Membersihkan mesin perlu dilakukan untuk membuat performa kendaraan tetap maksimal. Mesin yang bersih dan terawat akan membuat kinerjanya lebih baik. Ada berbagai bahan untuk membersihkan mesin mobil yang mudah didapatkan. Tidak perlu pusing lagi mencari bahan untuk mencuci mesin. Berbagai bahan untuk membersihkan mesin mobil ini dapat dicari dengan mudah karena sudah ada di toko-toko umum maupun swalayan terdekat.

Pentingnya mencuci mesin mobil

Mesin mobil sering terpapar debu dan kotoran lainnya. Khususnya sisa kerak oli, limbah buangan mesin bahkan kotoran serangga atau tikus. Kotoran seperti ini bisa mempengaruhi performa dan kondisi mesin. Itulah sebabnya mesin mobil penting untuk dibersihkan dengan cara dicuci. 

Dalam mesin mobil terdapat banyak komponen termasuk bagian kelistrikan yang saling terhubung. Hal ini yang perlu diperhatikan dalam membersihkan ruang mesin mobil apalagi bila dicuci menggunakan air dan cairan pembersih. 

Macam-macam bahan pencuci mesin mobil?

Mencuci mesin mobil diperlukan bahan untuk mencuci. Ada beberapa macam bahan untuk mencuci bagian mesin mobil. Yang pertama tentu air bersih. Namun ingat, jangan menggunakan air bekas apalagi air selokan atau air yang sudah tercampur bahan makanan atau minuman.

Selanjutnya, bisa memakai sabun mencuci piring. Ada berbagai merek sabun cuci piring yang beredar di pasaran seperti Sunlight. Dengan bantuan sabun cuci piring, mesin mobil akan lebih bersih dengan waktu yang relatif singkat. 

Semir ban juga bisa menjadi bahan alternatif untuk membersihkan mesin mobil. Selain itu, semir ban juga bisa membuat mesin mobil terlihat mengkilap. Semir ban sangat mudah ditemukan di toko-toko maupun swalayan terdekat. 

Selanjutnya, minyak tanah serta bahan bakar lain seperti bensin dan solar juga bisa. Bahan-bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan mesin mobil yang terbuat dari logam karena bisa menjadi alternatif cairan engine degreaser sebagai bahan untuk membersihkan mesin mobil.

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

Mengapa mesin mobil perlu dibersihkan?

Mesin yang sering dibersihkan membuat performa kendaraan tetap terjaga. Mesin yang tidak dibersihkan membuat kotoran bahkan sisa oli menumpuk. Selain itu, berikut alasan mengapa mobil perlu dibersihkan.

Mencegah Terhambatnya Pelepasan Panas Pada Mesin Mobil

Mesin mobil yang kotor sering disebabkan oleh sisa oli mesin. Penyebab lain juga ada kotoran akibat panas mesin, limbah radiator mesin, limbah AC, bahkan kotoran yang disebabkan oleh serangga atau hewan lainnya yang bisa menyusup ke dalam mobil. 

Kotoran dan debu ini menghambat pelepasan panas pada mesin sehingga mesin tidak bekerja maksimal. Karena itu, mesin perlu rutin dibersihkan agar terhindar dari kerusakan fatal akibat penyumbatan.

Mencegah Risiko Terjadinya Aus Pada Komponen Mesin yang Terbuka

Komponen mesin mobil termasuk komponen terbuka seperti dinamo, power steering, belt AC, ACG dan beberapa komponen lainnya sering kotor. Karenanya, harus sering dibersihkan agar tidak merusak mesin secara keseluruhan. Membersihkan mesin mobil dapat mencegah terjadinya aus pada komponen mesin terbuka yang telah disebutkan diatas.

Meringankan Kerja Kipas Pada Radiator

Membersihkan mesin mobil juga akan berpengaruh terhadap kinerja kipas pada radiator yang berpengaruh terhadap pendingin udara mesin mobil. Hal ini akan membuat mesin mobil tidak cepat panas.

Menjaga Kondisi Konektor Listrik

Alasan terakhir yang harus diketahui mengapa perlu membersihkan mesin mobil adalah untuk menjaga kondisi konektor listrik mobil. Mobil terdiri dari berbagai komponen kompleks yang saling terhubung satu sama lain. Satu komponen saja bermasalah akan menyebabkan komponen lain juga ikut bermasalah. 

Kekotoran yang terjadi pada mesin akan membuat penyumbatan dan gangguan termasuk di konektor listrik.Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah kerusakan mesin pada mobil adalah dengan cara memastikan kebersihan mesin mobil agar mesin mobil senantiasa terawat dan memiliki performa yang baik.

Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

Tips membersihkan mesin mobil pakai sunlight

Salah satu bahan membersihkan mesin mobil bisa menggunakan sabun cuci piring. Termasuk Sunlight. Dengan biaya murah, Sunlight bisa jadi alternatif pilihan untuk membersihkan mesin mobil. Ini tips membersihkan mesin mobil menggunakan Sunlight ala OtoKlix.

Siapkan alat dan bahan

Pertama, pembuatan bahan bisa anda lakukan dengan cara mengisi air pada wadah yang sudah disiapkan dengan ukuran setengah liter. Setelah itu, Sunlight dituangkan dengan takaran satu sampai tiga sendok makan bersama garam asam atau sitrun sebanyak satu sachet. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Campuran tersebut sudah bisa digunakan untuk mencuci mesin mobil.

Perhatikan aki mobil dan kelistrikan

Selanjutnya, setelah bahan siap, sebelum mulai membersihkan harus perhatikan aki dan kelistrikan. Alangkah baiknya aki mobil dicabut dulu. Selanjutnya, komponen yang berhubungan dengan kelistrikan dicabut dulu. 

Bersihkan kotoran ringan 

Bersihkan dulu kotoran ringan dan debu yang bisa dilap dengan kain. Termasuk kotoran hewan, serangga, dan sarang laba-laba yang ada di bawah kap mesin. Bersihkan menggunakan kain yang dibasahi. 

Bersihkan mesin menggunakan sunlight

Jika kotoran ringan sudah dibersihkan dan aki serta kelistrikan sudah dicabut barulah proses pencucian dilakukan. Cuci bersih dengan campuran sunlight yang sudah disiapkan. Cuci perlahan, jangan sampai mengenai komponen yang tidak bisa terkena air. 

Lap hingga kering

Setelah dicuci dengan campuran sunlight tadi, segera dilap kering. Perhatikan baik-baik sisa sabun agar jangan tertinggal.

Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Bengkel Servis Berkala Terpercaya

Pasang kembali aki 

Selanjutnya pasang kembali aki dan komponen kelistrikan. Tapi ingat, selalu pastikan sisa-sisa sabun dan air harus sudah dibersihkan dan dikeringkan.

Panaskan mesin

Langkah yang terakhir adalah memanaskan mesin. Namun sebelumnya sisa-sisa sabun dan air sudah pasti bersih dan kering baru mesin bisa dipanaskan. 

Kendaraan yang selalu dijaga kebersihan mesinnya bisa terhindar dari kerusakan akibat mesin kotor. Mesin yang bersih bisa membuat performa kendaraan lebih maksimal. Namun, selain membersihkan mesin, mobil juga harus secara rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal berkala melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.