Awal November ini Honda merilis mobil terbarunya di kelas SUV yakni Honda WR-V. SUV compact crossover ini digadang-gadang menjadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Berapa harga Honda WR-V 2022?

WR-V sendiri merupakan singkatan dari Winsome Roundabout Vehicle. Sebenarnya, Honda WR-V ini sudah ada sejak tahun 2017 namun hanya dijual di Amerika Serikat dan India saja. Tahun ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa Honda WR-V ke pasar otomotif Indonesia dengan harga yang terbilang cukup murah yakni di bawah Rp300 juta.

Sebagai bahan pertimbangan OtoFriens, berikut ini spesifikasi mobil Honda WR-V Indonesia yang akan dipasarkan ke dalam 5 varian berkapasitas mesin 1.5 L.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Terbaru, Termasuk WR-V yang Segera Rilis

Desain Interior Honda WR-V

Desain interior Honda WR-V 2022 tergolong cukup mewah. Mulai dari kabin yang didominasi warna-warna modern tapi tetap elegan, bahan jok mobil yang terbuat dari bahan fabric dengan kapasitas penumpang 5 penumpang.

Desain interior WR-V hampir mirip dengan Honda Jazz. Bagian dashboard mobil yang mengadopsi model panel instrumen Honda City dengan penataan yang lebih rapi. 

Fitur hiburannya terdiri dari radio AM/FM, speaker depan dan belakang, koneksi bluetooth, soket USB, audio 17.7 cm yang sudah menerapkan teknologi touchscreen audio.

Pengaturan AC mobilnya juga sudah menggunakan teknologi automatic climate control with touch control panel. 

Di bagian kemudi setir telah dilengkapi dengan beragam tombol yang multifungsi untuk memudahkan kita untuk mengatur semua fitur-fitur saat berkendara sehingga tetap bisa fokus menyetir.

Sistem kemudi setir Honda WR-V 2022 sudah menggunakan sistem tilt & telescopic yang memudahkan kita untuk mengatur posisi tubuh saat berkemudi agar lebih nyaman. Terakhir, mobil ini dibekali dengan sistem navigasi.

Desain Eksterior Honda WR-V

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa secara desain, Honda WR-V didesain menyerupai Honda Jazz. Akan tetapi, di bagian eksteriornya terdapat perbedaan dimana Honda WR-V didesain sedikit lebih gahar khususnya di bagian bonnet dan fender.

Tampilan gahar tersebut didukung dengan body mobil yang cukup besar yakni dimensi mobil 3999 x 1734 x 1601 mm dengan jarak sumbu roda 2555 mm dan ground clearance 188 mm.

Honda WR-V memiliki 6 varian warna di antaranya Alabaster Silver Metallic, White Orchid Pearl, Modern Steel Metallic, Premium Amber Metallic, Carnelian-red-pearl, Golden Brown Metallic.

Adapun beberapa fitur yang disematkan pada desain eksteriornya meliputi kaca spion yang telah menggunakan sistem electric with power folding mirror, adjustable headlights, lampu belakang halogen dan lampu depan halogen headlight with LED DRL, ada lampu kabut depan dan lampu sein kaca spion luar, serta sistem kunci keyless.

Performa Mesin Honda WR-V

Bagian terpenting sebagai bahan pertimbangan saat membeli mobil baru adalah bagaimana kondisi dan performa mesin mobil. Honda WR-V menawarkan 2 varian mesin yakni mesin bensin dan mesin diesel.

Honda WR-V mesin bensin dibekali kapasitas mesin 1.199 cc dengan spesifikasi mesin 4 silinder SOHC dan i-VTEC dan transmisi manual 5 percepatan. Keluaran tenaga mesin Honda WR-V cukup baik yakni menghasilkan tenaga sebesar 90 PS untuk putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 NM pada putaran mesin 4.800 rpm. Kapasitas tangkinya mampu menampung bahan bakar sebanyak 40 liter.

Sedangkan varian mesin dieselnya dibekali kapasitas mesin 1.498 cc menggunakan mesin 4 silinder DOHC dan i-VTEC dan transmisi manual 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 100 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimal 200 NM pada putaran mesin 1.750 NM.

Bisa dikatakan Honda WR-V cukup irit penggunaan bahan bakar. Khususnya pada varian mesin diesel, Honda WR-V mesin diesel memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik dibandingkan varian mesin bensinnya. 

Satu liter bahan bakar pada mobil mesin dieselnya mampu menempuh jarak 25,5 kilometer. Adapun pada mesin bensin, satu liter bahan bakarnya hanya mampu menempuh jarak 17,5 kilometer.

Fitur Honda WR-V

Selain fitur hiburannya, Hoda WR-V juga dibekali dengan fitur-fitur keselamatan dan keamanan yang mengadopsi dari teknologi-teknologi mutakhir. 

Misalnya saja sistem parkir yang telah dibekali dengan rear parking sensor drive side window one touch up/down operation wit Pinch Guard, intelligent pedals dan dual SRS airbags for driver & front passenger anti lock brake system ABS with EBD.

Sementara itu, fitur keamanannya Honda telah membekali SUV compact ini dengan sistem keamanan central locking, engine immobilizer, anti theft device, alarm mobil dan power door locks. 

Jika OtoFriends memiliki anak kecil, maka tak perlu khawatir karena Honda WR-V juga memiliki sistem keamanan khusus yakni child safety locks.

Baca juga: Fungsi Central Lock Mobil, Kenali Masalahnya dan Cara Pasang

Harga Honda WRV

Apakah OtoFriends mulai tertarik untuk membeli Honda WR-V pertama yang dirilis di Indonesia ini? Honda WR-V yang dirilis di Indonesia ini terbagi ke dalam tiga varian yakni Honda WR-V E CVT, Honda WR-V RS CVT, dan Honda WR-V RS CVT with Honda Sensing.

Berikut ini rincian harga Honda WR-V 2022. Harga ini merupakan harga OTW Jakarta dan BBN Kepemilikan Mobil Pertama khusus two tone color yang dibebankan penambahan biaya sebesar Rp2,5 juta.

Varian Honda WRVHarga Honda WRV
Honda WR-V E CVTRp271,9 juta
Honda WR-V RS CVTRp289,9 juta
Honda WR-V RS CVT with Honda SensingRp309,9 juta

Baca juga: 15 Daftar Harga Mobil Matic Bekas, Mana yang Terbaik?

Keunggulan dan Kelemahan Honda WR-V

Alasan mengapa OtoFriends perlu membeli Honda WR-V selain desain eksterior yang gahar tetapi elegan dan desain interiornya yang mewah dan lega adalah mobil Honda WR-V ini memiliki fitur hiburan, keselamatan dan keamanan terbaik yang telah menerapkan sistem teknologi termutakhir.

Selain itu konsumsi bahan bakar mobil Honda WR-V terbilang sangat efisien dengan harga jual yang cukup terjangkau pada kelasnya.

Kendati demikian, ada beberapa kelemahan. Di antaranya performa mesin mobil yang masih standar dan mobil memiliki dua baris kursi saja.

OtoFriends juga bisa menggunakan Honda WR-V sebagai alternatif kendaraan off road karena desain eksteriornya yang gahar, apalagi ground clearance mobil ini cukup tinggi. Kita hanya perlu tambah beberapa sentuhan dan berkonsultasi dengan teknisi di bengkel body repair bila diperlukan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mobil SUV, mobil off road atau informasi seputar otomotif seperti biaya servis mobil, OtoFriends bisa mencari tahunya di blog otomotif terpercaya.

Pertanyaan Seputar Honda WRV

Harga Honda WR-V 2022 untuk tipe E CVT yakni Rp271,9 juta, Honda WR-V RS CVT Rp289,9 juta dan Honda WR-V RS CVT with Honda Sensing Rp309,9 juta.

Honda WR-V mesin bensin dibekali kapasitas mesin 1.199 cc dengan spesifikasi mesin 4 silinder SOHC dan i-VTEC dan transmisi manual 5 percepatan.

Fitur keselamatan Honda WR-V di antaranya ear parking sensor drive side window one touch up/down operation wit Pinch Guard, intelligent pedals dan dual SRS airbags for driver & front passenger anti lock brake system ABS with EBD.