Kia Carnival pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) untuk keluarga. Mobil Kia Carnival pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan dan kemudian diperkenalkan secara pasar global. Di beberapa negara, Kia Carnival memiliki nama Kia Sedona. Di Indonesia sendiri, Kia Carnival pertama kali masuk pertengahan tahun 2000.

Sampai saat ini, Kia Carnival sudah memasuki generasi keempat. Tahun 2023 ini muncul kabar bahwa Kia Carnival Hybrid siap diproduksi di Korea Selatan. Mobil generasi keempat ini akan mendapatkan beberapa facelift, termasuk penggunaan mesin Hybrid baru. Jika benar, Kia Carnival Hybrid 2023 menjadi pesaing berat Toyota Alphard Hybrid yang sudah muncul lebih dulu. 

Daripada OtoFriends penasaran, mari kita bahas spesifikasi lengkap Kia Carnival Hybrid 2023 mulai dari eksterior, interior, fitur, mesin dan harganya. Simak sampai akhir artikel ya! 

Banner

Eksterior Kia Carnival Hybrid

Mobil Kia Carnival Hybrid 2023 pernah terlihat di tempat parkir di Korea Selatan. Mobil ini masih diselimuti kain hitam dan diduga kuat adalah Kia Carnival Hybrid terbaru. Desain bagian dengan terdapat lampu LED memanjang seperti yang digunakan mobil konsep Kia EV9. 

Pada bagian samping, desainnya mirip dengan Kia Carnival generasi keempat. Bagian atap masih terdapat roof rack seperti Kia Carnival 2021. Untuk bagian belakang Kia Carnival bermesin Hybrid ini sayangnya tidak terlihat dari foto yang beredar. 

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Kia, Kelebihan dan Kekurangannya

Interior Kia Carnival Hybrid

Jika masih sama dengan generasi sebelumnya, harusnya Kia Carnival Hybrid 2023 bisa menampung 11 penumpang. Dimensi Kia Grand Carnival 2021 memiliki panjang 5.155 mm, lebar 1.995 mm dan tinggi 1.775. Ciri khas Kia Carnival Hybrid menawarkan ruang kabin yang lapang dan nyaman. Kabin mobil ini dilengkapi dengan material berkualitas tinggi seperti kursi berbahan kulit, sunroof, dan AC otomatis. Fitur-fitur lain seperti infotainment system, audio premium akan membuat mobil ini menjadi semakin sempurna.

Mesin dan Performa Kia Carnival Hybrid

Kia Carnival Hybrid 2023 dikabarkan akan menggunakan mesin Hybrid yang digunakan sama dengan Kia Sorento. Mesin akan menggunakan motor listrik dengan daya 44 kW sebagai sumber tenaganya. Baterai lithium-ion yang digunakan berkapasitas 14 kWh. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 60 hp dengan torsi maksimal 264 Nm.

Mesin Kia Grand Carnival tahun 2021 menggunakan smartstream diesel  2.151 cc, 4 silinder, CRDi, DOHC dengan 16 Valve. Mesin diesel ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 199 hp dengan torsi maksimum 441 Nm. Apakah mesin ini tetap akan digunakan dan dikombinasikan dengan mesin hybrid sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut.

Baca juga: All New Kia Carens 2022 Resmi Meluncur, Segini Harganya

Fitur Kia Carnival Hybrid

Masuk dalam jajaran mobil MPV mewah tentu fitur dari Kia Carnival Hybrid 2023 harus premium. Pada bagian kemudi, terdapat fitur drive mode dan paddle shift.Fitur keselamatan yang ditawarkan oleh Kia Carnival Hybrid sangat lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan airbag 7 titik yang ada pada bagian depan, bawah dan samping untuk melindungi seluruh penumpang.

Terdapat fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Junction Turning untuk pengereman otomatis saat ada objek bergerak di depan. Sistem pengereman semua menggunakan ABS, serta tersedia parkir otomatis. Fitur lain seperti blind spot detection, lane departure warning, dan smart cruise control membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Fitur-fitur tersebut diperkirakan akan tetap hadir pada generasi Kia Carnival Hybrid 2023 terbaru.

Harga dan Tipe Varian Kia Carnival Hybrid

Harga Kia Carnival Hybrid 2023 masih belum diketahui secara pasti. Namun, jika mengacu pada versi sebelumnya, diperkirakan harga Kia Carnival Hybrid 2023 mulai dari Rp800 jutaan. Harga ini berpatokan pada Kia Grand Carnival tahun 2023. Dengan tambahan mesin hybrid tentu harganya bisa jadi lebih mahal. Tipe varian pada generasi sebelumnya ada dua, yaitu Premiere dan Dynamic.

Kapan Kia Carnival Hybrid 2023 Meluncur

Kia Carnival Hybrid 2023 diperkirakan meluncur pada awal tahun 2023 di Korea Selatan.  Lalu kapan Kia Carnival Hybrid 2023 meluncur di Indonesia? Biasanya ada jeda waktu, bisa saja akhir tahun 2023 atau tahun 2024 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggal pastinya belum bisa dikonfirmasi KIA Indonesia.

Baca juga: KIA Sonet – Harga Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

Perbandingan dengan Mobil MPV Lainnya

Segmen mobil MPV mewah di Indonesia saat ini diisi oleh banyak merk. Ada beberapa mobil yang mengisi segmen yang sama seperti Toyota Alphard, Hyundai H1, Nissan Elgrand dan Mercedes Benz V Class. Jika dengan mobil MPV hybrid lain, Kia Carnival Hybrid memiliki desain yang elegan dan modern. Tentunya dengan memiliki mesin hybrid membuat konsumsi BBM lebih irit bahan bakar dan memiliki performa yang baik. 

Secara keseluruhan, Kia Carnival Hybrid 2023 merupakan mobil MPV hybrid yang layak ditunggu kehadirannya di Indonesia. Agar mobil tetap nyaman digunakan, jangan lupa untuk selalu service rutin dan ganti oli sesuai anjuran. Jangan lupa cari bengkel yang sudah berpengalaman terutama untuk mobil-mobil buatan Korea. Lewat aplikasi Otoklix, kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel di smartphone dengan mudah. Yuk, coba sekarang kemudahan booking service lewat aplikasi.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Kia Carnival Hybrid :


Kia Grand Carnival dijual mulai dari harga Rp828 Juta untuk tipe terendahnya.


Mobil KIA Carnival akan diproduksi di Sohari Plant, Korea Selatan.


Mobil Kia Carnival menggunakan mesin Smartstream Diesel  2.151 cc, 4 silinder, CRDi, DOHC dengan 16 Valve.