Pabrikan mobil ternama Honda kembali mengeluarkan mobil dengan tipe SUV mini yang sangat laris di Indonesia, mobil tersebut adalah HRV 2022. Honda HRV 2022 pertama kali diperkenalkan pada pasar Indonesia pada hari Rabu, 23 Maret 2022 oleh PT Honda Prospect Motor (PT HPM).

Nama HRV sendiri berdasarkan situs resmi Honda memiliki arti Hi-rider Revolutionary Vehicle. Mobil Honda HRV juga memiliki sejarah yang cukup panjang di Honda. Pertama kali diproduksi pada tahun 1988 untuk generasi pertama, dan hingga saat ini di Indonesia sudah keluar generasi ketiga yaitu Honda HRV 2022.

Spesifikasi Honda HRV 2022

Honda HRV 2022 merupakan generasi ketiga dari Honda HRV yang kini sudah tersedia dan bisa OtoFriends miliki. Honda HRV 2022 hadir dengan 4 varian, yaitu Honda HRV S CVT, Honda HRV E CVT, Honda HRV SE CVT, dan varian tertinggi yaitu Honda HRV Turbo RS.

Untuk lebih mengenal tentang Honda HRV 2022, mulai dari exterior, interior, fitur teknologi sampai keamanannya, simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik dan penting berikut ini.

Baca Juga: Ganti Oli Mesin Honda HR-V: Ini Pilihan dan Biayanya

Exterior Honda HRV 2022

Untuk mengenal Honda HRV 2022, kali ini Otoklix akan mulai membahas dari sisi exterior Honda HRV 2022. Honda HRV 2022 hadir dengan 6 pilihan warna yang dapat OtoFriends pilih. Enam warna tersebut adalah Lunar Silver Metalic, Meteorid Gray Metalic, Crystal Black Pearl, Platinum White Pearl, Sand Khaki Pearl untuk varian Honda HRV E dan SE CVT serta Turbo RS, lalu tersedia juga warna Ignite Red Metalic Two Tone khusus Honda HRV Turbo RS.

Ukuran Honda HRV 2022 untuk varian Honda HRV S CVT, HRV E CVT dan Honda CRV SE CVT adalah 4.330mm x 1.790mm x 1.590mm. Untuk varian Honda HRV Turbo RS adalah 4.385mm x 1.790mm x 1.590mm.

Untuk semua varian Honda HRV sudah dilengkapi dengan Full LED Headlights with LED Daytime Running Light (Auto Headlight). Terdapat juga fitur Power Retractable Door Mirror untuk semua varian, dan untuk varian Honda HRV SE CVT dan Turbo RS telah dilengkapi dengan auto foldable. Pada bagian atas, sudah terdapat Shark Fin Antena pada semua varian Honda HRV 2022 dan fitur Smart Entry System.

Honda HRV 2022 juga telah telah dilengkapi dengan LED Fog Light untuk varian Honda HRV E CVT, Honda HRV SE CVT, dan Honda HRV Turbo RS. 

Bagian kaki-kaki mobil Honda HRV 2022 sudah dilengkapi dengan velg dengan ukuran 17 inch untuk varian Honda HRV S CVT dan Honda HRV E CVT. Untuk Honda HRV SE CVT dan Turbo RS sudah dilengkapi dengan velg ukuran 18 inch.

Untuk membantu OtoFriends dalam melakukan parkir, semua varian Honda HRV 2022 sudah dilengkapi dengan Rear Parking Camera dan untuk varian Honda HRV Turbo RS ditambahkan fitur Multi-Angle dengan pilihan tampilan Wide, Normal dan Top.

Varian Honda HRV Turbo RS yang merupakan varian paling tinggi dari Honda HRV 2022 tentunya memiliki keistimewaan tersediri dari segi exterior, beberapa diantaranya adalah seperti Stylish RS Aero Kit, Power Tailgate yang membantu membuka pintu belakang atau bagasi mobil secara otomatis dan Dual Chrome Exhaust Pipe Finisher atau knalpot ganda.

Interior Honda HRV 2022

Berikutnya Otoklix akan membahas bagian interior Honda HRV 2022. Varian Honda HRV E CVT, SE CVT, dan Turbo RS sudah dilengkapi Remote Engine Start dan untuk bagian kemudi steer mobil dilengkapi dengan Leather-Wrapped Steering Wheel & Shift Knob, untuk varian Honda HRV E CVT dan SE CVT menggunakan warna hitam, dan untuk varian Honda HRV Turbo RS menggunakan warna merah.

Semua varian Honda HRV 2022 sudah dilengkapi dengan Rear Armrest with Cup Holder dan Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang dapat terkoneksi dengan smartphone dan radio. Untuk varian Honda HRV S CVT dan E CVT memiliki ukuran layar 7 inch dan untuk varian Honda HRV SE CVT dan Turbo RS memiliki ukuran layar 8 inch.

Beberapa kendali ke Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio dapat OtoFriends lakukan melalui stir kemudi, seperti menggunakan Hands-Free Telephone Switch atau Audio Steering Switch.

Untuk audio semua varian Honda HRV 2022 sudah terpasang 4 speaker pada bagian dalam mobil, khusus untuk varian Honda HRV Turbo RS ditambahkan 2 Tweeters pada bagian dalam mobil.

Speedometer Honda HRV 2022 menggunakan TFT Meter Cluster dengan ukuran 4.2 inch untuk varian Honda HRV Honda HRV S CVT, E CVT, dan SE CVT, sementara untuk varian Honda HRV Turbo RS menggunakan TFT Meter Cluster dengan ukuran 7 Inch.

Keunggulan interior lainnya pada Honda HRV 2022 adalah terdapatnya Panoramic Glass Roof yang besar dan membuat OtoFriends puas. Panoramic Glass Roof ini terdapat pada varian Honda HRV SE CVT dan Turbo RS.

Baca Juga: Mau beli mobil yang ada sunroofnya? Ini rekomendasinya!

Mesin Honda HRV 2022

Untuk mesin, semua varian Honda HRV 2022 sudah menggunakan mesin 1.5L DOHC 4 Silinder,  i-VTEC dan DBW. Khusus untuk varian Honda HRV Turbo RS menggunakan mesin 1.5L Turbo DOHC 4 Silinder.

Sistem transmisi Honda HRV 2022 sudah menggunakan Continuously Variable Transmission dengan dilengkapi Paddle Shift pada bagian kemudi mobil. Kemudis mobil Honda HRV 2022 sudah menggunakan Electric Power Steering (EPS) dan sistem pengereman sudah menggunakan Auto Brake Hold.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Berkendara

Selanjutnya adalh fitur keselamatan dan keamanan. Semua varian Honda HRV 2022 sudah dilengkapi dengan Honda Sensing. Fitur ini akan membantu OtoFriends menghindari benturan dari arah depan mobil, baik oleh kendaraan lain atau dari pejalan kaki. Fitur Honda Sensing juga memungkinkan berkendara tetap pada jalur yang telah ditentukan.

Fitur yang satu ini juga memungkinkan untuk menjaga kecepatan kendaraan, mengubah pemakaian lampu secara otomatis sesuai dengan kecepatan dan keadaan jalan, serta dapat memberikan tanda saat mobil di depan yang berhenti mulai melaju kembali.

Fitur keselamatan berikutnya tentunya telah tersedia Airbags sebanyak 4 buah untuk semua varian Honda HRV 2022, dan khusus untuk varian Honda HRV Turbo RS terdapat 2 Airbags tambahan sehingga total menjadi 6 Airbogs pada varian Honda HRV Turbo RS.

Harga Honda HRV 2022

Setelah mengetahui berbagai informasi detail mengenai Honda HRV 2022. Berikut ini adalah daftar harga Honda HRV 2022 untuk masing-masing variasi Honda HRV 2022.

  • Honda HRV S CVT, harganya adalah Rp362.900.000,-
  • Honda HRV E CVT, harganya adalah Rp382.900.000,-
  • Honda HRV SE CVT, harganya adalah Rp403.100.000,-
  • Honda HRV Turbo RS, harganya adalah Rp513.900.000,-

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai mobil terbaru Honda, yaitu Honda HRV 2022. Mulai dari spesifikasi lengkap eksterior, interior, mesin sampai dengan fitur keselamatan dan keamanan Honda HRV 2022. Terdapat juga informasi harga dari masing-masing varian Honda HRV 2022. 

Untuk OtoFriends yang ingin merawat mobil sehingga selalu memiliki performa seperti mobil baru, OtoFriends bisa mempercayakannya kepada bengkel terpercaya yang ada di Otoklix. Semoga informasi lengkap Honda HRV 2022 ini menambah wawasan otomotif OtoFriends.