Body repair biasanya dibutuhkan untuk membuat mobil mulus kembali. Misal, karena kecelakaan, tabrakan, atau gores akibat pemakaian sehari-hari.

Kemungkinan besar kamu kesal karena bodi mobil tidak semulus saat pertama membelinya. Apalagi jika kerusakan tersebut menghambat fungsi komponen mobil, misalnya rusak pada bagian kap atau pintu mobil sehingga tidak bisa membuka atau menutup.

Berikut ini ulasan lengkap tentang body repair, mulai dari biaya body repair mobil, fungsinya, serta di mana kamu bisa mendapatkan bengkel body repair terdekat.

Apa Itu Body Repair?

Body repair adalah perbaikan pada bodi mobil dengan melakukan penggantian panel atau perbaikan lainnya dengan metode tertentu. Sebagai contoh, jika kerusakan pada mobil tergolong ringan atau sedang, kemungkinan metode yang digunakan adalah washer welder, palu on-off doly atau shrinking

Sementara untuk perbaikan berat, ada metode yang dinamakan CO2 mig atau mag welding. Metode ini digunakan untuk menyambung atau mengganti panel. Jadi, perbaikan mobil tidak hanya melakukan cat ulang atau coating agar mobil tampil kinclong, tetapi juga mengembalikan fungsi komponen.

Biaya Body Repair Mobil

Harga body repair tentunya bervariasi, tergantung bengkel yang menangani dan juga apakah perbaikan tergolong ringan atau berat. Memilih bengkel body repair terdekat juga tidak bisa sembarangan. Jika salah memilih bengkel, bisa jadi mobil menjadi belang atau cat mobil tidak rapi.

Ada beberapa jenis bengkel tempat kamu bisa melakukan perbaikan bodi mobil ini. Kamu bisa melakukan perbaikan body mobil di bengkel umum. Biaya body repair mobil di bengkel umum biasanya dipatok per panel. Harganya sekitar Rp350-600 ribuan untuk panel kecil. Sementara untuk panel besar harganya sekitar Rp600-800 ribu. Kalau kamu mau melakukan perbaikan full body, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp5-8 jutaan.

Harga ini jauh lebih murah daripada melakukan perbaikan di bengkel resmi yang kira-kira memiliki harga Rp700 ribu sampai Rp1,5 juta untuk panel kecil. Sementara untuk panel besar sekitar Rp15 jutaan. Biaya ini belum termasuk pengelasan dan sebagainya. Tetapi, pastikan bengkel umum pilihanmu tepercaya ya.

Jika di bengkel resmi harganya relatif lebih mahal, maka kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah di bengkel cat duco. Harga ini bahkan lebih murah daripada bengkel umum. Biaya per panel kecil sekitar Rp200-400 ribuan dan untuk perbaikan full body sekitar Rp2,5-5 jutaan.

Biaya pengecatan pada biasanya lebih banyak dibandingkan perbaikan. Jadi, kalau hanya memperbaiki tanpa mengecat, biayanya tidak terlalu besar. Tetapi tentu saja itu berarti mengurangi estetika. Pengecatan full body juga akan membuat warna mobil rata dan tidak belang.

Waspada jika tergoda harga body repair murah, cek kembali alat dan bahan yang digunakan agar kamu tidak menyesal. Perhatikan juga teknisi yang melakukan perbaikan. Keahlian teknisi tentu berpengaruh terhadap hasil perbaikannya.

Fungsi Body Repair

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, body repair adalah mengembalikan tampilan bodi mobil menjadi kembali bagus. Perbaikan bodi mobil bisa mengembalikan warna mobil yang sudah kusam atau lecet karena goresan atau tabrakan. Selain pengecatan, akan diberi perlindungan anti karat dan anti jamur.

Selain pengecatan, mobil yang penyok juga pastinya bisa diperbaiki di bengkel body repair terdekat. Kadang kala kerusakan pada panel mobil mengakibatkan komponen sulit dibuka atau ditutup, seperti kerusakan pada panel pintu mobil, kap mobil, atau pintu belakang. Proses perbaikan ini akan dibersihkan atau diampelas terlebih dahulu, kemudian didempul, setelah itu dicat ulang. Terakhir, mobil akan dilakukan pemolesan menyeluruh agar mengkilap.

Cara Kerja Body Repair

Pertama, mobil akan diidentifikasi terlebih dahulu, apa saja kerusakannya dan metode apa yang sebaiknya digunakan. Bagian-bagian yang butuh perbaikan akan diberi tanda dan dicatat. Pada proses ini juga kamu sebagai pemilik mobil akan diberi tahu estimasi biayanya. 

Kemudian, jika sudah deal, akan dilakukan proses pengerjaan. Panel yang rusak atau penyok akan dibersihkan dengan cara diampelas lalu didempul sampai permukaannya rata. Setelah itu body mobil baru dicat.

Proses pengecatan mobil pada bengkel body repair tidak sembarang mengecat, lho. Hasil yang memuaskan bisa didapatkan dengan melapis cat sampai 4 lapisan. Pertama adalah lapisan primer sebagai anti karat besi mobil. Kemudian cat surfacer yang bisa mencegah defect absorb.

Langkah ketiga yaitu pengecatan menggunakan base coat yang menjadi warna utama mobil. Terakhir adalah pemolesan clear coat agar cat mobil tidak cepat pudar. Clear coat juga membuat mobil menjadi mengkilap.

Agar lebih mudah, kamu bisa servis body repair melalui bengkel terdekat saja. Aplikasi Otoklix menyediakan layanan body repair di bengkel-bengkel terdekat. Kini bermitra dengan 1.000+ bengkel se-Jabodetabek memudahkan kamu untuk segera servis mobil.