Kaliper rem mobil merupakan komponen penting dalam sistem pengereman mobil. Kaliper rem mobil terletak satu sistem dalam pengereman cakram.

Sering dianggap sepele, kaliper rem mobil yang rusak atau bermasalah berisiko membahayakan pengendara karena bisa menjadi sumber macetnya sistem pengereman. Terbagi atas dua jenis, bagaimana fungsi, cara kerja, dan perawatannya? Berikut Otoklix rangkum informasi selengkapnya.

Baca juga: Kenali 12 Komponen Rem Cakram, Cara Kerja, dan Fungsinya

Fungsi Kaliper Rem Mobil

Dalam sistem pengereman cakram, komponen penting terbagi atas kaliper rem mobil, piston rem, dan kampas.

Kaliper rem mobil berperan untuk menekan kampas rem pada piringan cakram sekaligus menjadi rumah bagi piston rem. Ketiga komponen penting ini saling bekerja sama untuk menjalankan sistem pengereman cakram.

Piston sendiri berfungsi untuk menekan kampas rem ke cakram rem, sedangkan kampas rem berperan sebagai penahan putaran cakram. 

Selain berperan untuk menekan rem kampas, beberapa fungsi kaliper rem mobil lainnya antara lain:

  • Mengatur proses saat akan mengerem mobil
  • Pengendali utama laju kendaraan
  • Berperan untuk memperpendek jarak pengereman
  • Menjadikan proses pengereman lebih efisien
  • Mengurangi kecepatan roda kendaraan
  • Menyalurkan gaya dorong ke cakram rem

Jenis Kaliper Rem

Sekedar informasi, umumnya ada dua jenis kaliper yang digunakan pada mobil, yakni kaliper rem mobil floating dan kaliper rem mobil fixed. Adapun peran dan fungsinya antara lain:

  • Floating caliper: Terletak di brake support dan berfungsi untuk menekan kampas rem. Terdapat piston rem pada satu sisinya untuk menekan kampas rem.
  • Fixed Caliper: Terletak pada brake support, hanya saja fixed caliper ini menyatu langsung dengan brake support sehingga tidak berisiko berkerak seperti floating caliper. Adapun fungsi dari fixed caliper adalah untuk menekan kampas rem yang dilakukan di sisi yang memiliki piston rem.

Cara Kerja Kaliper Rem Mobil

Secara sederhana, fungsi kaliper rem mobil adalah untuk menjepit atau menekan cakram. Cara kerja kaliper rem mobil sendiri sebenarnya cukup mudah. Ada dua jenis kaliper rem mobil seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Baca juga: Disc Brakes: FUngsi, Komponen, Hingga Solusi Atasi Karat

Kedua komponen tersebut saling bekerja sama menggunakan prinsip hidrolik. Ketika kaliper rem mobil sedang mengembang, maka piston akan memberikan gaya dorong ke rem cakram dalam atau rotor sehingga laju kendaraan akan terhenti. Sebaliknya, jika kondisi kaliper rem mobil dalam posisi awal, maka bagian piston akan menempel atau memadat di kedua sisi kaliper rem mobil.

Penyebab Kaliper Rem Mobil Macet

Kaliper rem mobil bekerja menekan, menimbulkan risiko rawan terjadi kerusakan atau kemacetan pada komponen kaliper rem mobil. Salah satu penyebab kaliper rem mobil bisa mengalami kerusakan atau kemacetan adalah penggunaan kampas rem yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Hal ini biasanya rawan terjadi di kalangan pengendara atau pecinta otomotif yang menggunakan kampas rem di luar pabrikan resmi. Selain hal tersebut, beberapa penyebab kaliper rem mobil macet antara lain:

  • Salah menggunakan minyak rem atau tidak menggunakan minyak rem sesuai standar
  • Jarang membersihkan kaliper rem mobil

Perawatan Kaliper Rem Mobil

Sama halnya dengan komponen mesin mobil lainnya, kaliper rem mobil juga butuh perawatan untuk menjaga kinerja kaliper rem mobil tetap berjalan lancar.

OtoFriends bisa melakukan pembersihan dan pengecekan berkala di bengkel rekanan Otoklix. Adapun biasanya, kaliper rem mobil yang kotor dan perlu dibersihkan akan menunjukkan beberapa tanda, seperti:

  • Terdengar bunyi saat rem diinjak, bunyi ini muncul akibat adanya debu yang menempel pada kampas rem dan kaliper
  • Ketika mobil berjalan, terdengar bunyi seperti besi gesekan. Mengatasi masalah ini, OtoFriends bisa melakukan pembersihan kaliper rem mobil dari segala debu. Gunakan grease atau gemuk pada pin kaliper sehingga gerakan kaliper bisa berjalan lancar. 

Harga Kaliper Rem Mobil

Harga kaliper rem mobil biasanya dibanderol dikisaran harga Rp900 ribuan hingga Rp1,2 jutaan. Namun harga tersebut hanya untuk satu bagian kaliper rem mobil saja. OtoFriends bisa mengecek harga kisaran perbaikan langsung saat melakukan pembookingan servis. 

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Rem Mobil Terbaik Rekanan Otoklix

Mengapa Servis di Bengkel Rem Mobil Rekanan Otoklix?

Pembersihan dan pengecekan rem mobil harus dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Kesalahan dalam perbaikan rem mobil bisa mengancam keamanan dan kenyamanan berkendara. Bagi OtoFriends yang mengalami masalah kerusakan kaliper rem mobil, segera bawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix atau hubungi kami apabila OtoFriends ingin melakukan pengecekan secara langsung di rumah OtoFriends. 

Adapun beberapa keunggulan melakukan servis di bengkel rem mobil rekanan Otoklix antara lain:

  1. Harga Transparan
  2. Garansi Servis 14 Hari
  3. Tersedia 2.000+ Bengkel Mitra Se-Jabodetabek

Jangan ragu melakukan servis di bengkel rem mobil rekanan Otoklix. Otoklix bermitra dengan bengkel umum mobil pilihan dan tidak kalah dengan fasilitas servis di bengkel resmi. 

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

Pertanyaan Seputar Kaliper Rem Mobil

Kaliper rem mobil merupakan komponen penting dalam sistem pengereman mobil. Kaliper rem mobil terletak satu sistem dalam pengereman cakram. Sering dianggap sepele, kaliper rem mobil yang rusak atau bermasalah berisiko membahayakan pengendara karena bisa menjadi sumber macetnya sistem pengereman.


Kaliper rem mobil berperan untuk menekan kampas rem pada piringan cakram sekaligus menjadi rumah bagi piston rem.


Ketika kaliper rem mobil sedang mengembang, maka piston akan memberikan gaya dorong ke rem cakram dalam atau rotor sehingga laju kendaraan akan terhenti. Sebaliknya, jika kondisi kaliper rem mobil dalam posisi awal, maka bagian piston akan menempel atau memadat di kedua sisi kaliper rem mobil.