Mobil Mitsubishi Xforce menjadi salah satu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) keluaran terbaru dari Mitsubishi yang diperkenalkan di tahun 2023 ini. Selain Xforce, Mitsubishi membawa 1 mobil SUV lainnya, 1 mobil MPV, 1 hatchback, 3 mobil pick up dan 1 minibus.

Namun, mobil Xforce ini menjadi primadona di acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bulan Agustus 2023 kemarin. Harga Mitsubishi Xforce 2023 mulai dari Rp380 jutaan.

Mitsubishi menjamin konsumen mendapatkan harga yang worth it dengan mobil SUV yang memiliki mesin, fitur hingga teknologi terbaik. Simak spesifikasi mobil Xforce generasi terbaru ini.

Baca juga: Murah, Segini Biaya Perawatan Mitsubishi Outlander Sport

Harga Mitsubishi Xforce 2023

Industri otomotif Indonesia saat ini ramai memproduksi mobil SUV. Beberapa contoh mobil SUV selain Xforce yang sudah mengaspal di Indonesia saat ini antara lain Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Honda HR-V, dan Suzuki Grand Vitara.

Meski cukup banyak produk mobil SUV saat ini, akan tetapi Mitsubishi Xforce tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Apalagi harga yang ditawarkan Mitsubishi tergolong gak terlalu murah dan gak terlalu mahal di kelas mobil SUV.

Mitsubishi Xforce 2023 pertama kali diperkenalkan di Indonesia bulan Agustus 2023 dengan 2 varian pilihan yakni Exceed CVT dan Ultimate CVT. Berdasarkan website Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xforce harga terbaru yang berlaku sejak bulan Oktober 2023 antara lain:

  • Mitsubishi Xforce Exceed CVT mulai dari Rp382,5 juta
  • Mitsubishi Xforce Ultimate CVT mulai dari Rp419,1 juta

Mitsubishi menawarkan 6 varian warna untuk masing-masing tipe. Khusus warna putih, ada kebijakan khusus yakni harganya lebih mahal Rp1,5 juta daripada harga lainnya. Mitsubishi Xforce harga tersebut bisa saja berubah tanpa pemberitahuan, karenanya periksa terus berita dan informasi terbaru mengenai industri otomotif di portal otomotif Otoklix.

Mitsubishi Xforce Spesifikasi

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini spesifikasi mobil Mitsubishi Xforce. Mulai dari bagian dapur pacunya, desain interior dan eksterior hingga fitur yang dibekali Mitsubishi pada mobil Xforce generasi terbaru.

1. Performa Mesin

Secara garis besar, mesin yang digunakan Xforce terbaru ini sama dengan mesin yang digunakan untuk mobil Xpander namun dengan beberapa penyesuaian seperti bagian shifting pattern transmisi. Penyesuaian tersebut karena Xforce tergolong di dalam kelas mobil SUV.

Mitsubishi membekali Xforce dengan mesin bensin kode 4A91 berkapasitas 1.5 L 4 silinder MIVEC. Tenaga yang dihasilkan dapur pacunya bisa mencapai 103,5 hp pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Transmisi yang digunakan Xforce 2023 adalah transmisi otomatis CVT. Khusus tipe Ultime terdapat tambahan fitur 4 mode berkendara, antara lain Normal, Gravel, Wet dan Mud.

Penyesuaian lainnya juga dilakukan Mitsubishi di bagian platform mobil SUV ini. Suspensi depannya sudah menggunakan independen jenis MacPherson Strut dan suspensi belakangnya Torsion Beam. Gak ketinggalan sistem pengereman depan dan belakang sudah cakram, khusus rem depan menggunakan rem piringan berventilasi.

Mitsubishi cukup memperhatikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara khususnya saat akan melakukan manuver. Ground clearance mobil ini cukup tinggi yakni 222 mm. Untuk mengontrol kestabilan kendaraan saat bermanuver atau melintas di jalanan licin, Mitsubishi menyematkan Active Yaw Control (AYC).

Baca juga: Independent Suspension: Cara Kerja, Keunggulan, Jenis dan Perawatan

2. Desain Eksterior

Dari sisi eksteriornya, Mitsubishi melakukan facelift terhadap bahasa desain Xforce terbaru sehingga gak mirip lagi dengan Xpander Series, sekalipun platform yang digunakan masih sama. New Generation Dynamic Shield menjadi bahasa desain baru Xforce jadi lebih modern dan tetap terlihat kokoh dan sporty.

Kita bisa lihat desain futuristiknya melalui garisan atau lekukan pada body mobil. Desain ikonik lainnya di bagian luar mobil antara lain penggunaan All LED Rear Combination Light berbentuk T-shape yang terlihat begitu mencolok bagi pengguna jalan lain.

DImensi mobil Mitsubishi Xforce generasi terbaru ini memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm dengan ukuran wheelbase 2.650 mm. Mobil ini semakin kokoh dan gagah karena penggunaan ban mobil berukuran 18 inci dengan spesifikasi 225/50R18.

Warna yang tersedia untuk mobil Xforce 2023 antara lain Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow Metallic, Quartz White Pearl, Red Metallic, Jet Black Meca, dan Blade Silver Metallic.

3. Mitsubishi Xforce Interior

Sementara itu, bagian interiornya masih cukup berpengaruh dengan desain interior Mitsubishi Xpander, di mana desainnya sederhana namun tetap mempertahankan kesan kemewahan dan elegansi.

Mitsubishi Xforce 2023 memiliki kapasitas penumpang maksimal sebanyak 5 penumpang. Material jok mobil ini terbuat dari kulit sintetis yang didominasi warna gelap. Sedangkan jok belakangnya menggunakan reclining-8 step.

Menariknya nuansa gelap di bagian jok ini dikawinkan dengan warna abu-abu dan coklat di bagian dashboard dan door trimnya. Mitsubishi menggunakan material soft pad untuk bagian dashboard dan panel pintu mobil.

Desain head unit mobil SUV ini cukup menonjol apalagi dengan penggunaan head unit touchscreen berukuran 8 inci untuk varian Exceed dan 12,3 inci untuk varian Ultimate. Head unit Xforce Ultimate dilengkapi juga dengan instrumen digital berukuran 8 inci.

Adapun sound system yang disematkan Mitsubishi pada mobil Xforce terbarunya ini menggunakan sound Yamaha Premium dengan 4 konfigurasi audio dan 8 speaker untuk varian Ultimate dan 6 speaker untuk varian Exceed.

Yang berbeda lagi dari bagian ruang kabin mobil ini adalah penyematan konsol bagian tengah dengan ruang pendingin khusus, ruang bagasi luas dan sistem suspensi yang stabil sehingga menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman.

Khusus varian Ultimate CVT, Xforce menyematkan Dual Zone Auto Climate Control with nanoe “X” untuk menjaga ruang kabin dari bakteri dan virus agar udara jauh lebih bersih dan segar.

4. Fitur Xforce 2023

Melengkapi mesin dan desain mobil ini, gak ketinggalan fitur-fitur yang cukup mumpuni dan membantu memberikan jaminan keselamatan serta keamanan selama kita berkendara. 

Mitsubishi membekali Xforce dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS), sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan  Electronic Brake Distribution (EBD) with Brake Assist.

Kemudian ada Hill Start Assist (HSA), 4 airbag, Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk varian Ultimate

Kendati begitu, sayangnya Mitsubishi Xforce sunroof belum ada, perbedaan yang cukup signifikan dari kompetitor mobil SUV lainnya.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

Demikianlah informasi tentang Mitsubishi Xforce 2023 yang baru rilis bulan Agustus 2023 kemarin. Apakah mobil SUV dari Mitsubishi ini menjadi pilihan mobil OtoFriends?

Untuk melengkapi informasi kita sebagai pemilik mobil, sebaiknya cari tahu bagaimana cara merawat dan memelihara kendaraan bermotor roda 4. Seperti waktu yang tepat ganti oli mobil, waktu ideal memeriksa aki mobil hingga rutin membersihkan mobil di salon cuci mobil.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Mitsubishi Xforce

Harga Mitsubishi Xforce 2023 mulai dari Rp380 jutaan. Untuk tipe Exceed CVT sebesar Rp382,5 juta dan varian Xforce Ultimate CVT sebesar Rp419,1 juta. Harga tersebut berlaku sejak Oktober 2023.

Mitsubishi membekali Xforce dengan mesin bensin kode 4A91 berkapasitas 1.5 L 4 silinder MIVEC. Tenaga yang dihasilkan dapur pacunya bisa mencapai 103,5 hp pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mitsubishi Xforce 2023 memiliki kapasitas penumpang maksimal sebanyak 5 penumpang. Material jok mobil ini terbuat dari kulit sintetis yang didominasi warna gelap. Sedangkan jok belakangnya menggunakan reclining-8 step.