terbaru, Fungsi, dan Tips Memilihnya

Tips Memilih Penutup Kaca Mobil Terbaik

Sama halnya dengan aksesoris mobil lainnya, memilih produk penutup kaca mobil tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar mendapatkan penutup kaca mobil sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran Penutup Sesuai dengan Ukuran Kaca Mobil

Memastikan ukuran penutup kaca mobil dengan kaca mobil berukuran sama. Apabila penutup kaca mobil terlalu besar maka penutup tersebut tidak dapat menempel dengan maksimal pada kaca mobil. Akan tetapi, bila terlalu kecil maka potensi paparan sinar matahari tetap akan menembus ke dalam kabin mobil.

Tentukan Tipe Penutup Kaca Mobil

Ada 3 hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih tipe penutup kaca mobil. Pertama adalah tipe sesuai kebutuhan, apakah penutup kaca mobil untuk indoor ataupun outdoor.

Kemudian pertimbangkan tipe pemasangannya pada kaca mobil, apakah penutup kaca jendela dijepit menggunakan tali atau ditempel langsung pada kaca mobil. 

Pertimbangan yang terakhir adalah cara penyimpanan produk ini. Anda bisa memilih apakah penutup kaca mobil tersebut dapat disimpan dengan cara dilipat atau digulung.

Kenali Material Terbaik untuk Penutup Kaca Mobil

Material pembuatan penutup kaca mobil juga perlu Anda pertimbangkan saat memilih produk penutup kaca jendela mobil tersebut. Terdapat 4 rekomendasi material terbaik sebagai bahan pembuat penutup kaca mobil, antara lain nilon, polyester, aluminium dan mesh.

Bahan nilon dan polyester berbobot ringan dan tahan lama daripada bahan yang lain namun tetap dapat memproteksi bagian interior mobil dari paparan sinar ultraviolet. Sementara itu, bahan aluminium dan mesh tak kalah bagusnya untuk menangkal sinar matahari.

Kemampuan Menolak Sinar Ultraviolet

Hal terakhir dan paling utama yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih produk aksesoris mobil ini adalah kemampuan penutup kaca mobil menolak sinar ultraviolet. 

Mengingat fungsi utama penutup kaca jendela mobil ini adalah menahan sinar matahari dan suhu panas agar tidak masuk ke dalam kabin, maka kemampuan menangkal sinar tersebut juga penting Anda pertimbangkan.

Apabila memungkinkan, pilih produk yang memiliki kemampuan menangkal sinar ultraviolet hingga 90 persen. Dengan begitu, suhu kabin mobil tidak akan meningkat sekalipun suhu di luar mobil sedang panas-panasnya. Sejalan dengan itu, interior mobil pun tidak cepat rusak.

Baca juga: Segini Estimasi Biaya Ganti Kaca Mobil Terbaru

Rekomendasi Tempat Memperbaiki Interior Mobil

Jika interior mobil OtoFriends sudah terlanjur rusak akibat paparan sinar matahari atau penyebab lainnya, maka segera bawa mobil ke bengkel interior mobil terdekat untuk dilakukan perbaikan dan perawatan secara menyeluruh.

Pastikan bengkel tersebut memiliki peralatan dan kelengkapan spare part ataupun aksesoris mobil untuk bisa merawat dan memperbaiki mobil Anda. Salah satu bengkel interior mobil terpercaya adalah Bengkel Mobil Otoklix.

Untuk mendapatkan informasi seputar bengkel mobil terdekat dari lokasi Anda dan estimasi biaya perbaikan mobil, OtoFriends bisa melihatnya pada aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Penutup Kaca Mobil

Manfaat penutup kaca mobil yakni untuk menghalangi sinar matahari dan suhu panas dari luar masuk ke dalam kabin mobil. Dengan begitu, suhu di dalam kabin tidak ikut meningkat sekalipun suhu di luar mobil sedang panas.

Harga penutup kaca jendela mobil bervariasi tergantung merek dan fiturnya. VSA146 Sun Shield Car Shade adalah aksesoris kaca mobil termurah yang dijual mulai dari Rp8 ribuan sampai Rp20 ribuan, sedangkan yang paling mahal adalah merek Bonform yang dijual hingga Rp200 ribuan.

Cara memilih penutup kaca mobil terbaik antara lain menyesuaikan dengan ukuran kaca mobil Anda, menentukan tipe penutup kaca mobil, material bahan pembuatnya, dan kemampuan penutup kaca tersebut untuk menolak sinar matahari.