Wiper memiliki fungsi yang cukup krusial yakni membantu membersihkan kaca mobil apabila terdapat kotoran. Namun, sayangnya pada tingkat putaran tertentu, wiper dapat menyebabkan baret pada kaca mobil. Berikut ini cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper.

Kaca mobil memiliki peran yang cukup penting untuk membantu penglihatan pengemudi. Namun, bila hujan atau terdapat kotoran pada kaca mobil, OtoFriends dapat membersihkannya menggunakan wiper. Dengan adanya wiper, Anda dapat memiliki jangkauan visibilitas lebih jernih dan luas lagi.

Kendati demikian, bukan berarti kaca mobil tidak bisa rusak karena pergerakan wiper tersebut. Saat tidak bisa memanggil jasa menghilangkan baret kaca mobil, OtoFriends bisa menghilangkannya dengan cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper berikut ini.

Baca juga: 6 Jenis Wiper Mobil, Kenali Plus Minusnya Sebelum Mengganti

Penyebab Kaca Mobil Baret

Secara garis besar, ada berbagai penyebab kaca mobil bisa baret selain karena wiper yakni kaca mobil baret karena power window dan jenis baret acak. Berikut ini jenis baret pada kaca mobil, antara lain:

  • Jenis baret power window merupakan jenis baret pada kaca mobil bagian samping. Penyebab kaca samping mobil baret karena laju naik atau turun kaca mobil bagian samping.
  • Jenis baret acak, sesuai dengan namanya jenis baret ini memiliki bentuk tak beraturan. Penyebabnya bisa karena kesalahan saat memasang kaca film mobil, penggunaan alat pembersih yang kurang tepat saat membersihkan kaca mobil, ataupun gesekan langsung dengan benda tajam seperti ranting pohon atau bebatuan.
  • Jenis baret wiper umumnya memiliki bentuk seperti garis halus pada bagian kaca depan mobil.

Artikel ini akan membahas secara spesifik tentang cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper. Mengapa penting untuk mengetahui caranya, sebab saat kaca mobil bagian depan memiliki baret maka biasanya sinar matahari akan langsung terpantul sehingga membuat pengemudi jadi kesulitan melihat ke depan atau silau.

Penyebab kaca mobil baret kena wiper bukan karena wiper telah mengeras, melainkan karena karet wiper yang sudah robek sehingga rangka besi di dalamnya akan bersentuhan langsung dengan permukaan kaca mobil bagian depan. Gesekan langsung tersebutlah yang menciptakan baret kaca mobil.

Belum lagi bila wiper menyimpan endapan debu atau kotoran, maka hal ini dapat memperparah kondisinya. 

Selain itu, bila OtoFriends membersihkan kaca mobil menggunakan lap yang kasar atau bekas membersihkan bagian mobil lain sebaiknya perhatikan terlebih dulu apakah ada sisa kotoran atau debu yang menempel dan mengendap. Bila ada maka bersihkan dulu sebelum digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Kotoran atau debu yang mengendap di wiper ataupun di lap dapat menciptakan baret pada kaca mobil. Oleh karena itu, sebaiknya OtoFriends rutin memeriksa kondisi wiper secara berkala setiap periode tertentu misalnya setiap tiga hari sekali atau seminggu sekali. 

Saat melakukan servis mobil, OtoFriends juga bisa meminta teknisi untuk memeriksa kondisi wiper apakah sudah kotor atau ada bagian yang robek. Saat menemukan bagian wiper yang robek, Anda bisa mengganti karet wiper tersebut.

Baca juga: Ganti Karet Wiper Mobil, Pilih Baru atau Perbaiki Saja?

4 Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Akibat Wiper

Mengingat kaca mobil memiliki peran yang cukup penting untuk membantu jangkauan visibilitas pengemudi agar jernih, maka berikut ini cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper.

1. Kompon Mobil

Untuk mendapatkan kompon penghilang baret kaca mobil, OtoFriends bisa mendapatkannya di toko perlengkapan mobil terdekat atau membeli secara online. Namun perlu digarisbawahi bahwa kompon hanya ampuh untuk jenis baret ringan pada kaca mobil.

Caranya cukup mudah yakni hanya mengoleskan bagian baret atau goresan pada kaca mobil dengan bahan kimia berbentuk cairan berwarna putih tersebut. Kemudian lap secara perlahan menggunakan kain yang lembut atau lap microfiber.

Dikarenakan kompon memiliki sifat oil based sehingga banyak kandungan minyak di dalamnya, maka jangan heran bila kaca mobil yang telah diolesi kompon tersebut menjadi buram saat terkena air hujan. Meskipun begitu, kaca buram tersebut hanya berlangsung beberapa hari saja. Selanjutnya kaca mobil kembali kinclong.

2. Cerium Oxide

Cerium oxide atau serium oksida biasa disebut sebagai bubuk poles karena bahan kimia yang satu ini berbentuk serbuk. Cerium oxide bisa digunakan untuk memperbaiki baret dan goresan pada kaca serta membuat kaca mobil lebih mengkilap.

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper menggunakan cerium oxide dimulai dengan membersihkan kaca debu dan kotoran yang menempel pada kaca mobil. Kemudian amplas kaca mobil hingga lapisannya rata. 

Saat proses mengamplas kaca mobil, pastikan permukaan kaca mobil basah untuk meminimalisir gesekan saat proses amplas tersebut. Lalu untuk kaca tersebut hingga kering.

Sambil menunggu kaca kering, OtoFriends bisa membuat campuran cerium oxide dengan air hingga teksturnya tidak terlalu kental tetapi tidak terlalu encer. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut dengan kain lembut atau lap microfiber. 

Gosokkan secara perlahan tetapi tetap ada tekanan agar cairan cerium oxide tersebut meresap ke bagian yang baret tersebut. sehingga baret dan goresannya dapat terkikis.

3. Amonia

Selain cerium oxide, bahan kimia lain yang ampuh untuk menghilangkan baret pada kaca mobil adalah amonia. Anda dapat menemukan bahan kimia ini di toko bahan kimia, apotek, ataupun toko peralatan otomotif. Cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan cerium oxide.

Langkah pertama, setengah ons amonia dicampurkan dengan setengah liter air lalu aduk hingga amonia terlarut. Kemudian celupkan kain atau lap lembut seperti lap microfiber ke dalam campuran amonia tersebut.

Selanjutnya, gosokkan kain atau lap tersebut pada bagian kaca mobil yang tergores atau terdapat baret secara perlahan. Setelah digosokkan, Anda bisa diamkan beberapa saat  hingga cairan meresap. Langkah terakhir yakni membersihkan kaca mobil secara menyeluruh.

Lakukan langkah di atas secara berulang-ulang hingga baret atau goresan menghilang. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian, mengingat amonia termasuk bahan kimia bersifat keras sehingga bila cairan tersebut terkena kulit manusia maka akan berakibat fatal.

4. Pasta Gigi

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper yang terakhir adalah menggunakan pasta gigi. Cara yang terakhir ini terbilang sangat mudah dan lebih ekonomis. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih seperti carbamide peroxide atau hidrogen peroksida.

Cara menghilangkan baret kaca mobil dengan pasta gigi sangat mudah yakni dengan mengoleskan pasta gigi menggunakan kuas atau kain lembut pada permukaan kaca mobil yang tergores atau terdapat baret. Oleskan pasta gigi secukupnya.

Kemudian diamkan pasta gigi yang telah terolesi dengan merata tersebut beberapa detik hingga mengering. Lalu Anda bisa mengelap bagian tersebut menggunakan kain atau lap lembut dan bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga baret dan gores hilang.

Baca juga: 10 Pembersih Jamur Kaca Mobil yang Bagus dan Terbaik

Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terbebas dari Baret dan Goresan

Setelah kaca mobil terlihat kinclong kembali, sebagai pemilik mobil Anda wajib merawat bagian mobil tersebut. Sama halnya dengan komponen mesin mobil, kaca mobil juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab bukan hanya baret saja yang bisa merusak kaca mobil, berikut ini contoh kerusakan lain pada kaca mobil, antara lain:

  • Kaca mobil buram.
  • Terdapat noda jamur.
  • Kaca mobil bergelombang.
  • Terdapat flek pada kaca mobil yang disebabkan oleh penggunaan obat jamur.
  • Terdapat bekas stiker pada kaca mobil yang dapat mengganggu pandangan.

OtoFriends bisa melakukan pemeriksaan dan perawatan pada periode tertentu misalnya sebulan sekali atau pada saat melakukan servis mobil di bengkel mobil terpercaya.

Temukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Selain mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik dengan estimasi rincian harga, OtoFriends bisa melakukan booking service melalui aplikasi tersebut.

Pertanyaan Seputar Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Akibat Wiper

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper bisa menggunakan kompon mobil, pasta gigi, dan beberapa bahan kimia seperti amonia dan cerium oxide.

Pasta gigi aman digunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper. Pastikan OtoFriends memilih produk pasta gigi yang mengandung bahan pemutih seperti carbamide peroxide atau hidrogen peroksida.

Baret pada kaca mobil yang disebabkan oleh karet wiper yang robek dapat dihilangkan di rumah dengan bahan-bahan alami seperti pasta gigi, kompon mobil, cerium oxide atau amonia.