Overhaul adalah istilah yang digunakan saat mobil mengalami turun mesin. Bagi para pemilik mobil, saat mendengar overhaul terasa menyeramkan karena membayangkan betapa mahalnya biaya turun mesin mobil.

OtoFriends harusnya merasa tenang karena saat mengetahui mobil mengalami turun mesin berarti sudah seharusnya kita memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mesin mobil.

Pengertian turun mesin

Turun mesin mobil tergolong sebagai service mobil dengan tingkat kerusakan yang cukup berat karena mekanik harus membongkar mesin mobil untuk menemukan dan memperbaiki kerusakan mesin mobil.

Prosuder saat menservice mobil yang mengalami overhaul di antaranya mulai dari bongkar mesin, memeriksa komponen-komponen pada mesin untuk mengetahui sumber kerusakan, melakukan perbaikan, bila dibutuhkan untuk mengganti komponen tersebut maka diganti lalu terakhir dipasang kembali seluruh komponen mobil.

Ada dua jenis overhaul, yaitu block dan cylinder head. Beruntungnya, bila jenis kerusakan pada mobil kita berada di cylinder head maka bangian atas saja yang akan dibongkar. Biasanya istilah yang digunakan untuk kondisi ini adalah top overhaul atau turun mesin setengah.

Pada top overhaul, komponen yang diganti di antaranya adalah piston, setang piston, atau metal mesin tergantung dari sumber kerusakan. 

Karena letaknya yang berada di dalam mesin mobil, maka tak heran bila prosedur service mobil berat ini cukup menyita waktu dan biaya turun mesin mobil yang cukup mahal.

Baca juga: Bengkel Mesin Mobil Terdekat: Tune Up, Over Haul, dan Lainnya

Biaya turun mesin mobil

Dikutip dari Lifepal berikut ini adalah biaya turun mesin mobil untuk berbagai merek mobil.

Biaya turun mesin akibat overheat

Mesin mobil merupakan komponen mobil pertama yang berpotensi menglaami kerusakan saat mobil mengalami overheat. 

Biaya perbaikan yang dibutuhkan saat mobil mengalami overheat dengan bubut beberapa komponen mesin mulai dari Rp300 ribuan sampai Rp700 ribuan.

Namun, kalau kita harus mengganti komponen-komponen mesin maka biaya turun mesin akibat overhaeat lebih besar lagi yakni mulai dari Rp5 jutaan sampai Rp20 jutaan.

Biaya turun mesin mobil Avanza

Ini biaya turun mesin mobil Avanza yang dibutuhkan beserta jenis servicenya.

Jenis PerbaikanBiaya Turun Mesin Mobil Avanza
Biaya jasa perbaikan turun mesin mobilRp2 juta sampai Rp5 juta
KomponenRp5 juta sampai Rp10 juta
Ganti packing setRp1,5 juta
Stang pistonRp325 ribu
Press stang pistonRp150 ribu
Ring pistonRp450 ribu
Ganti engine mountingRp630 ribu
Biaya tambahan (ganti oli mesin, oli persneling, filter oli, lem silicon, dan gardan)Rp690 ribu

Biaya turun mesin mobil carry

Umumnya, penyebab overhaul adalah karena kerusakan pada radiator mobil yang membuat suhu mesin mobil jadi tinggi atau overheating. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti radiator mobil Carry yang rusak tersebut berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp350 ribu.

Bila radiator mobil tidak segera diganti, khawatirnya akan menimbulkan kerusakan lain sehingga terjadi overhaul mesin dan merusak seluruh komponen mesin mobil. 

Kalau sudah terjadi, maka OtoFriends harus mempersiapkan biaya turun mesin mobil Carry minimal Rp1 jutaan untuk mengganti komponen mesin mobil yang rusak.

Jika mekanik menemukan adanya cairan oli dan mendapati kebocoran pada komponen oil tank, maka biaya turun mesin mobil Carry yang dibutuhkan antara Rp600 ribu sampai Rp700 ribuan.

Biaya turun mesin mobil diesel

Sementara itu, biaya yang dibutuhkan saat mobl diesel mengalami turun mesin berkisar antara Rp5 juta sampai Rp15 jutaan. Dikutip dari duitpintar.com, biaya tersebut merupakan biaya turun mesin mobil di bengkel resmi.

Bisa jadi biayanya akan lebih murah bila dilakukan di bengkel terdekat dengan tingkat kerusakan mesin mobil yang berbeda-beda.

Baca Juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

Penyebab dan ciri-ciri mobil mengalami turun mesin

Walaupun biaya turun mesin mobil bervariasi, ada yang murah dan mahal, itu semua tergantung dari tingkat dan komponen mobil yang rusak. Karenanya, ketahui penyebab dan ciri-ciri turun mesin mobil.

Pelumas habis

Pelumas pada mesin mobil telah habis yang menyebabkan naiknya suhu akibat gesekan pada mesin yang kurang baik.

Tanda bahwa pelumas kurang berfungsi adalah dengan melihatnya melalui indikator oli di dashboard mobil pada gambar cangkir tetesan. Bila gambar tersebut menyala maka harus segera membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Oli masuk ke ruang pembakaran

Oli masuk ke dalam ruang bakar dan membakar busi. Bukan hanya busi saja melainkan piston, seal valve, silinder head dan komponen lainnya di sekitar akan ikut rusak. 

Untuk memperbaikinya harus dilakukan turun mesin dulu. Oli masuk ke dalam ruang pembakaran ditandai dengan adanya asap putih pekat yang keluar dari knalpot.

Air radiator terlihat berminyak

Biasanya hal ini disebabkan karena problem pada silinder head yang membuat oli masuk ke dalam saluran air ataupun air itu menggenang dan masuk ke ruang kompresi.

Sebenarnya, solusinya adalah dengan mengganti silinder head yang baru. Akan tetapi, bila ternyata warna oli sudah berubah jadi kecoklatan dan bercampur dengan air radiator maka mau tidak mau harus dilakukan turun mesin.

Timing belt putus

Timing belt yang putus bisa membuat kinerja piston dan katup-katupnya berbenturan.

Suhu pada mesin mobil yang terlalu tinggi

Bila suhu mesin mobil naik padahal kita berkendara dalam kecepatan yang pelan, maka sebaiknya periksakan mesin mobil. Bisa jadi telah terjadi overheating.

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Mesin mobil terendam air

Adanya genangan air yang merendam ruang mesin mobil dapat menciptakan kerusakan yang cukup serius. Bahkan, piston bisa berlubang atau pecah karena adanya tekanan (water hammer).

Tips memilih bengkel mobil berkualitas

Apabila mobil OtoFriends membutuhkan jasa turun mesin, pilihlah bengkel mobil yang berkualitas. Berikut beberapa tips memilih bengkel mobil berkualitas:

Pastikan teknisi profesional

Teknisi profesional pada umumnya memiliki sertifikat dan pengetahuan mendalam mengenai mobil. Teknisi yang profesional tidak akan membuat OtoFriends ragu untuk mempercayakan kendaraan kepada mereka.

Bengkel memiliki standar operasional yang jelas

Setiap bengkel terpercaya tentunya memiliki standar operasional yang jelas. Bukan hanya itu, Quality Control juga berperan penting terhadap kualitas bengkel mobil.

Bengkel mudah didatangi

Carilah bengkel yang mudah didatangi kapan saja. Bengkel seperti ini biasanya termasuk ke dalam bengkel mobil 24 jam dan tetap beroperasi pada hari Minggu. Selain itu, akses terhadap pelayanan yang mudah juga harus dijadikan pertimbangan saat memilih bengkel.

Apabila OtoFriends ingin mencari bengkel terpercaya dengan cepat, manfaat aplikasi Otoklix. Aplikasi tersebut menyediakan beragam bengkel terpercaya serta layanan servis yang ditawarkan. Tidak hanya itu, OtoFriends juga bisa melakukan booking online sehingga bebas antrian.