carbon cleaner mobil yang bagus

Carbon Cleaner Mobil yang Bagus, Merek, dan Tips Memilihnya

Carbon cleaner mobil adalah bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin dari kerak sisa hasil pembakaran. Carbon cleaner mobil ini ada yang berbentuk cairan maupun gas. 

Fungsi carbon cleaner adalah untuk menghilangkan karbon pada piston atau karburator dan throttle body. Karbon ini harus dihilangkan agar tidak ada kerak menumpuk dan performa kendaraan tetap terjaga.

Lalu, merk apa saja yang direkomendasikan sebagai carbon cleaner mobil yang bagus?

Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Ini dia beberapa merk carbon cleaner yang banyak digunakan oleh pengguna mobil. Pembersih ini terbukti ampuh karena sudah direkomendasikan.

1. Wheelz

Merk ini tergolong merk yang bagus dan berkualitas. Tersedia dalam kemasan botol 250 ml. Selain membuat ruang bakar menjadi bersih, juga bisa mengembalikan kondisi performa mesin, meningkatkan efisiensi bahan bakar, menghilangkan knocking, mengurangi polusi emisi gas buang, dan tidak korosif terhadap logam.

Carbon cleaner Wheelz dijual dengan harga Rp160 ribuan.

2. STP

Merk carbon cleaner mobil yang bagus berikutnya adalah STP. Berbeda dengan Wheelz, STP tersedia dalam kemasan botol berukuran 60 ml. Cairan pembersih ini juga dapat digunakan pada mobil bensin maupun diesel.

Harganya memang cukup mahal, untuk kemasan 60 ml dapat dibeli dengan harga Rp275 ribu, tetapi sebanding dengan kualitasnya yang sangat baik.

3. Cyclo Max44

Carbon cleaner satu ini dibuat dengan bahan sintetis yang mampu mengefisiensi penggunaan bahan bakar sampai dengan 15%. Carbon cleaner Cyclo Max44 mampu membuat kotoran hilang pada mobil bensin. Cyclo Max44 dapat dibeli dengan harga Rp180 ribuan.

4. Bluechem Carbon X K1 & K2

Cara kerja Bluechem Carbon X K1 & K2 ini adalah melarutkan dan menghilangkan tumpukan karbon dari sisa pembakaran. Cara pakainya juga relatif mudah, tetapi memiliki kualitas yang bagus.

Bluechem Carbon X K1 & K2 tersedia dalam kemasan 500 ml dan dibanderol dengan harga Rp500 ribuan.

5. Autotune

Meskipun bukan merk terkenal, tetapi kualitas dalam membersihakan kerak sisa pembakaran di ruang bakar terbilang sangat maksimal. Maka dari itu, kamu perlu mencoba carbon cleaner mobil yang bagus ini.

Harga carbon cleaner Autotune cukup murah. Untuk kemasan 250 ml kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp40 ribuan.

6. Autofit

Pembersih karbon yang satu ini bisa membersihkan bagian dalam ruang bakar tanpa khawatir lapisannya terkikis. Harganya relatif terjangkau, tetapi memiliki kualitas yang bagus. Dengan harga Rp75 ribuan, kamu bisa mendapatkan carbon cleaner Autofit ukuran 500 ml.

7. SR15

Menggunakan carbon cleaner jenis semprot atau spray memang sangat memudahkan. Maka dari itu, kamu perlu mencoba SR15 yang merupakan carbon cleaner dengan cara spray.

Pembersih ini tidak mengandung zat asam dan memiliki PH 12 jadi cocok untuk komponen mesin mobil mulai dari klep, piston, sampai dinding ruang bakar. Hanya dengan Rp70 ribuan kamu bisa mendapatkan carbon cleaner SR15 berukuran 200 ml.

Cara Pakai Carbon Cleaner Mobil

Mungkin beberapa dari kamu belum mengetahui bagaimana cara pakai carbon cleaner mobil. Otoklix merangkumnya untuk memudahkan kamu membersihkan kerak pada ruang bakar. Sebelum itu, pastikan mobil mesin dalam keadaan panas ya.

  1. Hidupkan mesin dan diamkan selama 10-15 menit.
  2. Buka ruang filter udara pada ruang mesin.
  3. Buka semua busi yang terpasang.
  4. Posisikan piston sejajar.
  5. Semprot cairan carbon cleaner ke dalam lubang-lubang busi. Semprotkan sampai cairan muncul di permukaan.
  6. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar kotoran terkikis.
  7. Sedot carbon cleaner menggunakan pompa hisap. Tujuannya adalah agar benar-benar kering.
  8. Cek kembali apakah kondisinya sudah benar-benar bersih.
  9. Pasang kembali busi mobil dan coba hidupkan mobil sampai mesin panas.

Kapan Saatnya Menggunakan Carbon Cleaner

Meskipun memiliki banyak fungsi untuk performa mesin mobil, tetapi kamu tidak boleh terlalu sering membersihkan ruang mesin dengan carbon cleaner. Cukup sekitar setiap 3000 km. Apalagi jika kamu menggunakan pembersih karbon abal-abal, bisa membuat lapisan tipis pada piston menjadi terkikis.

Cara Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Memilih carbon cleaner mobil yang bagus memang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih carbon cleaner.

  • Hindari carbon cleaner yang memiliki zat amonia dan zat asam. Kedua zat tersebut bisa menimbulkan karat.
  • Memilih carbon cleaner yang tidak panas ketika masuk ke ruang bakar. Cara mengeceknya adalah dengan menuangkan ke dalam wadah lalu sentuh dengan tangan. Jika terasa panas, artinya carbon cleaner itu bisa merusak lapisan piston.
  • Harga murah memang menggiurkan, tetapi kamu perlu hati-hati. Carbon cleaner yang murah tidak menjamin kandungan cairannya cocok untuk membersihkan kerak mobil. 
  • Memilih carbon cleaner yang sesuai dengan tipe mesin karena mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda.

Sekarang sudah paham tentang carbon cleaner mobil yang bagus kan? Jangan salah pilih ya. Pastikan juga kamu selalu melakukan perawatan berkala di bengkel. Kamu bisa mencari lokasi bengkel terdekat melalui Otoklix.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *