Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan termasuk untuk mobil. Namun tentunya komponen ini bisa saja rusak atau harus diganti karena sudah waktu untuk menggantinya. Bagi OtoFriends yang ingin aki mobil, maka sangat penting bagi OtoFriends untuk mengetahui berapa harga aki mobil dan juga rekomendasi terbaiknya.

Aki mobil sangat penting untuk beberapa komponen listrik bagi mobil seperti ac, klakson dan beberapa komponen yang membutuhkan tenaga listrik lainnya.

Kali ini Otoklix akan memberikan informasi lengkap mengenai aki mobil, mulai dari jenis, harga aki mobil, tips untuk memilih aki mobil yang bagus, sampai dengan cara mengetahui dan memperpanjang masa pakai aki mobil. Simak informasinya berikut ini.

Jenis Aki Mobil

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi dan harga aki yang terbaik, ada baiknya OtoFriends mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis aki mobil. Berikut ini adalah beberapa jenis aki mobil tersebut.

1. Aki Basah

Jenis aki yang pertama adalah aki basah. Jenis ini adalah salah satu jenis aki yang paling umum dan mudah untuk ditemukan. Jenis aki ini dinamakan aki basah karena dalam aki tersebut terdapat cairan elektrolit atau air yang berupa asam sulfat.

Air tersebut juga mengandung timah antimony yang memiliki fungsi untuk memperkuat timbal baterai. Namun sayangnya timah tersebut sehingga jenis aki yang satu ini cukup mudah untuk cepat habis. Untuk mengisinya kembali, OtoFriends dapat melakukannya di bengkel aki mobil terbaik dari Otoklix.

2. Aki Kering

Jenis aki yang kedua adalah aki kering. Aki kering ini sebenarnya juga memiliki cairan elektrolit didalamnya. Perbedaannya dengan aki basah adalah aki kering memiliki kandungan timah kalsium yang tidak gampang menguap sehingga aki akan lebih awet.

Aki ini juga tidak dapat diisi ulang seperti aki basah, karena hal ini sudah diatur oleh pabrikan mobil tersebut, namun bisa langsung diganti yang baru dengan menentukan rekomendasi dan harga aki mobil yang cocok untuk OtoFriends.

3. Aki Kalsium

Jenis aki yang berikutnya adalah aki kalsium. Dinamakan aki kalsium karena pada bagian kutub aki mobil ini terbuat dari kalsium. Aki ini merupakan aki yang lebih baik dari aki basah dan aki kering, karena memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah.

Selain itu juga, aki kalsium ini juga memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dalam menyalurkan listrik. Namun harga aki kalsium ini relatif cukup mahal dan jumlahnya juga terbatas.

4. Aki Hybrid

Aki hybrid adalah aki perpaduan antara aki basah, aki kering, dan aki kalsium. Penguapan aki hybrid ini tergolong sedikit dan untuk perawatannya juga tergolong mudah. Namun sayangnya aki hybrid ini memiliki kekurangannya tersendiri.

Kekurangan tersebut adalah cairan elektrolit aki ini memiliki efek korosif yang bahkan dalam jangka waktu pendek bisa merusak komponen mobil. Karena hal inilah, aki yang satu ini jarang digunakan pada sebuah kendaraan.

5. Aki MF AGM

Jenis aki selanjutnya adalah aki MF AGM yang merupakan singkatan dari Maintenance Free Absorbent Glass Mate. Aki MF AGM ini memiliki keunggulan dimana adanya teknologi yang membuat air aki ditempatkan dalam separator khusus.

Karena keunggulannya tersebut, air aki tidak akan tumpah dan akan tetap menjaga kinerja aki mobil. Aki MF AGM ini sangat cocok untuk mobil-mobil off-road yang melewati medan perjalanan yang berat.

6. Aki Gel

Jenis aki yang terakhir adalah aki gel. Aki gel merupakan jenis aki yang paling canggih karena tidak lagi menggunakan cairan elektrolit seperti beberapa jenis aki sebelumnya. Pada jenis aki ini, air aki yang memiliki sifat korosif dan dapat merusak komponen mobil sudah digantikan dengan dengan gel.

Usia pakai aki gel juga terbilang cukup panjang, selain itu aki gel juga termasuk aki yang cukup mudah untuk perawatannya.

Baca Juga: Aki Hybrid vs Aki Kering dan Aki Basah, Mana Lebih Awet?

Harga Aki Mobil yang Beredar di Pasaran

Setelah mengetahui beberapa jenis aki mobil, informasi berikut ini penting untuk OtoFriends simak, yaitu tentang beberapa rekomendasi dan harga aki mobil. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Harga aki mobil GS Astra
N50 50AhRp845 Ribu
NS40Z 35AhRp850 Ribu
NS 40 ZL 35A MFRp910 Ribu
N50Z 60AhRp979 Ribu
NS 40 32ARp980 Ribu
NS60LS 45AhRp980 Ribu
NS60L 45AhRp1 juta
N70 70AhRp1.1 Juta
N70Z 75AhRp1.1 Juta
NS70 65AhRp1.3 Juta
N70Z 75AhRp1.6 Juta
Harga aki mobil Yuasa
34B19R-MF 30 AhRp850 Ribu
34B19L-MF 30 AhRp895 Ribu
NS-40 MF 35 AhRp950 Ribu
NS-60 MF 45 AhRp995 Ribu
NS-40Z MF 35 AhRp1 Juta
N-50 MF 50 AhRp1.1 Juta
NS-70 MF 65 AhRp1.3 Juta
N-70 MF 65 AhRp1.5 Juta
80D26L MF 65 AhRp1.6 Juta
Harga aki mobil G Force
NS40ZRp645 ribuan
NT60-S4Rp675 ribuan
NX100-S6LRp760 ribuan
N50Rp765 ribuan
NX100-S6 55AhRp780 ribuan
NS40Z 35 AhRp815 Ribu
NX100-S6 55AhRp860 Ribu
NS40 32 AhRp870 Ribu
N50ZRp880 ribuan
N50Z 60 AhRp950 Ribu
N50 50 AhRp980 Ribu
NX120-7Rp1,3 jutaan
DIN 60038Rp2,2 jutaan
DIN 67018Rp3,2 jutaan
Harga aki mobil Global Battery
34B19RRp1 jutaan
34B19LRp1 jutaan
55B24RRp1,2 jutaan
55B24LRp1,2 jutaan
55B24RSRp1,2 jutaan
55B24LSRp1,2 jutaan
55016LRp1,5 jutaan
55059LRp1,5 jutaan
70D23RRp1,5 jutaan
70D23LRp1,5 jutaan
70D26LRp1,5 jutaan
80D26RRp1,5 jutaan
80D26LRp1,5 jutaan
56030LRp1,6 jutaan
56221RRp1,6 jutaan
57024LRp1,7 jutaan
105E41RRp2,6 jutaan
135F51RRp3,4 jutaan
180G51RRp4,1 jutaan
230H52RRp4,7 jutaan

Baca Juga: 11 Merk Aki Mobil yang Bagus, Harga Rp500 Ribu-4 Juta

Tips Cara Memilih Aki Mobil yang Bagus

Setelah mengetahui beberapa jenis aki, rekomendasi dan harga aki mobil, hal berikutnya yang perlu beberapa tips cara memilih aki mobil yang bagus. Selain harga aki mobil yang terjangkau, OtoFriends juga harus mengetahui beberapa tips berikut ini, simak selengkapnya.

1. Membeli di Toko Terpercaya

Tips cara memilih aki mobil yang pertama adalah membeli dari toko yang terpercaya. Saat ini ada banyak sekali toko dan juga bengkel aki mobil di Indonesia. Untuk menemukan bengkel aki mobil yang terpercaya, OtoFriends dapat mempercayakannya kepada Otoklix.

Sangat penting bagi OtoFriends memilih aki terbaik di bengkel aki mobil yang tepat. Karena aki mobil merupakan komponen yang sangat penting bagi kelistrikan mobil OtoFriends. Dapatkanlah aki dengan kualitas terbaik dengan harga yang sesuai dan jangan tergiur dengan harga aki mobil yang terlampau murah.

2. Sesuaikan dengan Spesifikasi Mobil

Tips cara memilih aki mobil yang kedua adalah dengan menyesuaikan aki mobil yang akan dipilih dengan kemampuan keuangan dan spesifikasi mobil OtoFriends. OtoFriends juga dapat menyesuaikan aki seperti apa yang tepat untuk kendaraan OtoFriends.

Jika mobil OtoFriends telah mengalami modifikasi seperti adanya perubahan lampu atau sound system yang berubah, tentunya hal ini bisa OtoFriends konsultasikan ke bengkel aki mobil terpercaya dari Otoklix untuk mendapatkan aki yang terbaik.

3. Pilih Jenis Aki yang Tepat

Tips yang berikutnya adalah dengan memilih jenis aki yang paling tepat. Dengan mengetahui beberapa jenis aki yang telah disampaikan Otoklix pada poin sebelumnya, maka OtoFriends dapat menentukan jenis aki yang paling tepat untuk kendaraan OtoFriends.

Selain itu juga, dengan mengetahui jenis aki yang tepat untuk kendaraan OtoFriends, maka OtoFriends dapat mempersiapkan dana sesuai dengan kebutuhan aki yang OtoFriends butuhkan.

4. Pertimbangkan Merek Aki Mobil Terbaik

Setelah beberapa cara sebelumnya telah OtoFriends lakukan, tips yang berikutnya adalah mempertimbangkan merek aki mobil terbaik yang akan OtoFriends gunakan. Merek aki perlu menjadi pertimbangan tersendiri bagi OtoFriends agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

OtoFriends dapat menggunakan salah satu dari beberapa merek aki yang telah disebutkan pada poin sebelumnya dan menyesuaikan harga aki mobil tersebut dengan

5. Pertimbangkan Kapasitas Aki

Tips yang berikutnya adalah dengan memperhatikan kapasitas aki. Setiap aku tentunya memiliki ukuran, dimensi, ampere dan juga tegangan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kapasitas aki yang tepat untuk mobil OtoFriends, OtoFriends dapat melihat dalam buku manual atau mendiskusikannya dengan bengkel aki mobil terpercaya dari Otoklix.

Salah satu tips tambahannya adalah OtoFriends bisa menggunakan aki dengan kapasitas yang lebih rendah dari standar yang seharusnya. Hal ini karena aki yang lebih tinggi dari standar yang seharusnya akan lebih tinggi beresiko merusak komponen mobil OtoFriends.

Baca Juga: Ukuran Aki Mobil, Ganti Lebih Besar Atau Lebih Kecil?

6. Hindari Membeli Aki Bekas atau Rekondisi

Tips yang terakhir adalah hindari membeli aki bekas atau rekondisi. Aki bekas atau rekondisi memang kini banyak tersedia di pasar. Meskipun harga aki mobil bekas atau rekondisi lebih murah, namun hal ini tidak baik untuk mobil OtoFriends.

Aki mobil bekas atau rekondisi ini sangat tidak disarankan karena dapat merusak komponen listrik mobil dan memiliki usia yang tidak akan lama. Karena hal tersebut sangat penting bagi OtoFriends untuk menggunakan aki baru dan terpercaya.

Masa Pakai Aki Mobil

Selain beberapa informasi penting mengenai aki mobil termasuk rekomendasi dan harga aki mobil serta beberapa tipsnya, kali ini Otoklix akan memberikan informasi tambahan yang cukup penting bagi OtoFriends, yaitu tentang masa pakai aki mobil. Berikut ini adalah cara mengetahui masa pakai aki mobil dan tips memperpanjangnya. Simak selengkapnya.

Cara Mengetahui Masa Pakai Aki Mobil

Masa pakai aki mobil pada umumnya adalah 2 sampai 5 tahun dan hal ini tergantung beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah mulai dari kebiasaan atau pemakaian rutin seperti apa yang OtoFriends lakukan kepada komponen listrik mobil, dan juga faktor cuaca ternyata juga dapat mempengaruhi masa pakai aki mobil.

Selain kedua hal tersebut, mobil yang jarang digunakan ternyata juga dapat mempengaruhi masa pakai aki mobil karena membuat daya aki menjadi lemah dan kehilangan muatan listrik.

Tips Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil

Tips untuk memperpanjang aki mobil yang bisa OtoFriends lakukan adalah dengan cara memanaskan kendaraan meskipun tidak atau jarang digunakan. Hal ini akan membuat aki mobil tidak kehilangan daya aki tersebut menjadi melemah.

Selain itu juga pastikan aki mobil berada pada posisi yang tepat dan tidak mudah untuk lepas. Hal ini karena apabila aki mobil tidak berada pada posisi yang tepat, maka akan meningkatkan kemungkinan bocornya air aki keluar dan dapat merusak mesin kendaraan.

Itulah beberapa informasi mengenai aki mobil. Mulai dari beberapa jenis aki mobil yang memiliki keunggulannya masing masing, rekomendasi dan harga aki mobil, tips memilih aki mobil dan juga informasi mengenai aki mobil. 

Temukan juga berbagai informasi otomotif menarik lainnya hanya di Otoklix.  Semoga informasi mengenai aki mobil dari Otoklix tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi pertimbangan OtoFriends dalam memilih aki mobil terbaik.

Pertanyaan Seputar Aki Mobil

Jenis-jenis aki mobil yaitu terdiri dari aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, aki MF AGM, dan aki gel

Harga aki mobil adalah berkisar mulai dari Rp800 Ribu sampai dengan Rp4 Jutaan tergantung merek

Masa pakai aki mobil adalah 2 sampai 5 tahun tergantung pemakaian, kondisi cuaca dan perawatan