Saat mobil melaju, OtoFriends mendapati indikator ABS pada mobil menyala terus. Tak perlu khawatir sebab Otoklix rangkum penyebab indikator ABS mobil menyala terus dan cara mengatasi indikator ABS menyala berikut ini.

Di dalam panel instrumen mobil pada bagian dasbor terdapat banyak lampu indikator yang berfungsi untuk memberi tahu pengemudi kondisi komponen-komponen mobil, tak terkecuali sistem Anti-lock Braking System (ABS).

Idealnya lampu indikator ABS akan menyala sekali. Namun bila ternyata indikator ABS menyala terus maka ada gangguan kerja pada komponen tersebut sehingga kita perlu memeriksa kondisi fitur tersebut. Yuk, cari tahu penyebab indikator ABS mobil menyala dan cara mematikan lampu ABS pada mobil.

Baca juga: Ketahui Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Menyala

Penyebab Indikator ABS Mobil Menyala

ABS merupakan salah satu fitur keselamatan dan keamanan tambahan  unggulan pada sistem pengereman mobil yang dapat mengunci ban mobil saat kita melakukan pengereman mendadak. Jika lampu indikator ABS menyala terus berarti ada gangguan terhadap komponen tersebut sehingga kita perlu mencari tahu penyebabnya.

1. Minyak rem mobil berkurang

Penyebab lampu ABS kadang nyala kadang mati yang pertama adalah volume minyak rem yang rendah atau kurang sehingga sistem pengereman mobil kurang mendapatkan pelumasan. Situasi seperti sangat membahayakan bila kita memaksakan mobil untuk melaju. Oleh karena itu, segera cari bengkel mobil terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

2. Unit control bermasalah

Unit control merupakan komponen elektronik mobil yang bertugas untuk mengontrol sistem elektronik dari sirkuit satu ke sirkuit yang lain. Jika komponen ini mengalami masalah atau gangguan kinerja maka gejala yang bisa diketahui pengemudi adalah dengan melihat lampu indikator ABS yang menyala.

Baca juga: Terlengkap! Ini Penjelasan Komponen ECU Mobil dan Fungsinya

3. Memeriksa bohlam

Jika OtoFriends sedang memeriksa bagian bohlam mobil, maka biasanya lampu indikator ABS pada mobil ikut menyala. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan sebab saat pemeriksaan lampu bohlam tersebut selesai maka fungsi ABS akan kembali normal termasuk lampu indikatornya.

4. Speed sensor mobil bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah gangguan kinerja di bagian speed sensor. Fungsi speed sensor yang mendeteksi kecepatan mobil melalui rotasi roda cukup krusial, saat komponen ini rusak maka dampaknya cukup dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

5. Gangguan kabel pada sistem mesin mobil

Menyambungkan atau meletakkan kabel pada bagian komponen mesin yang keliru dan salah bisa menjadi penyebab indikator ABS mobil menyala secara terus-menerus.

6. Kerusakan komponen saat terjadi pemompaan

Saat sistem pemompa mobil rusak, biasanya kita bisa mengetahuinya dengan gejala mesin mobil sulit untuk dihidupkan yang diikuti lampu indikator ABS menyala.

7. Solenoid rusak

Penyebab indikator ABS mobil menyala yang terakhir adalah kerusakan pada komponen solenoid. Penyebab kerusakannya sendiri karena proses pembakaran yang terjadi pada kumparan solenoid yang membuat tegangan listrik sulit diterima oleh solenoid.

Baca juga: Lampu Indikator Aki Nyala, Tanda Aki Mobil Rusak?

Cara Mengatasi Indikator ABS Menyala

Setelah mengetahui penyebab indikator ABS menyala, berikut ini Otoklix kasih tips dan cara mengatasi indikator ABS menyala terus-menerus.

Periksa sensor lampu ABS

Untuk mengatasinya, OtoFriends bisa memeriksa bagian sensor lampu ABS yang berada di sekitar roda mobil. Kemudian perhatikan apakah sensor atau kabel sensor tersebut rusak.

Selain itu, sensor ABS ini juga mendeteksi kondisi brake pads sehingga saat komponen tersebut mulai menipis, kadar minyak rem rendah, maka lampu indikator akan menyala.

Membersihkan throttle body

Cara selanjutnya OtoFriends bisa membersihkan komponen throttle body mobil dengan cara membuka selang udara di bagian mesin mobil. Setelah saluran tersebut terbuka lalu semprotkan cairan pembersih khusus yang didapatkan dari toko onderdil atau bengkel mobil. 

Apabila mesin mobil jadi batuk-batuk setelah disemprotkan cairan pembersih khusus tersebut maka tak perlu khawatir sebab kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Selanjutnya saluran udara di bagian mesin mobil akan kembali bersih dan mesin mobil dapat menyala dengan normal.

Servis mobil di bengkel terpercaya

Jika kita sudah melakukan dua cara sebelumnya namun lampu indikator ABS pada mobil masih terus menyala. Maka langkah terakhir adalah dengan membawa mobil ke bengkel mobil langganan OtoFriends untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan secara profesional.

Apabila OtoFriends membutuhkan daftar bengkel mobil terpercaya yang memiliki alat bengkel serta teknisi profesional, maka OtoFriends bisa cari tahu langsung di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Indikator ABS Mobil Menyala

Saat lampu indikator ABS menyala berarti ada gangguan sistem pada fitur ABS namun sistem pengereman mobil tetap bisa dioperasikan dengan catatan kita tetap perlu memeriksa sistem tersebut sebab berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan mobil.

Ada 7 penyebabnya yakni minyak rem mobil kurang, unit control bermasalah, speed sensor bermasalah, gangguan kabel pada sistem mesin mobil, hingga solenoid rusak.

Cara mengatasi indikator ABS menyala adalah dengan memeriksa kondisi lampu sensor ABS yang ada di bagian roda mobil dan membersihkan throttle body mobil. Bila masih belum benar maka segera bawa mobil ke bengkel mobil terpercaya.