Blok mesin mobil (cylinder block) merupakan komponen penting dalam rangkaian mesin mobil. Komponen tersebut menjadi penopang atau dudukan untuk komponen mesin lainnya. Di antaranya poros engkol, kepala silinder, dan piston.

Blok mesin mobil memiliki banyak fungsi. Salah satunya menjadi ruang untuk naik turunnya piston. Satu blok mesin mobil terdiri dari satu hingga dua silinder. Berikut penjelasan lengkapnya.

Fungsi Blok Silinder Mobil

Blok mesin mobil memiliki banyak fungsi yang penting untuk kendaraan, di antaranya sebagai berikut:

1. Menjadi tempat naik turun piston

Fungsi blok mesin mobil yang pertama adalah menjadi tempat atau dudukan naik turunnya piston. Bentuk dari lubang silinder tersebut akan menyesuaikan bentuk piston. Kemudian, piston akan naik turun di dalam lubang silinder.

Lubang silinder harus halus dan licin agar piston dapat bekerja dengan baik. Jika permukaan lubang silinder kasar, piston akan bergerak lebih berat dan berpengaruh terhadap kinerja mesin. 

2. Untuk mengarahkan energi pembakaran

Proses pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan pasti menghasilkan energi, yakni energi ekspansi atau daya dorong. Energi tersebut selanjutnya diarahkan oleh komponen mobil untuk menggerakkan piston. 

Komponen mobil terbuat dari material solid karena energi ekspansi pada mesin mobil tidak kecil. Hal itu bertujuan untuk mencegah adanya kelenturan atau deformasi dari komponen. 

3. Sebagai tempat mekanisme engkol

Ada dua komponen dalam mekanisme engkol, yakni connecting rod dan poros engkol. Kedua komponen tersebut ada di blok silinder. Mekanisme engkol bisa membalikkan piston ke atas. Hal itu dapat terjadi karena prinsip dari mekanisme engkol mirip dengan engkol sepeda, sehingga tercipta energi putar pada mesin. 

4. Sebagai tempat saluran pendingin

Blok mesin mobil juga dapat mengeluarkan panas dari dalam mesin menuju keluar. Sehingga, suhu pada mesin mobil jadi lebih dingin. Akan tetapi, fungsi tersebut hanya terdapat pada mobil yang tidak menggunakan radiator sebagai sistem pendingin. 

Baca Juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

5. Sebagai tempat saluran oli pelumas 

Blok mesin mobil dapat menjadi saluran oli pelumas untuk sistem pelumasan mesin. Pelumas tersebut bertujuan untuk menjaga mesin agar lebih awet dan tidak cepat aus. 

6. Menjadi mainframe mesin

Blok mesin mobil dapat menjadi tempat dudukan komponen mesin lainnya. Itulah yang menyebabkan bentuk blok mesin mobil terdiri dari banyak lekukan. Lekukan-lekukan itu bertujuan untuk menyesuaikan bentuk dari komponen lain yang terpasang di blok mesin mobil.

7. Sebagai tempat meletakkan nomor mesin

Karena berperan sebagai mainframe engine atau mesin, ID mesin atau nomor mesin diletakkan pada blok ini. Selain itu, komponen ini juga jarang diganti. 

8. Sebagai tempat proses pembakaran 

Blok mesin mobil juga berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin.

9. Menjadi tempat silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel 

Blok mesin mobil berfungsi sebagai tempat dudukan untuk silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel. Silinder liner (boring) merupakan komponen berdinding halus yang memiliki fungsi untuk menggerakan piston. Komponen tersebut juga berfungsi melindungi bagian dalam blok mesin dari gesekan piston.

Selanjutnya, komponen kepala silinder bekerja sama dengan blok mesin untuk melakukan proses pembakaran. Flywheel yang terletak di samping blok silinder berfungsi menyimpan dan meredam perubahan putaran di mesin. Dengan demikian, pergerakan putaran mesin akan tetap stabil.

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Komponen Blok Silinder Mobil

Komponen mesin mobil terdiri dari silinder-silinder lainnya yang jumlahnya berbeda-beda di setiap mesin. Perbedaan tersebut bergantung pada kapasitas mesin. Berikut komponen-komponen yang ada di blok mesin mobil.

1. Silinder

Silinder adalah lubang tempat piston bekerja. Selain itu, ada lapisan khusus bernama cylinder liner yang terbuat dari bahan berbeda dengan cylinder block. 

Karakteristik bahan cylinder liner lebih halus sehingga dapat mengurangi gesekan antara dinding silinder dan piston. Selain itu, cylinder liner juga berfungsi sebagai tempat menempelnya oli.  

2. Saluran minyak

Di dalam cylinder block terdapat saluran minyak, yakni jalan untuk oli agar dapat melumasi kepala silinder dan komponen lainnya. Kemudian, oli yang ada di kalter atau bak oli akan dipompa sampai naik ke saluran minyak tersebut. 

Oli juga akan disalurkan menuju kepala silinder, crankshaft, dan filter oli untuk disaring. Oleh sebab itu, terdapat filter oli dan sensor tekanan oli di cylinder block.

3. Water jacket

Ketika mesin mobil bekerja, panas yang dihasilkan dari proses pembakaran dan piston akan diterima oleh dinding silinder. Kemudian, panas tersebut disalurkan ke water jacket dan dipindahkan ke radiator untuk pendinginan. Oleh sebab itu, cylinder block harus memiliki sifat penghantar panas yang baik. 

Water jacket sudah dibuat dengan bahan yang bersifat menyerap panas dengan maksimal. Hal itu untuk mencegah adanya uap atau udara di sistem pendinginan. 

4. Engine mounting

Engine mounting berfungsi sebagai pengait mesin dengan chasis. Selain itu, terdapat karet yang berfungsi untuk meredam getaran dari mesin mobil. 

5. Crankcase

Crankcase (bak engkol) merupakan tempat untuk poros engkol yang letaknya ada di bagian bawah cylinder block. Lekukan yang ada di bak engkol berfungsi sebagai tempat atau dudukan untuk poros engkol dan bantalan poros engkol. 

Baca juga: Cara Jitu Cek Mesin Mobil Bekas bagi Pemula

Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun

Sitrun dapat digunakan untuk membersihkan blok mesin mobil. Senyawa kimia tersebut bisa membersihkan kotoran di mesin seperti sisa minyak, oli, dan karakatan. Berikut cara membersihkan blok mesin mobil dengan sitrun yang bisa dicoba

1. Siapkan peralatan dan bahan

Siapkan beberapa bahan seperti sitrun, deterjen, dan air bersih. Kemudian, untuk peralatannya siapkan ember, lap kain, sikat, dan kuas.

2. Cara membuat cairan pembersih

Berikut cara membuat cairan pembersih blok mesin mobil dari sitrun:

  • Sediakan air di ember, tetapi jangan terlalu banyak.
  • Larutkan sitrun di air hingga benar – benar menyatu.
  • Apabila sitrun sudah larut dalam air, tambahkan detergen pada ember, kemudian aduk hingga berbusa.

3. Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun

Berikut langkah-langkah membersihkan blok mesin mobil dengan sitrun:

  • Balurkan cairan pembersih di seluruh bagian mesin
  • Untuk membersihkan blok mesin mobil yang karatan, sikat bagian karatan dengan cairan pembersih dari sitrun. Sikat perlahan dan merata di seluruh bagian mesin hingga bersih.
  • Ulangi cara di atas beberapa kali. Jangan lupa bersihkan kendaraan dan mesin secara teratur minimal seminggu sekali.

Itulah penjelasan mengenai fungsi, komponen, hingga cara membersihkan blok mesin mobil. Rawatlah blok mesin mobil secara teratur. Jangan lupa membawa mobil ke bengkel. Saat ini perawatan mobil di bengkel dapat di-booking secara online, salah satunya melalui aplikasi Otoklix. Melalui aplikasi tersebut, OtoFriends tidak perlu repot-repot antri di bengkel karena sudah terdata di sistem Otoklix.