Kia baru saja meluncurkan MPV keluarga terbarunya, yaitu Kia Carens 2022 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show  atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang Selatan pada kamis, 11 Agustus 2022.

Pada kesempatan kali itu, Kia sekaligus menegaskan rencana mereka di Indonesia dalam menghadirkan produk-produk terbaik bagi konsumen mobil Tanah Air. Terbukti dengan merancang Kia Carens untuk keluarga modern dengan tiga baris tempat duduk yang nyaman dan leluasa.

Kia Carens ini merupakan mobil MPV 7 penumpang dengan generasi terbarunya yakni All New Kia Carens sebagai mobil generasi ketiga.

Mobil generasi ketiga dari mobil MPV Kia ini memang cukup berbeda jauh dari 2 generasi sebelumnya yang terlihat lebih kaku dan kurang nyaman dilihat.

Dengan generasi terbarunya yakni All New Kia Carens 2013 kini mobil MPV andalan Kia Motors telah menjelma menjadi mobil MPV yang sangat stylish, sporty, modern, dinamis dengan berbagai fitur unggulan telah disematkan pada mobil ini.

Interior

Selain itu, Kia Carens mengusung desain dinamis dengan kabin yang lapang. Terlebih mereka mengutamakan konsep kenyamanan serta kepraktisan dengan berbagai kompartemen.

Fitur ruang penyimpanan yang bermanfaat dihadirkan dengan adanya laci di bagian bawah bangku penumpang depan. Cup holder dengan pendingin di konsol tengah untuk penumpang depan dan baris kedua.

Baca Juga: KIA Sonet – Harga Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

Kelegaan kabin Carens ditunjang dengan penggunaan wheelbase terpanjang di kelasnya, Bahkan bangku baris kedua dapat dilihat secara elektrik hanya dengan menekan tombol.

Jok baris depan Carens juga dibekali dengan ventilasi. Hal itu membuat sirkulasi udara terlebih saat cuaca panas.

Sementara itu, Carens kian memanjakan penumpangnya dengan hadir wireless dan beberapa port Type C untuk pengisian gawai canggih para penumpangnya.

Di dalam kabin juga disematkan Bose Premium Sound System dengan delapan speaker. Hal itu membuat pecinta musik terasa nyaman di dalam mobil tersebut.

Kabin Carens juga dirancang mewah dengan kehadiran ambient light dengan pilihan 64 warna, juga sunroof. Selain itu masih ada sistem hiburan dengan layar sentuh 8 inci dan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto. Meja lipat dengan cup holder dan dudukan gadget di baris kedua.

Eksterior

Sedangkan pada sisi eksterior, Kia Carens 2022 mengusung desain ciri khas Tiger Nose pada bagian depan. Pada sisi samping tampilannya tampak gagah seperti SUV dengan ground clearance yang optimal.

Mobil ini juga terkesan tangguh dengan diperkuat dengan bagian hidung yang tinggi. Sementara pilar A yang mundur ke belakang serta garis atap yang lurus.

Lampu depannya juga terlihat lebih modern dengan penggunaan full LED. Mulai dari LED DRL Star Map, Crown Jewel LED Headlamps hingga Ice Cube LED Fog Lamps. 

Kemudian di buritan menggunakan lampu Star Map Led Tail Lamps yang semuanya terdiri dari lampu LED kecuali lampu mundurnya yang masih pakai halogen.

Mesin

Sebagaimana saat diperkenalkan di ajang JAW 2022 lalu, Kia Carens hadir dengan pilihan mesin berbahan bakar bensin. Kia Carens 1.4L Turbo mengusung mesin Kappa 1.4 Liter (140 PS/242 Nm) dengan imbuhan Turbocharger yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7-speed kopling ganda. 

(DCT), sementara dibawahnya, Kia Carens 1.5L mengusung mesin Smartstream, Gamma II yang berkapasitas 1,5 liter (115 PS/144 Nm) bersanding dengan transmisi Intelligent VT.

Baca Juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kia Visto Bekas

Harga Kia Carens 2022

Berbicara masalah harga, Kia Carens dijual mulai harga Rp389 juta untuk varian terendah yakni 1.5L IVT 7 Seater. Sedangkan untuk kelas tertingginya yakni 1.4L Turbo DCT Captain Seat dibanderol dengan harga Rp449 juta on the road Jabodetabek.

Keunggulan Kia Carens 

Di sisi lain, Kia Carens memiliki fitur keselamatan. Mobil ini dilengkapi dengan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penumpangnya. Selain itu, dengan segala fitur yang disuguhkan di dalam kabin membuat mobil ini terasa sangat nyaman. Terlebih Kia juga memberikan kemudahan untuk penumpang masuk ke baris ketiga dengan one-touch E-tumble yang melipat kursi baris kedua sebelah kiri secara electric.  

Di bagian interior, paduan keleluasaan kabin, kepraktisan serta berbagai fitur modern menyuguhkan kenyamanan dan rasa aman sepanjang perjalanan. Ruang kabin Kia Carens juga terbilang lapang karena desain bodi MPV terbaru ini cukup besar.

Tak hanya itu, fitur interiornya juga dibekali dengan teknologi-teknologi canggih dan terbaru untuk memudahkan pengemudi dan penumpang mengenal Kia Carens terbaru ini.

Mobil dengan segmentasi MPV kelas menengah ini cukup baik untuk dijadikan kendaraan pribadi. Dengan memiliki desain luar yang sangat sporty, modern, mewah dan bergaya membuat mobil ini layak menjadikan pilihan bagi anda yang mencari mobil MPV.

Mesinnya yang berkapasitas sedang pun memberikan performa yang optimal serta tergolong irit bahan bakar. Bahkan untuk kenyamanan Kia Carens ini juga tergolong cukup baik karena memiliki beberapa fitur yang bermanfaat.


Baca Juga: Daftar Bengkel Mobil Kia, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Kia Carens

Sementara dari segi kekurangannya, akselerasi Kia Carens terbaru ini cukup sulit dikemudikan di jalanan padat lantaran desain bodinya yang bongsor dan besar. Begitupun kalau melewati jalan yang tidak terlalu lebar.

Selain itu, mobil ini juga tidak dilengkapi dengan fitur pengereman yang mumpuni. Sehingga untuk anda yang sedang berminat untuk membeli mobil ini agaknya harus mempertimbangkannya kembali. 

Kekurangan sebenarnya patut menjadi catatan adalah pada fungsi pengereman yang kurang pakem padahal mobil ini memiliki performa pacu yang cukup tinggi sehingga membuat pengendaranya tidak pede untuk bermanuver

Namun, hingga saat ini tim Otoklix belum menemukan kekurangan yang sangat berarti pada mobil ini. Oleh sebab itu, disimak terus ulasan Kia Carens di Otoklix.

Dan bagi kalian yang ingin melakukan perawatan mobil langsung pergi ke website dan aplikasi Otoklix. Sebab tersedia banyak pilihan bengkel untuk mobil kesayangan.

Pertanyaan Seputar Kia Carens 2022 

Kia Carens resmi diperkenalkan pada ajang GIIAS 2022 yang digelar di ICE BSD, Tangerang.

PT KIA menjual MVP Carens 2022 ini mulai dari Rp 300 jutaan untuk tipe terendah.

Dibawa oleh APM PT Kreta Indo Artha, akhirnya KIA Carens 2022 telah resmi hadir di Indonesia untuk meramaikan pasar MPV mobil keluarga 7 seater.