Memilih ban mobil terbaik adalah salah satu cara menjaga keselamatan berkendara. Pasalnya, ban merupakan salah satu komponen penting pada kaki-kaki mobil. Menggunakan ban yang bagus bisa meningkatkan kestabilan berkendara.

Oleh sebab itu, pilih ban dengan kualitas terbaik dan sesuaikan dengan karakter mesin serta medan yang dilalui.

Berikut rekomendasi Otoklix mengenai rekomendasi ban mobil terbaik.

14 Merek Ban Mobil Terbaik

1. Accelera

Bagi kamu yang menyukai tampilan elegan, ban Accelera bisa menjadi salah satu pilihan. Ban ini mengunggulkan sisi desain, misalnya pada model ban Phi yang populer, dan model lainnya seperti Plush, X-Grup, Alpha, Eco, dan lainnya.

Selain memiliki desain yang bagus, kualitas ban ini juga tidak perlu diragukan karena memiliki daya cengkeram yang kuat dan ketahanan yang baik. Bagi kamu yang ingin memberikan sentuhan sport pada mobil, seri ban model sport dari Accelera bisa kamu coba gunakan. Dari segi harga, ban Accelera cukup kompetitif, mulai Rp390 ribu per ban.

2. Achilles

Merek ban ini juga sering mengeluarkan inovasi pembuatan ban mobil. Ban produksi Achilles banyak digunakan oleh para pembalap mobil kelas dunia. Achilles juga sudah memiliki cabang di Indonesia. Harga ban Achilles mulai dari Rp415 ribu sampai jutaan.

3. Toyo

Merek ban mobil asal Jepang ini juga menjadi pilihan ban mobil terbaik. Toyo juga didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Model Toyo Open Country merupakan salah satu yang digemari. Ban Toyo dibuat dari bahan berkualitas dengan desain yang simetris. Sehingga performanya pun tidak perlu diragukan.

4. Bridgestone

Siapa yang tidak kenal merek salah satu ban mobil terbaik ini? Bridgestone menggunakan lembar cord sebagai penyusun rangka ban. Kualitas dan lekukan ban Bridgestone juga lebih stylish, tetapi tetap fungsional.

Daya cengkeram Bridgestone juga kuat pada segala medan jalan. Mengenai harga, ban Bridgestone ini memiliki harga yang bervariatif, tetapi bersaing dengan merek ban lainnya. Kamu bisa mendapatkan satu ban dengan rentang harga Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan.

5. Goodyear

Goodyear memiliki berbagai tipe dan model ban untuk menunjang performa mobil kamu. Daya cengkeram ban ini kuat meski di jalanan yang basah. Ban ini memenuhi kebutuhan ban mobil, mulai dari LCGC, MPV, sampai dengan mobil sedan. Harga ban ini mulai dari Rp470 ribuan.

6. Hankook

Merek ban asal Korea ini juga merupakan salah satu ban mobil terbaik. Produk unggulannya adalah Dynapro HT. Bahan ban Hankook menggunakan empat alur melingkar, sehingga dapat mencegah terjadinya aquaplaning ketika ban melaju di jalanan basah. Ban Hankook memiliki harga mulai dari Rp450 ribuan.

7. GT Radial

Merek ban yang satu ini juga menjadi salah satu sponsor utama arena balap, termasuk Formula 1 (F1). Meskipun produk lokal, tetapi kualitasnya mampu bersaing dengan merek internasional. Kualitas dan ketahanannya sangat baik. Diklaim dapat menjaga kestabilan ketika berkendara. Harga ban ini mulai dari Rp400 ribu sampai Rp1 jutaan.

8. Michelin

Ban Michelin terkenal akan ketahanan yang tinggi, suara yang senyap, dan daya cengkeram yang baik ketika melakukan pengereman. Ada teknologi Silica Rain Technology pada ban ini yang membuat ban tidak mudah tergelincir. Tidak heran jika ban ini digunakan pada mobil-mobil premium kelas atas. Rentang harga ban ini mulai dari Rp565 ribuan.

9. Falken

Ban Falken memang tidak sepopuler merek lainnya. Tetapi ban ini juga mampu bersaing secara kualitas, terutama ketika digunakan pada mobil yang berkendara di jalan raya untuk keperluan sehari-hari. Ban ini didesain stabil dan nyaman berkendara di jalan raya.

10. Dunlop

Ban mobil ini memiliki kualitas yang sudah diakui di Indonesia. Ban ini memiliki compound yang membuatnya terasa lebih soft, senyap, dan pastinya memberikan kenyamanan sempurna pada kendaraan. Selain itu, ban ini juga kerap menjadi ban mobil balap karena memiliki daya cengkeram yang kuat dan stabil ketika digunakan. Ban Dunlop bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp520 ribu.

11. Yokohama

Merek ban mobil terbaik yang kesebelas adalah Yokohama. Ban ini memiliki beragam variasi tipe dan model ban, mulai dari penggunaan sehari-hari pada mobil penumpang dan mobil sport. Merek ini juga menjadi salah satu sponsor dalam ajang balap F1, MotoGP, dan kompetisi-kompetisi di Jepang. Kualitas yang baik sebanding dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp1,2 jutaan per ban.

12. Corsa

Corsa memiliki jenis yang cocok digunakan untuk mobil-mobil muatan berat. Misalnya untuk mobil yang menampung beban 150 persen dari beban standar. Tetapi juga ada varian untuk mobil keluarga. Kualitasnya mampu meredam getaran dan kebisingan dengan baik.

13. Pirelli

Merek ban ini juga memiliki harga yang cukup tinggi, yaitu Rp2,3 jutaan. Tetapi memang memiliki kualitas yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada kendaraan. Cocok digunakan pada mobil-mobil balap. Ketahanannya juga super kokoh.

14. Continental

Merek ban mobil terbaik yang terakhir adalah Continental.  Ban ini ditujukan untuk mobil kelas premium dengan model ban Run Flat-Tyre (RFT). Merek ini menjadi sponsor resmi kompetisi mobil balap, seperti Euro 2012 dan Fifa World Cup 2014. Merek ban asal Jerman ini memiliki rentang harga mulai dari Rp730 ribuan.

Ciri-Ciri Ban Mobil Perlu Diganti

Setelah mengetahui merek apa saja yang direkomendasikan, kamu juga perlu tahu kapan ban mobil perlu diganti dengan memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

1. Telah digunakan selama 3 tahun atau lebih

Ban mobil menggunakan bahan karet. Seperti yang kita ketahui, karet memang memiliki sifat elastis, tetapi juga kelenturan ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Apabila kelenturannya berkurang, akan terasa berkendara menjadi tidak nyaman karena sudah mengeras. Jadi, selalu cek kondisi ban mobil kamu ya.

2. Ketebalan ban sudah tidak sesuai

Ketebalan ban mobil juga bisa berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Ban akan menjadi semakin tipis dan bisa berbahaya kalau meletus. 

3. Sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km

Salah satu indikator ban perlu diganti adalah usia pemakaian berdasarkan jarak tempuh. Idealnya, jika sudah lebih dari 40.000 km, ban mobil harus diganti. Pasalnya, ban mobil bisa mengalami keausan. Ban menjadi tidak nyaman untuk digunakan dan potensi kerusakan semakin tinggi.

4. Permukaan ban sudah tidak bagus

Ban yang permukaannya sudah retak, gundul, atau benjol juga sebaiknya segera diganti. Ban dengan kondisi fisik yang sudah tidak bagus ini membuat daya cengkeramnya berkurang. Sehingga mobil menjadi lebih rawan tergelincir ketika kondisi jalanan basah.

Itu dia 14 rekomendasi ban mobil terbaik dan ciri-ciri ban mobil perlu diganti. Perhatikan kondisi ban dan lakukan perawatan rutin ya.

Cek bengkel ban mobil terdekat di aplikasi Otoklix yuk! Kamu bisa dapat harga yang bersaing, biaya jasa 30% lebih hemat, dan hanya perlu bayar sesuai harga yang tertera di aplikasi, lho.