Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang kerap menimbulkan kemacetan membuat pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan sejumlah ruas jalan tol gratis. 

Ruas-ruas jalan tol gratis yang bisa OtoFriends nikmati merupakan salah satu upaya untuk mendukung arus lalu lintas saat nataru 2022-2023. Meski gratis, pengguna jalan tetap harus melakukan tap kartu uang elektronik saat melintasinya.

Jalan tol gratis untuk libur nataru 2022-2023 berlaku mulai 18 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023. Dengan demikian, OtoFriends yang ingin menikmati liburan Nataru bersama keluarga bisa menghemat biaya perjalanan sekaligus mempersingkat waktu tempuh.

Baca juga: 11 Pelanggaran di Jalan Tol dan Cara Cek Tilangnya, Lengkap!

Karakteristik Jalan Tol Fungsional

Perlu OtoFriends pahami jika ruas jalan tol gratis yang akan beroperasi untuk libur Nataru merupakan jalan tol fungsional. Jalan tol fungsional adalah jalan bebas hambatan darurat yang dibuka sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan pada waktu tertentu dengan melihat kondisi di lapangan. 

Bagi OtoFriends yang nantinya melewati tol fungsional tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan.

  1. Jalan tol fungsional merupakan jalur bebas hambatan yang digunakan secara darurat, namun tetap dapat dilalui pengendara untuk sampai wilayah tertentu
  2. Jalan tol fungsional tidak dipungut biaya saat masuk dan keluar dari jalan tol tersebut. Meski gratis, pengendara harus  melakukan tapping pembayaran di gerbang tol (jika disiapkan gerbang tol). 
  3. Saat melewati jalan tol fungsional, kita sebaiknya waspada karena  mungkin saja ada  bagian yang belum sempurna, baik kerataan jalan dan sisa konstruksi sekitar ruas jalan tol.
  4. Jalan tol fungsional yang dirasa cukup panjang untuk dilintasi akan disediakan rest area sementara dan pengisian BBM, bengkel, dan pos polisi.
  5. Jalan tol fungsional akan ditutup setiap malam hari untuk menjaga keamanan pengendara saat melintas atau dibuka pada jam-jam tertentu saja hingga batas waktu yang ditentukan. Sebab, jalur tersebut belum dilengkapi pembatas jalan dan lampu penerangan yang maksimal.
  6. Kecepatan yang wajib ditempuh pengemudi biasanya dibatasi maksimal 40 km/jam karena kondisi jalan belum mulus. Jika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalan tol akan dipenuhi debu maupun kondisi licin saat musim hujan yang dapat mengganggu jarak pandang dan membahayakan pengemudi lain di belakang.
  7. Pengemudi yang melintas wajib untuk menjaga jarak aman dan mematuhi aturan berkendara serta rambu petunjuk yang telah disiapkan oleh petugas di jalan tol fungsional.. 

Baca juga: Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman 

Daftar Jalan Tol Gratis saat Nataru

Jalan tol gratis yang dapat dilalui berada di Pulau Sumatera dan Jawa yang beberapa di antaranya telah beroperasi sejak pertengahan November lalu. Berikut 8 ruas tol gratis yang muli akan dioperasikan secara fungsional untuk Nataru:

  1. Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna – Kayuringin – Ujung) sepanjang 4,8 km.
  2. Tol Jakarta – Cikampek Selatan (Segmen Sadang – Kutanegara) sepanjang 8,5 km.
  3. Tol Cinere – Jagorawi (Seksi 3A Kukusan – Cinere) sepanjang 3 km.
  4. Tol Ciawi – Sukabumi (Seksi 2 Cigombong – Cibadak) sepanjang 11,9 km.
  5. Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar (Tahap 1 Junction Wringinanom) sepanjang 7,4 km.
  6. Tol Semarang – Demak (Seksi 2 Sayung – Demak) sepanjang 16,31 km.
  7. Tol Sigli – Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Kutobaro -SS Baitussalam) sepanjang 12,3 km.
  8. Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura) sepanjang 20,4 km. 

Tips Berkendara saat Libur Nataru

Sebelum pergi libur nataru dengan membawa kendaraan pribadi, OtoFriends sebaiknya menyimak beberapa tips berkendara berikut ini agar lebih aman dan nyaman.

Pelajari rute yang akan ditempuh

Dengan mengetahui medan yang akan dilalui nantinya, kemungkinan untuk tersesat semakin kecil. Jika ingin lebih cepat sampai tujuan, OtoFriends bisa memilih rute perjalanan yang terhindar dari macet dengan memanfaatkan tol gratis misalnya. Pilih juga rute yang tidak melalui banyak tanpa jalanan berlubang.

Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum pergi berlibur melintasi jalan tol gratis, pastikan kondisi tubuh dalam kondisi yang sehat. Alangkah baiknya jika OtoFriends beristirahat yang cukup dan tidak mengantuk sebelum pergi berkendara. 

Apabila berlibur dengan jarak tempuh yang jauh, sempatkan berhenti dalam perjalanan untuk beristirahat sejenak agar tidak kelelahan dan mengantuk. Berkendara saat mengantuk sangat berbahaya mengingat banyak kasus kecelakaan akibat pengemudi yang mengantuk.

Jaga jarak aman berkendara

Jarak aman berkendara sering kali diabaikan oleh banyak pengendara. Padahal, menjaga jarak dengan kendaraan lain saat sedang berkendara berkendara merupakan hal yang wajib dilakukan demi keamanan berkendara.

Baca juga: Segini Jarak Aman Berkendara Menurut Aturan yang Berlaku 

Patuhi batas kecepatan berkendara

Berkendara dengan mematuhi batas kecepatan di jalan tol gratis akan meminimalisir risiko yang tidak diinginkan. Meski lowong, OtoFriends sebaiknya tidak memacu mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi karena berisiko menyebabkan kecelakaan.

Jalan tol gratis memiliki batas kecepatan layaknya jalan tol pada umumnya, yaitu paling rendah 60 km per jam dan tertinggi 100 km per jam. Dengan mematuhi batas kecepatan berkendara, itu akan membantu OtoFriends lebih aman saat melintasi jalan tol gratis.

Periksa kondisi kendaraan

Tips aman berkendara saat libur nataru melalui jalan tol gratis yaitu memeriksa kondisi kendaraan. Hal Ini penting untuk dilakukan karena menyangkut keselamatan saat berkendara.

Cek semua komponen mesin kendaraan dan pastikan semuanya dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk mengecek bagian rem, oli, dan tangki bensin. Bila diperlukan, OtoFriends juga bisa servis kendaraan sebelum pergi berlibur agar lebih aman.

Temukan 2000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Selain memudahkan mencari bengkel, OtoFriends juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Pertanyaan Seputar Tol Gratis

Jalan tol gratis untuk libur nataru 2022-2023 berlaku mulai 18 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023.

Jalan raya membebaskan pengguna jalan memakai jenis kendaraan apapun, baik motor hingga kendaraan berat sekalipun. Sementara itu, tidak semua jenis kendaraan bermotor bebas melintas di jalan tol.

Jalan tol fungsional adalah jalan bebas hambatan darurat yang dibuka sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan pada waktu tertentu dengan melihat kondisi di lapangan.