Segala jenis kendaraan baik itu roda dua, empat, sampai delapan sekalipun pasti membutuhkan service berkala. Dalam hal ini, memilih bengkel pun tidak boleh sembarangan. Apalagi untuk kamu yang ingin hasil paling maksimal dan optimal saat maintenance kendaraan. Untuk itu, cek dulu pertimbangan bengkel servis berkala terpercaya berikut. 

1. Membedakan Layanan

Biasanya, rasa galau yang muncul saat memilih bengkel adalah tentang layanan. Banyak bengkel resmi atau umum yang bermunculan sering membuat orang bingung pilih yang mana. Di satu sisi, bengkel resmi punya layanan lebih canggih tapi biayanya lebih tinggi. Sedangkan bengkel umum layanannya biasa saja, tetapi harganya nyaman di kantong. 

Jika demikian, ada baiknya kamu mengenal perbedaan layanan dan kesesuaian kebutuhan. Pilihan terbaiknya mungkin bengkel resmi yang memiliki hubungan dengan dealer atau disebut dengan APM (Agen Pemegang Merek). Layanan servisnya cenderung sesuai dengan merek kendaraan dan juga akan banyak merujuk pada buku servis yang dimiliki. 

Ketersediaan pelayanannya pun bisa dikatakan cukup lengkap karena adanya kerjasama langsung dengan merek kendaraan. Berbeda lagi dengan jenis bengkel umum, bengkel yang satu ini pastinya tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi bengkel servis berkala terpercaya 

Karenanya, tidak ada batasan merek kendaraan yang akan dirawat. Ketersediaan suku cadang dan layanan pun beragam. Bisa jadi suku cadang yang dijajakan adalah OEM atau original equipment manufacturer, non-OEM, tidak asli, hingga yang berkualitas rendah. Cakupan jasa yang tersedia pun akan bergantung dengan keahlian teknisi. 

2. Sertifikat dan Teknisi Profesional 

Setelah melihat layanan yang disediakan, kamu bisa cek sertifikat dan teknisi profesional. Dalam hal ini, lagi-lagi bengkel resmi bisa menjadi juaranya. Pasalnya teknisi atau montir yang bekerja di bengkel tersebut tentunya telah diseleksi dan dianggap lebih kompeten. Bahkan tidak jarang sebuah bengkel tertentu memiliki struktur organisasi yang baik. 

Teknisi yang termasuk di dalam bengkel resmi pun kerap mendapat pelatihan terlebih dahulu, sehingga memiliki keahlian sesuai bidangnya. Dalam praktiknya, teknisi di sebuah bengkel servis berkala terpercaya resmi umumnya terdiri dari mandor perbaikan umum, penasehat layanan, dan juga teknisi perbaikan umum. 

Jauh berbeda dengan bengkel umum yang bersifat swasta hingga pribadi. Kualitas teknisi dan kepemilikan sertifikat tentunya akan beragam. Tidak ada jaminan mereka memang benar benar ahli di dalam bidangnya. Namun, tidak menutup kemungkinan teknisi telah mengikuti pelatihan atau pendidikan khusus, yang membuat bengkel memiliki kualitas baik.

Baca Juga: Mengenal Servis Berkala Pada Mobil yang Tak Boleh Diabaikan

3. Cek Peralatan yang Digunakan 

Ketersediaan dan penggunaan peralatan pun bisa kamu jadikan acuan perbandingan. Karena keterbatasan biaya, tidak adanya kerja sama langsung dari merek, atau layanan yang terbatas, bengkel umum tidak selalu memiliki peralatan yang lengkap. Umumnya, peralatan berat layaknya hidrolik akan digantikan dengan pendongkrak. 

Meski demikian, bengkel umum tetap memiliki peralatan yang cukup lengkap pula. Karenanya, kamu perlu mencari lebih dari satu bengkel. Mesin hidrolik adalah salah satu peralatan dari bengkel servis berkala terpercaya yang vital dalam proses pemeriksaan kendaraan.

4. Perbandingan Tarif

Sudah mengenali semua peralatan, layanan, dan montirnya, maka lanjutkan dengan melihat tarifnya. Asal kamu tahu, bengkel resmi acap kali dicap menawarkan harga yang lebih mahal. Padahal, tarif ini sendiri bervariasi tergantung dengan kondisi kendaraan, jenis kendaraan, layanan, dan juga kebutuhan sparepart yang digunakan. 

Kamu perlu memperhatikan perhitungan tarif di bengkel resmi yang dikategorikan berdasarkan kilometer dan jenis kendaraan. Contohnya, servis mobil dengan odometer 40 ribu kilometer, maka tarifnya jasa bisa mencapai Rp400 ribu dan belum ditambah komponennya. 

Berbeda dengan bengkel umum yang lebih ramah kantong. Biasanya, tarifnya dihitung berdasarkan layanan, teknisi yang mengerjakan, hasil diagnosis, hingga jenis kendaraan. Jika diperhitungkan dengan baik, tarif yang dibanderol pun masih cenderung lebih rendah daripada bengkel resmi. Terutama dengan rendahnya biaya jasa atau pekerjaan, sehingga hanya ditarik biaya komponen.

Baca Juga: Service Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini secara Berkala

5. Kenyamanan Pelanggan 

Bengkel terpercaya juga bisa kamu definisikan dari kenyamanan pelanggan. Saat ini fasilitas penunjang pun bisa menjadi nilai positif. Anggap saja ruang tunggu yang nyaman, fasilitas kantin, hingga wifi gratis pun sudah banyak disediakan. Jika kamu berencana kembali ke bengkel tersebut, tidak ada salahnya untuk memilih lokasi yang nyaman. 

Pada dasarnya memang sudah jelas sekali bahwa memilih bengkel resmi adalah pilihan terbaik. Namun demikian, tidak sedikit penyedia bengkel servis umum yang bahkan memberi pelayanan lebih baik dengan harga yang lebih murah juga. Terutama untuk kebutuhan servis berkala, pastikan faktor nyaman, puas, dan mendapat pelayanan terbaik akan selalu kamu dapatkan.

Jika kamu ingin melakukan servis di bengkel umum terpercaya, kamu bisa mencoba Otoklix. Dengan menggunakan Otoklix, kamu bisa melakukan booking servis di bengkel-bengkel yang sudah menjadi mitra Otoklix melalui aplikasi Otoklix atau kunjungi www.otoklix.com Dapatkan harga lebih murah hingga 50% dibandingkan bengkel authorized dan garansi sampai 30 hari setelah servis di 1.000+ mitra bengkel Otoklix. Tunggu apa lagi? Booking servis di Otoklix, sekarang!