Klakson mobil merupakan salah satu komponen mobil yang paling sering dimodifikasi selain body mobil dan desain interior mobil. Tujuannya agar suara klakson mobil lebih keren.

Klakson mobil sebagai unsur pelengkap agar kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Sebab, klakson mobil memiliki peran sebagai alat komunikasi para pengemudi di jalan.

Saat akan menyalip kendaraan lain atau dalam keadaan berbahaya kita bisa mengirimkan sinyal kepada pengguna jalan lainnya dengan membunyikan klakson mobil. Artikel ini akan membahas tentang fungsi, peran, jenis sampai harga klakson mobil.

Baca juga: Cara Pasang Relay Klakson yang Benar, Harus Sesuai Urutan

Fungsi dan peran klakson mobil

Ada aturan pemerintah yang mewajibkan kendaraan bermotor menggunakan klakson, yakni Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 48 ayat 1. Di sana tertulis bila kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat tidak dilengkapi dengan klakson maka akan dikenakan denda.

Terlepas dari peraturan tersebut, klakson mobil sebagai komponen pelengkap cukup memiliki fungsi dan peran penting, khususnya untuk kita yang sedang berkendara. Klakson mobil berfungsi sebagai alat komunikasi antar sesama pengendara atau dengan pengguna jalan lainnya.

Misalnya saja, saat kita ingin menyalip kendaraan lain maka kita bisa memperingatinya melalui klakson mobil. Atau, bila ada pengguna jalan dan pengemudi yang tidak sadar kehadiran mobil kita, maka kita bisa memperingatinya dengan membunyikan klakson mobil.

Klakson mobil menjadi bagian dari fitur keselamatan karena memiliki peran penting di saat kita berhadapan dengan titik-titik buta pada kendaraan, dalam kasus ini sering ditemukan saat kita akan menyalip kendaraan lain.

Untuk setiap kendaraan memiliki jenis klakson mobil yang berbeda-beda, klakson suara klakson mobil akan berbeda dengan klakson motor dan suara klakson mobil truk. Sedangkan suara klakson mobil truk dan bus memiliki suara klakson mobil paling keras.

Apabila OtoFriends mau memodifikasi klakson mobil, maka Otoklix punya rekomendasi bengkel ganti klakson mobil dengan merek dan harga klakson mobil cukup terjangkau.

Biasanya, pemilik mobil mengganti atau memodifikasi klakson mobil tujuannya agar mendapatkan suara klakson mobil terbaik.

Kendati diperbolehkan untuk menyalakan klakson mobil di saat-saat tertentu, kita tetap harus mengontrol diri untuk tidak menyalakan klakson mobil di saat emosional atau menyalakan klakson mobil untuk mengintimidasi pengendara lainnya.

Larangan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993 Pasal 71 tentang Prasarana dan Lalu Lintas. 

Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa kita hanya boleh menggunakan klakson kendaraan untuk keselamatan lalu lintas atau saat melintasi kendaraan lain. Dilarang untuk menyalakan klakson bila tidak terlalu dibutuhkan apalagi untuk mengintimidasi pengendara lain.

Baca juga: Cara Kerja Relay pada Mobil, Kenali Juga Fungsi-fungsinya

Jenis-jenis klakson mobil

Ada dua jenis klakson mobil, yakni klakson udara dan klakson listrik. Klakson udara mengeluarkan suara klakson mobil paling keras dibandingkan klakson listrik. 

Karenanya, klakson udara digunakan untuk kendaraan-kendaraan berat seperti klakson untuk mobil truk, bus, bahkan sampai kereta dan kapal.

Sedangkan pada kendaraan bermotor seperti motor dan mobil menggunakan klakson listrik. Akan tetapi, klakson listrik diklasifikasikan ke dalam dua jenis lagi yakni klakson arus listrik DC atau searah dan klakson arus listrik AC atau bolak-balik. Berikut ini penjabaran lebih detailnya.

1. Klakson udara

Jenis klakson udara digunakan pada kendaraan berat seperti mobil truk, bus, ambulance, bahkan sampai kereta dan kapal. Klakson udara memiliki tingkat hasil frekuensi suara lebih tinggi dan keras sehingga bisa memperingati banyak pengendara atau orang sekaligus.

Sesuai dengan namanya, cara kerja klakson udara adalah dengan memanfaatkan udara yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup menggunakan katup klakson angin. Udara akan keluar-masuk melalui celah katup dan menciptakan resonansi suara klakson.

Keunggulan dari jenis klakson ini adalah kita bisa mengatur suara yang dihasilkan tergantung kebutuhan. Semisal, beberapa negara membuat suara klakson udara khusus untuk kereta agar berbeda dengan suara truk.

Kapal laut juga menggunakan jenis klakson udara untuk mengirimkan sinyal kepada kapal lainnya di malam hari atau pada saat jarang pandang yang samar.

Tak jarang juga jenis klakson udara digunakan untuk acara-acara olahraga, seperti lari dan hockey namun sedikit diberikan sentuhan modifikasi agar tidak terlalu sakit saat didengar telinga.

2. Klakson arus listrik AC

Suara klakson tercipta dari getaran yang menghasilkan frekuensi suara. Umumnya, kendaraan bermotor memiliki suara klakson mobil berkisar antara 1800 sampai 3550 Hz.

Pada klakson mobil arus listrik AC atau bolak balik, suara klakson mobil tercipta dari magnet listrik, dimana kutub magnet secara bergantian menghasilkan suara dari utara ke selatan, begitu pula sebaliknya.

Perubahan frekuensi listrik terjadi sebagai dampak getaran yang bergetar secara terus-menerus hingga menimbulkan suara yang cukup keras dan nyaring.

Klakson arus listrik AC memanfaatkan dinamo listrik sehingga tepat digunakan untuk kendaraan bermotor berukuran kecil seperti sepeda motor. 

Satu-satunya kekurangan jenis klakson mobil ini adalah putaran mesinnya bisa turun yang membuat frekuensi getaran pada klakson pun ikut turun.

3. Klakson arus listrik DC

Sementara itu, jenis klakson mobil arus listrik searah atau DC memiliki perubahan frekuensi tertentu secara searah sehingga membutuhkan kontak pemutus agar untuk menimbulkan suara pada membran.

Cara kerjanya adalah dengan menutup kontak pemutus tersebut maka arus listrik di dalamnya akan mengalir menuju magnet listrik. Hal tersebut membuat membran dan plunger tertarik ke arah magnet listrik tersebut.

Saat membran dan plunger ikut tertarik, dengan otomatis kontak pemutus akan terbuka sampai magnet tersebut hilang. Setelah magnetnya hilang, maka membran dan plunger akan kembali ke kontak pemutus dan terhubung lagi. Proses inilah yang menciptakan getaran dan bunyi yang kita kenal dengan suara klakson mobil.

Daftar harga klakson mobil yang bagus

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar rekomendasi dan harga klakson mobil yang bagus dan populer. Harga tersebut sudah termasuk harga klakson keong untuk mobil.

Jenis Klakson MobilHarga Klakson Mobil
Klakson atau Horn Mobil Motor Denso Power Tone Disc 12V dan AccesoriesRp110 ribuan
Hella 3AM 922 100-041 Horn Klakson Strong Tone 12VRp115 ribuan
Klakson Disc Compact HellaRp115 ribuan
Denso Keong Power Tone Waterproof NMAX 155Rp119 ribuan
Klakson Disk Denso Compact Horn 6920 12VRp120 ribuan
Horn Mobil Motor Denso Terompet Keong Waterproof dan ACC 12VRp125 ribuan
Klakson Denso Compact 24VRp132 ribuan
Denso Keong Waterproof dan Kabel Relay MXRp141 ribuan
Denso Mobil Keong Waterproof dan Kabel RelayRp143 ribuan
Denso Waterproof 12V dan Kabel Set Relay Bosch DB3500Rp144 ribuan
Klakson Hella Blue Twin Tone dan Kabel Relay Denso Komplit 61213Rp149 ribuan
Klakson atau Horn Mobil Denso Power Tone Disc 24VRp183 ribuan
Hella Blue Twin ToneRp152 ribuan
Hella JP Kuro Twin ToneRp160 ribuan
Hella Red Twin ToneRp182 ribuan
Hella Model Keong Dual Horns Suara Mercy UniversalRp210 ribuan
Hella Black Twin Tone Free RelayRp221 ribuan
Hella Chrome Twin ToneRp285 ribuan
Hella Golden Twin Tone Limited EditionRp320 ribuan
Hella Super Tone RedRp325 ribuan

Itulah daftar rekomendasi dan harga klakson mobil yang bagus dan populer. Perlu digaris bawahi bahwa harga klakson mobil bisa saja berbeda tergantung kebijakan masing-masing bengkel.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan info lebih lanjut OtoFriends bisa mencari tahu secara berkala di portal otomotif terpercaya seperti Otoklix.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, dan Jenis Servisnya

Pertanyaan Seputar Klakson Mobil

Jenis klakson mobil untuk kendaraan roda dua dan empat ada klakson arus AC dan DC, sedangkan klakson mobil truk dan bus biasanya menggunakan jenis klakson udara.

Harga klakson mobil bervariasi mulai dari Rp110 ribuan sampai Rp320 ribuan tergantung jenis dan mereknya.

Harga klakson keong bervariasi mulai dari Rp110 ribuan sampai Rp210 ribuan tergantung jenis dan mereknya.