Siapa sangka kalau ternyata konsumsi BBM HR-V cukup irit meskipun mobil SUV dengan tenaga yang besar. Honda HR-V generasi kedua pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014 dan dipasarkan pada 2015. 

Kini, Honda HR-V hadir dalam tiga generasi. Tampilan generasi terbarunya pada 2022 terlihat makin modern dan stylish. Meskipun begitu, generasi lamanya juga tetap terlihat keren. 

Lantas, sebenarnya berapa konsumsi BBM HR-V? Simak selengkapnya pada pembahasan berikut.

Konsumsi BBM HR-V

Saat diluncurkan pada tahun 2014, Honda HR-V muncul dalam 2 opsi mesin. Honda HR-V tipe 1.5 E dan dan 1.8 Prestige. Mobil ini dibekali dengan mesin SOHC 4 silinder segaris 16 katup. Teknologi i-VTEC + DBW. 

Hasilnya pengetesan konsumsi BBM HR-V cukup impresif. Konsumsi BBM HR-V 1.5 adalah 12 km/liter di rute dalam kota dan 14,5 km/liter pada rute luar kota. Kemudian, pada kecepatan konstan 100 km/jam, hasilnya lebih irit lagi, bisa mencapai 17,5 km/liter.

Sedangkan hasil pengetesan HR-V 1.8 Prestige menunjukkan angka 10,5 km/liter untuk rute dalam kota dan 15,6 km/liter untuk luar kota. Pada kecepatan konstan 100 km/jam, hasil yang didapat adalah 16,3 km/liter.

Hasil tersebut bisa dibilang istimewa karena mobil SUV memiliki tenaga yang besar. Untuk menghasilkan tenaga yang besar, butuh banyak membakar BBM. Sebab, sistem mesin bakar bekerja dengan lebih keras.

Teknologi i-VTEC pada Honda HR-V menjadi andalan. Kemudian, transmisi CVT juga berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Sebab, transmisi CVT pada mobil ini bisa menjaga mesin berputar di putaran rendah.

Baca juga: Honda HRV 2022: Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Perbedaan Konsumsi BBM Dalam dan Luar Kota

Kenapa konsumsi BBM HR-V di dalam dan luar kota berbeda? Perjalanan di dalam kota bikin mobil menghabiskan lebih banyak waktu dalam keadaan diam atau bergerak di kecepatan rendah. Mesin tetap berjalan, tetapi diam di tempat atau tidak banyak bergerak. Jadi, BBM tetap terbakar untuk menjalankan mesin. Mesin dengan kapasitas lebih besar lebih boros BBM.

Sedangkan untuk jalan tol biasanya memakai kecepatan 90-100 km/jam. Dalam kecepatan tinggi, mesin yang memakai transmisi CVT bisa mengolah bahan bakar dengan putaran mesin yang rendah. Jadi, konsumsi bahan bakar untuk perjalanan luar kota biasanya lebih irit.

Konsumsi BBM All New Honda HR-V 

Sebelumnya kita telah membahas tentang Honda HR-V keluaran generasi lama. Sekarang, kita bakal bahas konsumsi BBM HR-V terbaru, yaitu All New Honda HR-V. All New Honda HR-V masih menggunakan mesin dengan kubikasi yang sama, yaitu 1.500 cc. Namun, sekarang sudah DOHC seperti All New BR-V. 

Dari sisi tenaga yang dihasilkan, All New HR-V naik 1 tk dibandingkan dengan mesin sebelumnya. Angkanya yaitu 121 ps atau 119,2 tk pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Dengan mesin ini, akselerasinya jadi lebih responsif.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda CRV dari Generasi ke Generasi

Lantas, berapa konsumsi BBM HR-V? Melalui pengetesan selama beberapa hari, perjalanan dalam kota dengan jarak tempuh hampir 60 km, konsumsi BBM HR-V yang tercatat pada layar MID adalah 8,5 km/liter.

Rute dalam kota ini melalui kondisi jalan yang bervariasi. Mulai dari rute jalan nasional pada jam sibuk yaitu pukul 16.00 – 17.30 WIB, hingga lintas jalan tol. Kemudian, setelah melintasi ruas tol BSD, konsumsi BBM-nya sempat menyentuh 10 km/liter.

Sementara itu, ketika dilakukan pengetesan rute luar kota dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Purwakarta dengan jarak sekitar 136 km, konsumsi BBM HR-V ini menunjukkan angka yang efisien. Yaitu, 18,7 km/liter. 

Hasil ini dipengaruhi dengan kondisi jalan tol yang lengang pada pagi hari, gaya berkendara yang lebih santai, beban yang tidak terlalu berat, hingga memanfaatkan salah satu fitur dari Honda, yaitu Honda Sensing. 

Fitur tersebut adalah Adaptive Cruise Control sehingga laju kendaraannya bisa lebih konstan. Hasil tersebut bisa berbeda-beda tergantung pengujian yang dilakukan. Sebab, ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM HR-V.

Ulasan Singkat Spesifikasi Honda HR-V

Compact SUV dengan desain yang stylish ini tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin 1.500 cc untuk tipe E dan S, serta 1.800 cc pada tipe Prestige. Pilihan transmisi yang tersedia adalah transmisi otomatis CVT dan manual pada tipe S.

Mobil ini telah dibekali dengan fitur keselamatan seperti rem ABS dan Vehicle Stability Control (VSC). Sudah ada rem cakram juga di seluruh roda. Kemudian, tersedia juga dual airbag. 

Seperti yang sudah kita bahas, konsumsi bahan bakarnya cukup efisien saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Misalnya di kecepatan 90-100 km/jam. Sedangkan untuk konsumsi di kecepatan 20-22 km/jam memang menunjukkan konsumsi yang tidak terlalu irit. 

Baca juga: Honda WR-V 2022: Harga, Spesifikasi, dan Keunggulan

Cara menghitung konsumsi BBM HR-V bisa dengan melihat angka yang tertera pada MID (Multi Information Display).

Sementara itu, bagi yang ingin beli mobil HR-V bekas, harga bekasnya di pasaran dijual mulai dari Rp200 juta hingga Rp220 jutaan, tergantung kondisi kendaraan. Yang paling banyak dicari adalah tipe E dengan mesin 1.500 cc tahun 2015.

Supaya konsumsi BBM HR-V tetap irit dan stabil, performa dan mesin mobil perlu dalam kondisi baik. Caranya adalah melakukan servis rutin atau berkala. Terutama lakukan ganti oli dan tune up secara rutin.

Servis di bengkel Otoklix banyak keuntungannya. Selain servis berkualitas, suku cadang asli, dan harga transparan, pada aplikasi Otoklix juga tersedia riwayat servis dan pengingat. Jadi, tidak perlu khawatir kelupaan servis mobil.

Berdiri sejak 2019, bengkel flagship Otoklix tersedia di beberapa wilayah Jabodetabek, antara lain di Simprug, Mangga Dua, Ciputat, Depok, Jatimakmur, dan Daan Mogot.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM HR-V


Hasil pengetesan mobil Honda All New HR-V 1.500 tipe S transmisi CVT menungjukkan angka yang cukup irit untuk mobil SUV. Pada rute dalam kota sekitar 8-10 km/liter. Sedangkan untuk rute luar kota bahkan bisa mencapai 18 km/jam.


Kapasitas tangki bahan bakar Honda HR-V adalah 40 liter. Dengan pengisian full tank, mobil ini bisa melaju cukup jauh tanpa harus sering-sering mampir ke SPBU.


Honda HR-C terbaru disarankan untuk memakai BBM dengan nilai RON sekitar 90-92 supaya konsumsi mesinnya tetap terjaga. BBM dengan nilai oktan 90 setara dengan Pertalite, sedangkan nilai RON 92 setara dengan Pertamax.